advertisement
AndroLite.com - HMD Global kembali meluncurkan sebuah smartphone berlabel flagship terbaru mereka yang diberi nama Nokia 8 Sirocco pada ajang WMC 2018 di Barcelona Spanyol. Perangkat mereka ini merupakan penerus dari Nokia 8 yang terlebih dahulu telah diluncurkan beberapa waktu lalu.

Nokia 8 Sirocco memiliki desain yang sangat elegan dengan mengemas layar lengkung atau infinity display, mengusung dual kamera utama, desain bodi yang tampak berkilau dan berkelas. Sementara pada bagian spesifikasinya, juga tidak kalah dari smartphone flagship lainnya, misalnya Samsung Galaxy S9.

Review Singkat Spesifikasi Nokia 8 Sirocco


Desain Bodi Elegan - Nokia 8 Sirocco memiliki ukuran bodi 140.9 x 73 x 7.5 mm, dimana pada bagian depan dan belakang terbuat dari bahan kaca dengan perlindungan Corning Gorilla Glass 5. Bingkai bodinya ini terbuat dari bahan stainless steel yang sangat kokoh dan kuat, ditambah lagi didesain tahan terhadap debu dan air kedalaman 1 meter selama 30 menit. Secara keseluruhan, desain bodi Nokia 8 Sirocco ini sangatlah elegan dan berkelas.

Layar Infinity Display - Selain mengusung bodi yang elegan, Nokia 8 Sirocco juga memiliki desain layar lengkung atau infinity display. Dibagian depan, hampir seluruhnya didominasi layar dan hanya menyisahkan sedikit bezel pada bagian sisi kiri dan kanan. Tetapi, sayangnya dibagian atas dan bawah, masih tampak bezel yang lumayan tebal.

Adapun jenis layar yang diusung oleh Nokia 8 Sirocco ini, diadopsi dari tekologi P-OLED layar sentuh kapasitive kedalaman 16 juta warna berukuran 5.5 inci. Sementara resolusinya cukup lumayan besar, 1440 x 2560 piksel dan memiliki kepadatan piksel per inci 534 ppi density. Perpaduan antara teknologi dan resolusi layar yang digunakannya, akan memberikan kepuasan kepada penggunanya dalam menikmati berbagi jenis konten multimedia. Namun sayangnya, rasio layar Nokia 8 Sirocco masih 16:9, yang artinya penggunanya tidak akan bisa menikmati konten multimedia dengan tampilan penuh.

Dual Kamera Utama Resolusi Terbaik - Sekarang ini, kebanyakan smartphone kelas menengah atau berlabel flagship sudah mengusung dual kamera, baik kamera utama maupun selfie. Nah, pada HP Nokia 8 Sirocco ini, juga menanamkan dual kamera dibagian belakang perangkat, yang masih-masing memiliki resolusi 12 MP (lensa f/1.75, 1.4 µm, OIS) dan 12 MP (lensa f/2.6, 1.0 µm).

Keduanya dibekali fitur terbaru, yaitu 2x optical zoom, dual pixel phase detection autofocus, Carl Zeiss optics, dual-LED dual-tone flash dan beberapa fitur software lainnya, seperti geo-tagging, sentuh fokus, deteksi wajah, HDR dan panorama. Kemampuannya dalam menghasilkan foto, tidak diragukan lagi, karena perangkat ini mampu mengambil gambar beresolusi tinggi, jernih, halus, detail dan tampak sangat nyata. Sementara kemampuannya dalam merekam video, dapat merekam resolusi Ultra HD 2160p@30fps dan Full HD 1080p@30fps.

Kamera Selfie / Depan - Pada perangkat Nokia 8 Sirocco ini mengalami sedikit penurunan dalam hal kamera depan dari saudaranya, Nokia 8. Dimana pada pada versi Sirocco ini hanya mengemas kamera depan berkekuatan 5 MP saja dengan lensa bukaan f/2.0, 1.4 µm dan hanya mampu merekam vido pada resolusi 1920 x 1080 piksel saja. Sedangkan versi terdahulu dibekali kamera 13 MP lengkap dengan fitur PDAF dan mampu mengahasilkan video resolusi 2160p.

Platform Super Gahar - Berlabelkan smartphone Flagship, tentu saja Nokia 8 Sirocco ini dibekali dengan flatform yang supera canggih dan bertenaga. Diawali dari sistem operasi yang digunakan, perangkat ini berjalan pada sistem operasi teranya saat ini, yaitu Android Oreo versi 8.0. Jika dilihat pada bagian belakang perangkat, maka kita bisa lihat sebuh tulisan "AndroidOne", dimana android versi ini merupakan OS yang didesain berkemampuan super cepat dan responsive.

Lanjut ke bagian platform hardware. Nokia 8 Sirocco menggunakan prosessor yang diadopsi dari jenis chipset dari Qualcomm MSM8998 Snapdragon 835 berkecepatan Octa-core 4x2.5 GHz Kryo dan 4x1.8 GHz Kryo. Prosessor terbut akan dibantu oleh RAM berkapasitas jumbo 6 GB RAM, sehingga integrasi antara OS, CPU dan RAM akan menghasilkan performa yang luar biasa, cepat dan responsive.

