advertisement
AndroLite.com - Belum lama ini, kabar mengenai smartphone Galaxy J2 Core tiba-tiba muncul. Meski hanya ponsel entry-level atau kelas bawah, namun telah menyita perhatian dari kalangan pecinta gadget.

Perhatian tersebut bukan ditujukan karena spesifikasi yang dimilikinya, akan tetapi pada sistem operasi yang menjalankannya. Pasalnya Samsung Galaxy J2 Core akan berjalan pada OS Android Edisi Go.

Memang, sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 2016 lalu, tidak banyak pemberitaan tentang Android Go ini, bahkan cenderung sepi. Diluar sana, masih banyak orang yang awam soal Android Go ini, karena selain baru, ponsel yang menggunakannya juga masih bisa dihitung jari.

Berbeda dengan OS Android pada umumnya, yang mana sudah banyak dikenal oleh hampir semua kalangan masyarakat di seluruh penjuru dunia.

Android Go sendiri adalah sistem operasi yang jauh lebih ringan dibandingkan dengan Android pada umumnya dan diperuntukan khusus untuk smartphone kelas bawah yang mengusung spesifikasi low-end. Fungsi utamanya adalah untuk mengoptimalkan kinerja smartphone yang menggunakan kapasitas RAM rendah, yaitu RAM 512MB atau 1GB.

Nah terkait hal tersebut, Samsung dikabarkan tengah mempersiapkan Galaxy J2 Core sebagai smartphone pertama mereka yang akan menggunakan OS Android Go. Selain itu, smartphone ini diduga kuat akan memiliki peningkatan spesifikasi dan fitur dari Seri J2 sebelumnya.
Dari berbagai pemeberitaan yang muncul, dikabarkan J2 Core akan dibekali prosessor Snapdragon 425 quad-core berkecepatan 1.43 Ghz dan didukung oleh RAM berkapasitas 1GB serta penyimpanan internal 8GB.

Perangkat yang memiliki seri SM-J260G, juga akan dibekali dengan kamera utama beresolusi 8MP dan kamera depan 5MP. Sementara untuk layarnya, memiliki ukuran diagonal 5.0 yang diadopsi dari teknologi IPS LCD / Super AMOLED.

Untuk smartphone sekelas ini, baterai berkapasitas 2600 mAh sudah cukup lumayan besar. Mengingat tidak terlalu banyak komponen yang membutuhkan daya besar, meski layarnya sekalipun. Dengan kapasitas sebesar ini, perangkat ini akan mampu bertahan selama seharian penuh tanpa isi ulang.

Sayangnya, selain spesifikasi yang sudah disebutkan diatas, tidak ada informasi tambahan lainnya. Untuk harganya sendiri, diperkirakan akan dibanderol sekitar Rp 1 juta hingga Rp 1.2 jutaan.

Dan jika Samsung benar-benar akan merilis Galaxy J2 Core ini, maka persaingan antara smartphone segmen low-end mengandalkan OS serupa akan semakin ketat.

Sebelumnya, sudah ada beberapa smartphone yang telah rilis dengan mengandalkan Android Edisi Go. Salah satunya adalah Nokia 1.
Open Comments