advertisement
AndroLite.com - Xiaomi mengumumkan akan kehadiran smartphone terbaru mereka yakni Redmi Note 5 Pro di India dalam waktu dekat ini. Sebelum mengumumkan, ternyata bocoran spesifikasi yang diusung hp mereka tersebut sudah banyak tersebar pada berbagai mendia online terkemuka, baik di Indonesia sendiri ataupun luar negeri.

Menjelang perilisannya, terjadi kejutan besar pada Redmi Note 5 Pro, yang secara tiba-tiba menggunakan prosessor super bertenaga Snapdragon 636 dan dibekali dual kamera utama yang posisinya di sudut kiri atas belakang perangkat, mirip smartphone Apple iPhone X, serta dibekali kamera selfie super jumbo 20 MP di bagian depan.

Selain adanya kejutan tersebut, beberapa spesifikasi dan fitur unggulan lainnya juga disematkan kedalamnya dan patut mendapatkan perhatian. Xiaomi Redmi Note 5 Pro merupakan sebuah ponsel cerdas Mid-Range atau kelas menengah yang diperuntukan untuk menyasar pasar gadged kelas menengah. Hal ini tentu saja juga dibekali dengan fitur kelas menengah pula. Apa saja itu, berikut ulasan singkatnya.

Review Singkat Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 5 Pro


Desain Bodi dan Layar 2.5D Full View - Xiaomi Redmi Note 5 Pro hadir dengan mengusung desain bodi yang hampir sama persisi dengan pendahulunya Redmi 5 Plus, yakni memiliki panjang 158.6 mm, lebar 75.4 mm, ketebalan 8.05 mm dan memiliki bobot 181 gram. Bodinya ini terbuat dari bahan metal aluminium untuk bagian rangkanya, plastik di bagian belakang serta kaca di bagian depan.

Penempatan beberapa tombol dan hardware luar juga terlihat sangat pas dan tidak jauh berbeda dari para pendahulunya. Namun yang menarik perhatian pada bagian navigasi home, back dan recent, dimana sudah tidak ditemukan tombol fisik. Yang ada hanya tombol navigasi 3D bertempatkan di dalam layar. Sementara penempatan kamera utama, berada di sudut kiri atas perangkat dan sensor fingerprint di bagian tengah belakang perangkat.

Xiaomi Redmi Note 5 Pro hadir dengan mengusung panel display mengikuti trend terkini, yakni layar full view (rasio 18:9) resolusi Full HD+ 1080 x 2160 piksel. Layar fullview (tampilan penuh) ini akan memberikan kenyamanan dan memberikan kepuasan kepada penggunanya dalam menikmati berbagai konten multimedia secara penuh dan tanpa adanya pemotongan atau pengurangan atas konten aslinya.

Selain full view, ukuran layarnya juga terasa sangat luas 5.99 inci yang diadopsi dari teknologi IPS LCD capacitive touchscreen kedalaman 16 juta warna dan memiliki tampilan premium karena sisi kiri kanannya dilengkapi tampilan layar lengkung 2.5D. Perangkat ini juga diproteksi oleh Corning gorilla glass agar tahan terhadap goresan. Selain itu layarnya tersebut dilengkapi pula beberapa fitur lainnya, seperti 450-nit maximum brightness, Color contrass ratio, 1500:1, NTCS:83% dan On-screen buttons.

Prosessor Snapdragon dan RAM Jumbo - Berbekal prosessor bertenaga Qualcomm Snapdragon 636 yang bisa dikatakan generasi jaman now dan semakin banyak digunakan oleh vendor smartphone lainnya, semakin menambah keunggulan Xiaomi Redmi Note 5 Pro dalam hal pengolahan data. Tidak tanggung-tanggung CPU Snapdragon yang tertanam di dalam bodi Redmi Note 5 memiliki 8 inti atau octa-core berkecepatan hingga 1.8 GHz, dipadukan dengan RAM berkapasitas jumbo 4GB / 6GB yang semakin meningkatkan kinerja ponsel ini.

Selain itu, sistem operasi yang menjalankannya adalah MIUI generasi 9 berbasis Android Nougat versi 7.0 lengkap berbagai fitur aplikasi penunjang, membuat Redmi Note 5 Pro memiliki performa yang cepat dan responsive. Sementara untuk menghasilkan visual yang jernih, detail dan berkualitas diserahkan kepada pengolah grafis atau GPU Adreno 506, yang dinilai memiliki kualitas yang sangat baik dalam menampilkan gambar ke dalam layar.

Adapun untuk menyimpan file dalam jumlah besar, Redmi Note 5 Pro dibekali penyimpanan internal 32GB / 64GB dengan pilihan ekspansi melalui slot kartu memori jenis micro hingga kapasitas 256 GB. Dengan adanya penyimpanan super besar ini, penggunanya bisa dengan laluasa menyimpan banyak file, baik itu berupa data, aplikasi, gambar, video dan lain sebagainya.

