advertisement
AndroLite.com - Sekitar pertengahan tahun 2017 lalu, perusahaan Xiaomi resmi meluncurkan produk terbaru mereka yakni Xiaomi Redmi 4X Prime. Seri Redmi 4X Prime merupakan sebuah smartphone yang mengusung spesifikasi mid-end dan diperuntukan untuk menyasar pangsa gadget kelas menengah kebawah, sekaligus untuk memenuhi permintaan pasar smartphone harga murah dengan fitur dan spesifikasi terbaik.

Seperti yang sudah diketahui, bahwa Xiaomi selalu menghadirkan ponsel pintar berbekal spesifikasi kelas wahid, namun memiliki banderol harga yang sangat terjangkau. Hal ini kembali diterapkan kedalam handphone terbaru Redmi 4X Prime dengan harapan mampu menarik banyak minat para calon pembeli. Strategi pemasaran yang dilakukan Xiaomi ini memang menuai hasil yang memuaskan, karena keberadaan Redmi 4X Prime sanggup mengalahkan penjualan berbagai merk smartphone lain pada level yang sama.

Xiaomi Redmi 4X Prime memiliki bandrerol harga perdana sekitar 131 EURO atau sekitar Rp 2,2 jutaan (termasuk garansi) dengan mengusung spesifikasi RAM dan penyimpanan internal berkapasitas besar, layar IPS LCD berukuran 5.0 inci, menggunakan prosessor bertenaga Snapdragon dari Qualcomm, mendukung jaringan 4G (4G+), diberikan kamera bersensor tinggi, kapasitas penampungan daya baterai super jumbo dan masih banyak lagi spesifikasi unggulan lainnya.

Spesifikasi Xiaomi Redmi 4X Prime


UMUM
BrandXiaomi
ModelRedmi 4X Prime
StatusRilis, Tersedia di Indonesia
Tahun RilisMei 2017
JARINGAN
TeknologiGSM / HSPA / LTE
SIMHybrid Nano Dual SIM
Koneksi4G / 3G / 2G / GPRS / Edge
KecepatanHSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE 300/100 Mbps
DESAIN
Dimensi139.2 x 70 x 8.7 mm
Berat150 gram
BahanBody aluminium, depan kaca
WarnaHitam, Emas
LAYAR
BuildIPS LCD, layar sentuh kapasitif 16 Juta Warna
Ukuran5.0 inci
ResolusiHD 720 x 1280 piksel
Rasio16:9
Kerapatan Piksel294 ppi
PerlindunganCorning Gorilla Glass (Versi tidak spesifik)
Fitur450-nit maximum brightness
1000:1 contrast ratio
72% NTSC color gamut
Pengaturan temperatur warna
Reading mode
PLATFORM
OSAndroid Marshmallow 6.0.1 (MIUI 8.0, 9.1)
ChipsetQualcomm Snapdragon 435 (MSM8940)
CPUOcta-core 1.4 GHz Cortex-A53
GPUAdreno 505
RAM3GB / 2GB
PENYIMPANAN
Internal32GB
EkspansiYa, MicroSD hingga 256 GB
KAMERA UTAMA
Resolusi13 MP
Lensaf/2.0
LED FlashYa
Video1920 x 1080 / 1280 x 720 piksel, @30fps
FiturPhase detection autofocus, Geo-tagging, sentuh fokus, deteksi wajah/senyum, panorama, HDR
KAMERA DEPAN
Resolusi5 MP
Lensaf/2.2
LED FlashTidak
Video1920 x 1080 piksel
KONEKTIVITAS
Wi-Fi802.11, Direct, hotspot
Bluetooth4.1
USBMicroUSB 2.0
RadioRadio FM
PenandaGPS, A-GPS, GLONASS, BDS
Infra MerahYa
BATERAI
JenisNon-removable Li-Po
Kapasitas4100 mAh
Pengisian CepatTidak
TeleponHingga 36 jam
Audio PlaybackHingga 87 jam
Video PlaybackHingga 15 jam
GameHingga 13 jam
FITUR
KeamananFingerprint (belakang ponsel)
SensorAccelerometer, Gyroscope, Compass, Proximity
3.5mm jackYa, dengan Pembatalan bising aktif dengan mikrofon khusus
LoudspeakerYa
Pemutar MusikMP3/WAV/eAAC+/FLAC player
Pemutar VideoDivX/Xvid/MP4/H.265 player
LainnyaBrowser HTML5
Photo/video editor
Document viewer
Disclaimer: Kami tidak menjamin bahwa informasi pada halaman ini 100% benar. Selengkapnya.

