advertisement
AndroLite.com - Setelah sukses dengan perilisan Vivo V9, perusahaan asal Tiongkok, Vivo, kembali merilis sebuah smartphone dengan seri yang sama, namun beda versi, yaitu Vivo V9 Youth. V9 Youth merupkan varian yang memiliki spesifikasi lebih rendah dari V9 dan akan segera hadir untuk meramaikan pasar gadget, baik di dalam negeri ataupun di luar negeri.

Antara Vivo V9 dan V9 Youth, memiliki desain bodi yang sama persis. Sedangkan perbedaannya ada pada banderol harga dan spesifikasinya. Untuk V9 memiliki bandrol harga perdana Rp 3.999.000,- dan V9 Youth dibanderol dengan harga Rp 2,8 juta hingga 3,2 jutaan. Untuk perbedaan spesifikasinya, hanya terdapat pada bagian RAM, internal storage dan resolusi kamera utama / depan. Selebihnya, tidak ada yang berbeda. Penasaran dengan spesifikasi apa yang dibawa oleh Vivo V9 Youth? Yuk mari simak ulasan spesifikasi singkatnya berikut ini.

Spesifikasi Vivo V9 Youth


UMUM
BrandVivo
ModelV9 Youth
StatusRilis
Tahun RilisApril 2018
JARINGAN
TeknologiGSM / HSPA / LTE
SIMNano Dual SIM (Dual standby)
Koneksi4G / 3G / 2G / GPRS / Edge
KecepatanHSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE 150/50 Mbps
DESAIN
Dimensi154.8 x 75.1 x 7.9 mm
Berat150 gram
WarnaEmas, hitam
BuildDepan kaca, bodi aluminum, casing belakang policarbonat
LAYAR
JenisIPS LCD, layar sentuh kapasitif 16 juta warna
Ukuran6.3 inci
ResolusiFHD+ 1080 x 2280 piksel
Rasio18:9 (fullview)
Kerapatan Piksel400 ppi
PerlindunganCorning Gorilla Glass 3
PLATFORM
OSAndroid Oreo 8.0, Funtouch OS 4.0
ChipsetQualcomm Snapdragon 450 (SDM450)
CPUOcta-core 1.8 GHz Cortex-A53
GPUAdreno 506
RAM3 GB
PENYIMPANAN
Internal32 GB
EkspansiYa, microSD hingga 256 GB (Slot khusus)
KAMERA UTAMA
SensorDual: 16 MP + 2 MP
Lensaf/2.0
LED FlashYa, dual-LED flash
Video2160p@30fps, 1080p@30fps
FiturGeo-tagging, phase detection autofocus, sentuh fokus, deteksi wajah, HDR, panorama
KAMERA DEPAN
Sensor16 MP
Lensaf/2.0
LED FlashTidak
VideoFull HD 1920 x 1080 piksel
KONEKTIVITAS
WLANWi-Fi 802.1, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth4.2
USBMicroUSB 2.0, USB On-The-Go
NFCTidak
RadioFM radio, recording
GPSA-GPS, GLONASS, BDS
BATERAI
JenisNon-removable Li-Ion
Kapasitas3260 mAh
Pengisian CepatN/A
FITUR
KeamananFingerprint (belakang ponsel)
SensorAccelerometer, gyroscope, compass, proximity
3.5mm jackYa
LoudspeakerYa
Pemutar MusikMP3/WAV/eAAC+/FLAC
Pemutar VideoMP4/H.264
LainnyaBrowser HTML5
Photo/video editor
Document viewer
Disclaimer: Kami tidak menjamin bahwa informasi pada halaman ini 100% benar. Selengkapnya.

Review Vivo V9 Youth


1. Desain Bodi Elegan dan Layar Fullview
Jika anda sudah melihat desain bodi yang diusung oleh Vivo V9, maka desain yang dibawa oleh V9 Youth ini sama persis dan tanpa ada perbedaan sama sekali. Rangka bodi perangkat ini terbuat dari bahan metal aluminium, casing belakang terbuat dari bahan policarbonat dan dibagian depan terbuat dari bahan kaca. Untuk ukuran bodinya sendiri lumayan cukup besar, yaitu 154.8 x 75.1 x 7.9 mm dan berbobot 150 gram.

Desain Bodi Vivo V9 Youth sangat mirip dengan Smartphone Apple iPhone X, baik dari segi penempatan komponen luar seperti kamera, tombol power, pengatur suara / volume hingga bagian dalamnya. Bagian dalam yang dimaksudkan disini adalah tampilan antarmuka (interface) seperti icon, bar notifikasi dan lain sebagainya. Jadi tidak salah jika sebagian orang mengatakan, bahwa Vivo V9 youth merupakan ponsel android rasa iPhone X.