Tidak berhenti sampai disitu saja, perangkat terbaru ini juga dibekali oleh pengolah grafis Adreno 540 sebagai hardaware untuk menampilkan visual, yang dinilai memiliki kualitas handal untuk menampilkan berbagai jenis konten multimedia secara jernih, detail dan halus. Selain itu, dibekali pula dengan penyimpanan internal berkpasitas 128 GB dan masih bisa diekspansi melalui SD Card hingga kapasitas 256 GB.

Baterai Support Pengisian Super Cepat - Noka 8 Sirocco menggunakan penampungan daya baterai berjenis Li-Ion berkamampuan menampung daya listrik hingga 3260 mAh. Jenis baterai yang digunakannya tersebut adalah Non-removable atau tertanam rapat di dalam bodinya. Fitur yang mendukung penyimpanan daya listrik ini, sudah mendukung pengisian super cepat yang diadopsi dari teknologi Quick Charge 4.0. Selain itu, disediakan pula pengisian tanpa kabel atau Wireless charging (Qi).

Konektivitas dan Sensor - Nokia 8 Sirocco dibekali dual slot kartu SIM, yang mampu melakukan transmisi data secara online hingga kecepatan downlink hingga 600 Mbps dan uplink 150 Mbps pada koneksi internet 4G LTE-A (3CA) kategori 12. Selain itu, terdapat pula fasiltas konektivitas lainnya yang tersedia, seperti Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, WiFi Direct, hotspot, bluetooth versi 5.0 dengan A2DP dan LE, GPS, NFC dan USB 3.1, tipe-C 1.0 reversible connector.

Untuk sensornya sendiri, terdapat sensor accelerometer, gyroscope, proximity, compass, barometer dan yang paling penting adalah sensor fingerprint atau pindai sidik jari utuk membuka kunci layar ponsel dengan sangat cepat. Letak dari sensor finger print ini berada di bagian tengah-tengah belakang perangkat.

Harga Nokia 8 Sirocco dan Spesifikasi Full


UMUM
HargaRp 13,1 juta
StatusRilis
Tahun RilisFebruari 2018
JARINGAN
TeknologiGSM / CDMA / HSPA / EVDO / LTE
SIMHybrid Nano Single / Dual SIM
Koneksi4G / 3G / 2G / GPRS / Edge
KecepatanHSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE 600/150 Mbps
DESAIN
Dimensi140.9 x 73 x 7.5 mm
Berat177 gram
WarnaHitam
Build- Depan/belakang kaca
- Gorilla Glass 5
- Rangka stainless steel
- Sertifikasi IP68 tahan debu/air
LAYAR
JenisP-OLED, layar sentuh kapasitif 16 juta warna
Ukuran5.5 inci
Resolusi1440 x 2560 piksel
Rasio16:9
Densitas402 ppi
PerlindunganCorning Gorilla Glass 5
FiturAlways-on display
PLATFORM
OSAndroid Oreo 8.0
ChipsetQualcomm Snapdragon 835 (MSM8998)
CPUOcta-core (4x2.5 GHz Kryo dan 4x1.8 GHz Kryo)
GPUAdreno 540
RAM6 GB
PENYIMPANAN
Internal128 GB
EkspansiTidak
KAMERA UTAMA
ResolusiDual sensor: 12 MP + 12 MP
Lensaf/1.75, 1.4 µm, OIS + f/2.6, 1.0 µm
LED FlashYa, dual-LED dual-tone flash
Video2160p@30fps, 1080p@30fps
FiturCarl Zeiss optics, 2x optical zoom, dual pixel phase detection autofocus, Geo-tagging, sentuh fokus, deteksi wajah, HDR, panorama
KAMERA DEPAN
Resolusi5 MP
Lensaf/2.0, 1.4 µm
VideoFHD 1920 x 1080 piksel
LED FlashTidak
KONEKTIVITAS
Wi-Fi802.11, direct, hotspot
Bluetooth5.0
USBMicroUSB 3.1, Type-C 1.0
NFCYa
RadioRadio FM
PenandaGPS, A-GPS, GLONASS, BDS
BATERAI
JenisNon-removable Li-Ion
Kapasitas3260 mAh
Pengisian CepatYa, Quick Charge 4.0
Pengisian WirelessYa
Stand-byHingga 495 jam (3G)
Talk TimeHingga 22 jam (3G)
Music PlayerHingga 11 jam
FITUR
KeamananFingerprint (belakang ponsel)
SensorAccelerometer, gyroscope, compass, proximity, barometer
Multimedia PlayerAudio: MP3/WAV/eAAC+/FLAC
Video: MP4/H.264
Audio3.5mm jack
Loudspeaker
Nokia OZO audio
24-bit/192kHz audio
Pembatalan bising aktif dengan mikrofon khusus
LainnyaBrowser HTML5
Photo/video editor
Document viewer
Disclaimer: Kami tidak menjamin bahwa informasi pada halaman ini 100% benar. Selengkapnya.
Open Comments