Review Xiaomi Redmi 4X Prime


Desain Bodi dan Layar - Ulasan singkat tentang spek yang diusung oleh Redmi 4X Prime, kita awali dari desain luar dan layar yang diusungnya. Redmi 4X Prime memiliki desain bodi yang sangat elegan, berkelas dengan bagian belakang melalui proses diamond cutting untuk menghasilkan dua strip terang, memberikan kilauan berkelas kepada keseluruhan penampilannya. Desainnya memberikan effort maksimal untuk optimalisasi dan memperindah rangka metal dengan tepian sedikit membulat yang nyaman di genggaman.

Ukuran bodinya 139.2 x 70 x 8.7 mm dengan bobot 150 gram saja. Tentu saat menggunakan ponsel ini akan terasa sangat pas berada digenggaman dan sangat nyaman meski dioperasikan dengan menggunakan satu tangan saja. Bodinya ini terbuat dari bahan metal aluminium yang sangat kuat dan tangguh, serta mempunyai dua pilihan warna, yakni hitam dan gold.

Untuk layar yang digunakan oleh Xiaomi Redmi 4X Prime, diadopsi dari teknologi terbaik saat ini IPS LCD capacitive touchscreen kedalaman 16 juta warna berukuran 5.0 inci dengan resolusi 720 x 1280 piksel, tampilan rasio standar 16:9 dan mempunyai kepadatan piksel per inci sebesar 294. Redmi 4X Prime juga dilengkapi dengan kaca depan lengkung 2.5D yang halus saat tersentuh jari. Layarnya ini mampu menampilkan konten visual yang sangat baik dan jernih dikelasnya, diantaranya mampu memberikan ketajaman sebesar 450-nit maximum brightness, dilengkapi pengaturan temperatur warna dan menyediakan fitur Reading mode.


Platform dengan Kinerja Maksimal - Berbekal prosessor (CPU) bertenaga dari Qualcomm MSM8940 Snapdragon 435, memberikan kinerja yang sangat baik dan responsive saat mengoperasikan Xiaomi Redmi 4x Prime. Karena CPU tersebut mempunyai 8 inti (octa-core) yang mampu melakukan clock hingga kecepatan 1.4 GHz Cortex-A53. Dukungan penuh dari RAM berkapasitas besar 3GB sebagai pemroses data semakin menambah kecepatan yang dihasilkan. Sementara pengolah grafis Adreno 505 sebagai pemroses tampilan visual semakin melengkapi platform hardware Redmi 4X Prime ini.

Flatform hardware tersebut akan memberikan kinerja maksimal dalam menjalanksn sistem operasi Android Marshmallow 6.0.1 tampilan kostumasi MIUI 8. Sebagai pelengkap dari platformnya, Xiaomi dibekali kapasitas penyimpanan yang cukup lumayan besar berkapasitas 32 GB dengan opsi ekspansi melalui slot kartu memori hingga kapasitas 256GB. Akan tetapi, ketika memilih menampbah kapasitas penyimpanan, maka penguna tidak bisa mengaktifkan dual sim, karena salah satu slot SIMnya menyatu dengan slot SD Card (hybrid SIM 2).

