Fakta Menarik Tentang Oppo Realme 1, Harga Mulai Rp1,8 Jutaan

advertisement
AndroLite.com - Dirilisnya smartphone terbaru Oppo Realme 1 pada pertengahan Tahun 2018 ini, memiliki banyak fakta menarik dan unik untuk diperbincangkan. Salah satunya adalah dengan mengusung fitur kecerdasan buatan (AI) di beberapa sektor komponen, termasuk di dalam CPU dan kamera.

Selain itu, banderol harga yang ditawarkannya juga sangat murah, yaitu mulai harga Rp 1,8 jutaan saja. Berikut beberapa fakta tentang Oppo Realme 1 yang mungkin perlu anda ketahui.

1. Hadir Dengan Fitur Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence, AI)
Beberapa hardware dan software yang tertanam di dalam Oppo Realme 1 telah dibekali fitur kecerdasan buatan. Fitur ini memiliki fungsi tersendiri untuk memaksimalkan fungsi setiap sektor yang memerlukannya. Realme1 hadir dengan ditenagai oleh prosessor MediaTek MT6771 Helio P60. Didalamnya terdapat fitur artificial intelligence (AI) yang berfungsi untuk mengoptimalkan performa dan membantu menjaga kestabilan suhu CPU saat dioperasikan, terutama pada saat menjalankan aplikasi-aplikasi berat, misalnya bermain game.

Image source (gizmochina.com)
Komponen lain dengan kecerdasan buatan ada di sektor kamera. Realme1 mengandalkan konfigurasi kamera depan 8 megapiksel. Satu hal yang menarik dari kamera depan Realme 1 adalah dengan menawarkan beberapa fitur AI Selfie yang berguna untuk memperjelas objek yang ditangkapnya, sehingga menghasilkan gambar lebih terang, kaya akan warna dan tampak terlihat sangat nyata.

2. Desain Bodi Berpolakan Pecahan Berlian dan Bukan yang Pertama

Image source (iGyaan)
Bodi Realme1 memiliki desain unik, yakni didesain menyerupai potongan-potongan berlian nan mengkilat. Pola tersebut akan terlihat sangat jelas apabila terkena cahaya. Sebenarnya, desain bodinya ini terlebih dahulu telah dipopulerkan oleh Oppo F7 dan Oppo A3 dan bukan yang pertama.

3. Memiliki 3 Varian RAM dan Storage
Oppo Realme 1 menghadirkan 3 jenis varian RAM yang dipadukan dengan 3 jenis penyimpanan internal. Untuk RAM berkapasitas 6GB dipadukan dengan Storage 128GB, RAM 4GB dengan penyimpanan 64GB dan RAM 3GB untuk internal storage 32GB.

Adanya varian tersebut, menyuguhkan banyak pilihan kepada calon pembeli dan menyesuaikan dengan isi kantong mereka. Selain itu, Oppo juga menyiapkan sebuah slot MicroSD Card khusus untuk ekspansi kapasitas penyimpanan hingga 256GB.

4. Layar Lapang 6.0 inci dengan Tampilan Penuh (Fullview)

Image source (iGyaan)
Oppo membekali Realme dengan layar super besar berukuran 6.0 inci yang didesain dengan mengikuti trend masa kini, yakni tampilan penuh dengan aspek rasio 18:9. Meski tidak dibekali layar berlekuk atau hanya mengandalkan layar datar, namun mampu menampilkan visual sangat baik dengan sudut pandang yang cukup luas.

Jenis layar yang diusungnya, diadopsi dari teknologi IPS LCD capacitive touchscreen beresolusi 1080 x 2160 piksel dan memiliki kepadatan piksel per inci sebesar 402ppi.

5. Sistem Keamanan Face Unlock, Minus Sensor Fingerprint
Sebagain orang sangat menyayangkan karena Realme 1 tidak memiliki sistem keamanan berupa sensor fingerprint. Tapi, mungkin inilah salah satu strategi yang dilakukan oleh Oppo, agar smartphone terbaru mereka ini memiliki banderol harga yang murah. Karena jika sensor pindai sidik jari ikut disematkan, maka harganya akan sedikit lebih mahal dari harga sekarang ini.

Namun sebagai gantinya, Oppo menyematkan sensor Face Unlock untuk sistem keamanan. Sensor ini menyatu dengan kamera depan dan diklaim mampu membuka kunci layar perangkat dengan sangat cepat. Mengingat tidak adanya lampu kilatan LED di bagian depan perangkat, sekarang yang menjadi pertanyaan, apakah fitur ini akan tetap berfungsi ketika digunakan dalam kondisi minim cahaya?

6. Koneksi Internet 4G LTE Hingga 600 Mbps
Untuk smartphone sekelasnya, kecepatan akses internet yang mampu dihasilkan, bisa dikatakan sangatlah luar biasa. Apabila terhubung pada koneksi interet berbasis 4G LTE kategori 13, maka kecepatan downloadnya bisa tembus hingga 600 Mbps dan upload 100 Mbps. Sementara jika berada pada jaringan 3G, kecepatan downloadnya dapat menembus 42.2 Mbps dan upload 5.76 Mbps.

7. Harga Murah Mulai 1.8 jutaan
Oppo Realme hadir dalam 3 varian warna yang berbeda, yaitu hitam, merah dan silver serta tiga varian RAM + penyimpanan internal. Untuk RAM 3GB + ROM 32GB, dibanderol sekitar Rp2,9 juta, RAM 4GB + ROM 64GB sekitar Rp2,2 juta dan RAM 6GB + storage 128GB dihargai sekitar Rp2,9 juta.

Untuk spesifikasi lengkapnya, bisa anda lihat pada Harga Terbaru dan Spesifikasi Oppo Realme 1.
advertisement
Open Comments