Lanjut ke bagian layar. Untuk layar yang diusung oleh V9 Youth, diadopsi dari teknologi IPS LCD layar sentuh kapasitif kedalaman 16 juta warnya berukuran 6.3 inci. Selain berukuran sangat besar, layarnya tersebut juga sudah mendukung tampilan penuh atau fullview dan mempunyai resolusi 1080 x 2280 piksel. Adapun kepadatan piksel untuk setiap incinya, mencapai 400 ppi. Agar terhindar dari goresan atau retakan pada layar yang tidak diinginkan, Vivo membekali layar V9 Youth dengan perlindungan berupa Corning Gorilla Glass generasi ke-3.

2. Dual Kamera Utama dan Kamera Selfie Resolusi Tinggi
Seperti yang sudah disebutkan di awal pembahasan, bahwa kamera yang dibawa oleh V9 Youth ini memiliki resolusi lebih rendah dari Vivo V9. Dimana V9 Youth mengandalkan dual kamera utama beresolusi 16 MP + 2 MP dan kamera selfie 16 MP. Sedangkan versi terdahulunya mengandalkan dual kamera utama beresolusi 16 + 5 MP dan kamera selfie beresolusi 24 MP.

Fitur yang mendukung kamera belakang ini berupa dual-LED flash, phase detection autofocus, geo-tagging, sentuh fokus, deteksi wajah, HDR dan panorama. Kemampuannya dalam menghasilkan video adalah 2160p@30fps dan 1080p@30fps. Sementara untuk kamera depan, mampu merekam video resolusi full hd 1920 x 1080 piksel. Namun sayangnya, kamera selfienya ini tidak didukung dengan lampu kilatan LED, sehingga penggunanya akan mengalami kesulitan ketika hendak mengabadikan momen di tempat minim cahaya.

3. Platform Hardware dan Sistem Operasi
Vivo V9 Youth berjalan pada kostumasi sistem operasi Fountouch OS 4.0 yang pada dasarnya merupakan kostumasi OS Android Oreo 8.0. Kostumasi yang dilakukan oleh Vivo pada perangkat lunaknya ini, hampir mengubah seluruh interfenya (termasuk icon dan nofitikasi bar) dan sangat mirip dengan sistem operasi iOS miliki Apple.

Lanjut ke bagian jeroan. Untuk memaksimalkan kinerja dari perangkat ini, Vivo menyematkan prosessor bertenaga Qualcomm SDM450 Snapdragon 450 Octa-core, berkecepatan hingga 1.8 GHz (Cortex-A53) dalam melakukan transimisi data. Dukungan penuh juga diberikan oleh RAM berkapasitas 3GB dan media penyimpanan internal berkapasitas 32GB. Untuk urusan visual, yang dalam hal ini GPU, diserahkan kepada Adreno 506.

Perpaduan antara sistem operasi dan komponen dalam mengoperasikan V9 Youth, menghasilkan performa handal dan responsive. Sehingga pengguna bisa menikmati berbagai jenis kontent multimedia minim lag ataupun melakukan kegiatan multitasking.

4. Baterai, Sistem Keamanan dan Sensor
Sangat disayangkan, karena Vivo hanya menyematkan sebuah baterai berkapasitas 3260 mAh untuk menopang segala aktifitas yang dilakukan oleh V9 youth ini. Terlebih lagi baterainya ini akan memasok daya kedalam layar berukuran luas, yang tentu saja memerlukan pasokan daya lebih. Tidak hanya itu saja, pemasok daya ini tidak pula dilengkapi fitur pengisian cepat, sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk proses pengisian ulang.

Terlepas dari hal di atas, Vivo V9 Youth masih dilengkapi dengan fitur sistem pengamanan berupa sensor pindai sidik jari yang letaknya berada dibagian tengah belakang perangkat. Fungsi sensor tersebut adalah untuk membuka kunci layar dan diklaim memiliki kecepatan yang sangat baik dibidangnya. Selain sensor fingerprint, terdapat pula beberapa sensor lainnya berupa accelerometer, gyroscope, proximity dan compass.

Harga Vivo V9 Youth


Smartphone besutan terbaru perusahaan asal Tiongkok ini, dibanderol dengan kisaran harga perdana sekitar Rp 3,2 jutaan. Sayangnya, hingga saat ini masih belum diketahui apakah ponsel ini akan masuk ke Indonesia ataukah tidak. Untuk itu kita tunggu saja informasi selanjutnya.
Open Comments