Kamera Resolusi Tinggi - Demi memenuhi kebutuhan fotografi bagi pengguna, Xiaomi Redmi 4X Prime dibekali dengan kamera utama beresolusi 13 MP aperture f/2.2 dilengkapi dengan fitur phase detection autofocus dan LED Flash untuk membantu memberikan pencahayahan di tempat minim cahaya. Kamera utama ini mampu menghasilkan gambar resolusi tinggi dan video berkualitas full hd 1920 x 1080 piksel @30fps. Hasil fotografi terlihat tajam dan alami berkat bantuan teknologi PDAF, fokus cepat 0.3 detik dan juga dilengkapi dengan beragam fitur-fitur built-in untuk memudahkan pengambilan foto panorama yang indah serta foto malam hari yang jernih.

Sementara itu, kamera depan / selfie mengandalkan kamera bersensor standar 5 MP dengan lensa f/2.2 untuk menunjang kebutuhan selfie atau video call. Xiaomi Redmi 4X Prime juga dilengkapi berbagai fitur pendukung seperti Beautify 36 profil kecantikan cerdas dan real-time beautify, Selfie countdown, Real-time filter, geo-tagging, sentuh fokus, deteksi wajah/senyum, HDR, dan panorama.

Baterai Super Jumbo Tahan Lama - Xiaomi Redmi 4X Prime diberikan sebuah penyimpanan daya baterai berkapasitas super jumbo 4100 mAh yang diklaim dapat bertahan selaman 18 hari dalam mode siaga. Sementara apabila digunakan untuk melakukan panggilan telepon, mampu bertahan hingga 36 jam, atau memutar musik 87 jam, bermain game 13 jam atau bertahan selama 2 hari untuk penggunaan berat lainnya.

Sayangnya, baterai super jumbo yang tertanam di dalam bodi Redmi 4X Prime ini tidak dilengkapi fitur fast charging atau pengisian cepat, sehingga akan butuh waktu yang cukup lama saat pengguna melakukan isi ulang baterai.

Konektivitas dan Sensor - Berbekal dual SIM yang mendukung teknologi jaringan internet berbasis 4G LTE semakin menambah daya tarik Xiaomi Redmi 4X Prime ini. Kecepatan yang bisa dihasilkan ketika berada pada jaringan internet 4G, bisa menembus angka 300 Mbps untuk download dan 100 Mbps untuk upload. Sedangkan pada saat berada pada jaringan 3G (H+), kecepatan downloadnya hingga 42 Mbps dan upload 5.76 Mbps.

Tidak sampai disitu saja, fasilitas konektivitas lainnya juga tertanam didalam Redmi 4X Prime yang bisa digunakan secara cepat oleh pemakainya. Misalnya koneksi WLAN (Wi-Fi 802.11, Wi-Fi Direct, hotspot), bluetooth (4.1, A2DP, LE), port infra merah, radio FM, GPS (dengan A-GPS, GLONASS, BDS) dan lainnya.

Pada bagian belakang ponsel ini, terdapat pula sebuah sistem keamanan berupa sensor finger print (pindai sidik jari) yang berfungsi untuk membuka kunci layar dengan sangat cepat. Terdapat pula beberapa sensor lainnya, berupa accelerometer, gyroscope, proximity dan compass sebagai pelengkap fiturnya.

Harga Terbaru Xiaomi Redmi 4X Prime


Saat pertama kali meluncur pada pertengahan Tahun 2017 lalu, sekarang harga Redmi 4X Prime telah mengalami penurunan jika dibandingkan dengan harga perdananya. Hal ini disebabkan oleh maraknya ponsel pendatang baru yang menawarkan berbagai jenis fitur dan memiliki spesifikasi lebih unggul. Adapun harga terbarunya, khususnya periode bulan ini, bisa kalian lihat pada daftar berikut.
BulanHargaRAM + Storage
Oktober 2018Rp 1,8 juta2GB + 32GB
Rp 2,5 juta3GB + 32GB
Oktober 2018Rp 1,8 juta2GB + 32GB
Rp 2,5 juta3GB + 32GB
Disclaimer : Harga Xiaomi Redmi 4 Prime di atas, kemungkinan besar berbeda dari harga yang ada di kota kalian, namun tidak akan jauh beda dan harga tersebut kami rangkum dari berbagai situs jual beli online ternama yang ada di Indonesia.
Open Comments