Dual Kamera Utama dan 20 MP Kamera Selfie - Untuk bersaing dengan smartphone terkini, Redmi Note 5 Pro menyiapkan fitur dual kamera yang bisa dikatakan salah satu hal baru bagi produk Xiaomi. Dual-kameranya beresolusi 12 MP lensa f/2.2, ukuran piksel 1,25 μm dan 5 MP lensa f/2.0, ukuran piksel 1,12 μm. Untuk memaksimalkan penggunaan kamera ganda tersebut, dibekali dengan lampu kilatan LED dan terdapat efek "focused foreground and creamy blurred backgrounds" sehingga menghasilkan foto yang unik dan menarik.

Sementara untuk kamera selfie atau depan, Xiaomi menyediakan kamera depan 20 MP dengan sensor Sony IMX376 yang digabungkan dengan lampu LED. Tidak hanya sampai disitu saja, efek bokeh, beauty 4.0, geo-tagging, sentuh fokus, deteksi wajah, panorama, HDR sebagai fitur tambahan, bisa dimanfaatkan penggunanya untuk memberikan berbagai efek menarik, natural dan mempercantik hasil jepretan atau video.

Baterai Nan Jumbo 4000 mAh - Hampir semua perangkat smartphone keluaran terbaru Xiaomi dibekali dengan baterai berkapasitas besar tahan lama, tidak terkecuali Redmi Note 5 Pro. Perangkat ini mampu menampung daya hingga kapasitas 4000 mAh yang diadopsi dari teknologi Li-Po. Kemampuannya dalam bertahan pada saat pemakaian, mencapai 14 jam saat memutar video, 7 jam untuk merekam video dan 8.5 jam saat digunakan bermain game tanpa henti.

Baterai berkapasitas besar Redmi Note 5 Pro juga didukung oleh fitur pengisian super cepat / fastcharging (5V/2A), sehingga penggunanya tidak perlu membutuhkan waktu yang lama untuk melakukan pengisian ulang. Untuk mengisi baterai tersebut, mulai dari 0% hingga 100% kira-kira dibutuhkan waktu sekitar 2 hingga 2.5 jam.

Harga Xiaomi Redmi Note 5 Pro dan Spesifikasi Lengkap


Akhirnya Xiaomi Redmi Note 5 Pro resmi masuk ke Indonesia. Hal ini tentu menjadi angin segar bagi mereka yang menunggu kehadiran perangkat ini. Dan untuk harga terbaru Redmi Note 5 Pro beserta spek lengkapnya, bisa anda lihat pada tabel dibawah ini.
UMUM
HargaRp 4,6 juta (RAM 6GB, Storage 64GB)
Rp 3,9 juta (RAM 4GB, Storage 64GB)
Rp 3,6 juta (RAM 3GB, Storage 32GB)
StatusRilis, Tersedia di Indonesia
Tahun RilisFebruari 2018
JARINGAN
TeknologiGSM / HSPA / LTE
SIMNano Single / Dual SIM
Koneksi4G / 3G / 2G / GPRS / Edge
KecepatanHSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE
DESAIN
Dimensi158.6 x 75.4 x 8.05 mm
Berat181 gram
BahanBody aluminium, depan kaca
Warna-
LAYAR
JenisIPS LCD capacitive touchscreen, 16 Juta Warna
Ukuran5.99 Inci
Resolusi1080 x 2160 piksel (FHD+)
Rasio18:9 (fullview)
Kerapatan Piksel403 ppi
PerlindunganCorning Gorilla Glass (Versi tidak spesifik)
FiturOn-screen buttons
450-nit maximum brightness
Color contrass ratio, 1500:1, NTCS:83%
2.5D glass, rounded display corners
PLATFORM
ChipsetQualcomm Snapdragon 636 (SDM636)
CPUOcta-core 1.8 GHz Kryo 260
GPUAdreno 506
RAM4GB / 6GB
OSAndroid Nougat 7.0 (MIUI 9.0)
PENYIMPANAN
Internal32GB / 64GB
EkspansiYa, MicroSD hingga 256 GB
KAMERA UTAMA
ResolusiDual sensor: 12 MP + 5 MP
Lensaf/2.2, 1.25 μm + f/2.0, 1.12 μm
FiturPhase detection autofocus, dual-LED dual-tone flash, Geo-tagging, sentuh fokus, deteksi wajah, panorama, HDR
Video1080 x 2160 piksel @30fps
KAMERA DEPAN
Resolusi20 MP (Sony IMX376)
FiturLED-Selfie light, Beauty 4.0
Video1920 x 1080 piksel
KONEKTIVITAS
Wi-Fi802.11, Direct, hotspot
Bluetooth4.2
USBMicroUSB 2.0
RadioRadio FM
PenandaGPS, A-GPS, GLONASS, BDS
Infra MerahYa
NFCTidak
BATERAI
JenisNon-removable Li-Po
Kapasitas4000 mAh
Pengisian CepatYa (Quick Charge 2.0)
FITUR
KeamananFingerprint (belakang ponsel)
SensorAccelerometer, Gyroscope, Proximity, Compass
LoudspeakerYa
3.5mm jackYa, Pembatalan bising aktif dengan mic khusus
Pemutar MusikMP3/WAV/eAAC+/FLAC player
Pemutar VideoMP4/DivX/XviD/WMV/H.265 player
LainnyaBrowser HTML5
Photo/video editor
Document viewer
Disclaimer: Kami tidak menjamin bahwa informasi pada halaman ini 100% benar. Selengkapnya.
Open Comments