advertisement
AndroLite.com - Samsung Galaxy J4 merupakan sebuah smartphone berkategori lower mid-range yang dibanderol dengan harga murah dan merupakan seri terbaru dari keluarga J Series. Galaxy J4 diklaim akan menjadi salah satu pesaing terberat bagi smartphone kelas menengah kebawah lainnya.

Selain harga yang cukup murah, J4 juga menghadirikan beberapa fitur dan spesifikasi unggulan di kelasnya. Salah satunya adalah terdapat sebuah fitur untuk mengunci / memproteksi file atau aplikasi penting di dalam satu folder. Semakin penasaran dengan Samsung Galaxy J4 ini? Berikut ulasan singkatnya.

Review Singkat Spesifikasi Samsung Galaxy J4


Image source: comfy.ua
1. Layar Super AMOLED dan Minus Sensor Fingerprint
Samsung membekali J4 dengan layar berukuran 5.5 inci yang terbuar dari teknologi Super AMOLED dengan resolusi HD 1280 x 720 piksel. Berkat integrasi teknologi jenis Layar andalan Samsung ini, akan menghadirkan visual cerah dan berwarna warni. Selain itu, layar jenis AMOLED diklaim mampu menghemat konsumsi daya baterai. Sehingga pengguna bisa menggunakannya selama seharian penuh, tanpa perlu mengkhawatirkan daya baterai.

Sangat disayangkan, sepertinya Samsung tidak membekali Galaxy J4 dengan sistem keamanan berupa sensor pindai sidik jari (fingerprint). Sehingga pengguna harus menggunakan sistem lama, yakni kunci pola, pin / password saja. Namun, terkait hal ini, masih belum jelas, mengingat perangkat ini belum resmi di rilis. Dan untuk kepastiannya, kita tunggu saja informasi selanjutnya.

2. CPU Exynos 7570 dan Android Oreo 8.0
Galaxy J4 mengandalkan prosessor bertenaga buatan Samsung sendiri, yaitu Exynos 7570 dengan 4 inti yang masing-masing memiliki kecepatan clock hingga 1.4 GHz. CPU ini dipadukan dengan RAM 2GB dan penyimpanan internal berkapasitas 16GB. Walaupun kapasitas penyimpanan internalnya terasa kecil, akan tetapi pengguna masih bisa melakukan ekspansi hingga kapasitas 256GB melalui slot kartu memori yang telah disediakan.

Komponen yang ada di atas akan saling terintegrasi untuk mengoptimalkan jalannya sistem operasi Android saat ini, yaitu Oreo 8.0 dengan tampilan Samsung Experience 9.0. Untuk memberikan pengalaman yang mengesankan, perangkat ini dibekali pengolah grafis / GPU Mali-T720 MP1. Jenis ini, dinilai akan mampu memberikan visual yang mengesankan, tampak sangat nyata dan memberikan kenyamanan dimata pengguna.
3. Kamera Utama 13MP + Kamera Selfie 5MP
Untuk memenuhi kebutuhan pengguna dalam hal fotografi, J4 menghadirkan kamera utama tunggal beresolusi 13MP degan aperture f/1.9. Fitur yang mendukungnya, termasuk lampu kilatan LED yang berfungsi untuk memberikan pencahayaan tambahan saat digunakan di tempat gelap atau minim cahaya.

Namun sayangnya, pada bagian kamera depan hanya mengandalkan kamera dengan konfigurasi standar, yaitu beresolsi 5MP saja. Maraknya smartphone berkamera selfie resolusi tinggi dengan harga yang hampir sama, akan membuat calon pembeli berpikir ulang untuk memilih perangkat ini.

Meski demikian, untungnya kamera depan J4 dibekali fitur lampu kilatan LED, yang mungkin akan menjadi nilai tambah di mata calon penggunanya. Karena, kebanyakan smartphone yang telah rilis beberapa tahun belakangan ini telah menghapus fitur ini.

4. Baterai 3000 mAh Tahan Hingga Puluhan Jam
Walaupun hanya berbekal baterai berkapasitas 3000 mAh saja, kami yakin bahwa baterai yang digunakannya ini akan mampu bertahan selama seharian tanpa perlu isi ulang. Salah satu alasannya adalah karena layar yang digunakannya berukuran 5.5 inci saja dan diadopsi dari teknologi Super AMOLED.

Perlu anda ketahui, bahwa layar jenis Super AMOLED memiiki kemampuan untuk menghemat daya hingga berkali-kali lipat dari jenis IPS LCD. Dan layar sebuah smartphone akan mampu menghabiskan daya baterai sekitar 50% atau bahkan lebih. Jadi untuk kapasitas penampungan daya standar yang dimiliki oleh J4, tidak akan jadi masalah dan akan tetap mampu menemani keseharian penggunanya selama puluhan jam.

Harga Samsung Galaxy J4 dan Spesifikasi Lengkap


Warna Samsung Galaxy J4
Untuk harga terbaru Galaxy J4 beserta spesifikasi lengkapnya, bisa anda lihat pada tabel berikut ini.
UMUM
HargaRp 2.250.000,- (2GB RAM + 16GB ROM)
StatusRilis
Tahun RilisMei 2018
JARINGAN
TeknologiGSM / HSPA / LTE
SIMMicro Dual SIM
Koneksi4G / 3G / 2G / GPRS / Edge
KecepatanHSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE 150/50 Mbps
GPRSYa
EdgeYa
DESAIN
Dimensi151.7 x 77.2 x 8.1 mm
Berat175 gram
BuildPlastik
WarnaHitam, Ungu, Lavender
LAYAR
JenisSuper AMOLED, layar sentuh kapasitif 16 juta warna
Ukuran5.5 inci
Resolusi1280 x 720 piksel
Rasio16:9
Kerapatan Piksel267ppi
PerlindunganN/A
PLATFORM
OSAndroid Oreo 8.0 (Samsung Experience 9.0)
ChipsetExynos 7570
CPUQuad-core (1.4 GHz)
GPUMali-T720 MP1
RAM2 GB
PENYIMPANAN
Internal16 GB
EkspansiYa, microSD hingga 256GB
KAMERA UTAMA
Sensor13 MP
Lensaf/1.9
LED FlashYa
Fitur SoftwareGeo-tagging, sentuh fokus, deteksi wajah, HDR, panorama
Video1920 x 1080 Full HD
KAMERA DEPAN
Sensor5 MP
Lensaf/2.2
LED FlashYa
VideoN/A
KONEKTIVITAS
Wi-Fi802.11, Direct, hotspot
Bluetooth4.2
USBmicroUSB 2.0
NFCN/A
RadioN/A
PenandaGPS, A-GPS, GLONASS, Beidou
BATERAI
Kapasitas3000 mAh
JenisNon-removable Li-Ion
Talk TimeHingga 20 jam (3G)
FITUR
KeamananPola, PIN
SensorAccelerometer, proximity
LoudspeakerYa
3.5mm jackYa
Pemutar MusikMP3/WAV/eAAC+/FLAC player
Pemutar VideoMP4/H.264 player
LainnyaBrowser HTML 5
Photo/video editor
Document viewer
Disclaimer: Kami tidak menjamin bahwa informasi pada halaman ini 100% benar. Selengkapnya.
Dari daftar spesifikasi yang ada pada tabel di atas, rasanya kurang lengkap jika tidak meyebutkan kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya. Nah, mengenai hal ini silahkan anda simak pada uraian berikut ini.

Kelebihan Samsung Galaxy J4

  • Mengusung jenis layar Super AMOLED berukuran sedang 5.5 inci, yang dinilai mampu memberikan visual mengagumkan dan mampu menghemat daya baterai.
  • Sudah berjalan pada sistem operasi Android terbaru saat ini, yakni Oreo 8.0. Jadi pengguna tidak perlu khawatir lagi akan ketinggalan jaman.
  • Untuk smartphone sekelasnya, dengan CPU Exynos 7570 Quad-core (1.4 GHz), RAM 2GB dan internal storage 16GB sudah cukup untuk memberikan performa yang handal.
  • Meski hanya mengusung kamera utama tunggal, namun dengan resolusi 13MP akan mampu memberikan kualitas gambar yang jelas, detail dan mampu merekam video hingga resolusi FHD 1920 x 1080 piksel.
  • Mempunyai baterai berkapasitas 3000 mAh yang dapat bertahan selama puluhan hingga ratusan jam dalam mode stand-by.

Kekurangan Samsung Galaxy J4

  • Bodinya yang hanya terbuat dari bahan plastik dan bukan full metal aluminium.
  • Hanya mengusung kamera selfie beresolusi standar, yakni 5 megapiksel saja.
  • Minus sistem pengamanan sensor fingerprint (pindai sidik jari).
Dari apa yang telah diulas di atas, mungkin anda memiliki pendapat lain tetang perangkat ini. Untuk menjawabnya, silahkan anda tinggalkan komentar anda.
Open Comments