advertisement
AndroLite.com - Satu lagi ponsel pintar terbaru yang belum lama ini resmi dirilis oleh Vivo yaitu HP Vivo Y69. Smartphone ini hadir untuk menyasar pangsa pasar kelas menengah kebawah dengan banderol harga perdana sekitar Rp 3 jutaan, berbekal berbagai jenis fitur dan spesifikasi unggulan. Spesifikasi Vivo Y69 memperlihatkan bahwa komponen-komponen yang terbilang unggulan sehingga menyuguhkan pengalaman pengoperasian yang cukup menarik.

Vivo Y69 selain menawarkan bodi ramping, juga dilengkapi berbagai fitur dan spesifikasi unggulan. Diantaranya mengusung kamera beresolusi tinggi, RAM dan penyimpanan internal berkapasitas besar, bodinya terbuat dari bahan metal aluminium, mendukung jaringan internet 4G LTE, dual sim, sistem perlindungan finger print (pindai sidik jari), baterai yang mampu menampung daya tinggi dan lain sebagainya.

Selama ini Vivo terkenal sebagai vendor yang selalu menghadirkan ponsel cerdas dengan fotografi yang canggih. Hal yang sama juga diterapkan pada seri Y69 yang hadir dengan kamera selfie beresolusi lebih tinggi apabila dibandingkan dengan kamera utamanya yang sedikit mengusung sensor yang lebih rendah. Kemungikanan besar fitur kamera high resolution ini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi para calon konsumen yang mempunyai hobi melakukan kegiatan selfie.

Spesifikasi Vivo Y69


UMUM
BrandVivo
ModelY69
StatusRilis, Tersedia di Indonesia
Tahun RilisNovember 2017
JARINGAN
SIMNano Dual SIM (Dual standby)
TeknologiGSM / HSPA / LTE
Koneksi4G / 3G / 2G / GPRS / Edge
KecepatanHSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE
DESAIN
Dimensi154.6 x 75.5 x 7.7 mm
Berat162.8 gram
BuildDepan kaca, bodi aluminium
WarnaHitam, Emas
LAYAR
JenisIPS LCD, layar sentuh kapasitif 16 juta warna
Ukuran5.5 inci
ResolusiHD 720 x 1280 piksel
Rasio16:9
Densitas267 ppi
PLATFORM
Sistem OperasiAndroid Nougat 7.1.2 (Funtouch OS 3.2)
ChipsetMediatek MT6750
CPUOcta-core (4x1.5 GHz Cortex-A53 dan 4x1.0 GHz Cortex-A53)
GPUMali-T860MP2
RAM3 GB
PENYIMPANAN
Internal32 GB
EkspansiYa, MicroSD hingga 256 GB (slot khusus)
KAMERA UTAMA
Resolusi13 MP
Lensaf/2.2, LED flash
LED FlashYa
VideoFHD 1920 x 1080 piksel @30fps
FiturAutofocus, geo-tagging, sentuh fokus, deteksi wajah, HDR
KAMERA DEPAN
Resolusi16 MP
Lensaf/2.0
VideoHD 720 x 1080 piksel
LED FlashTidak
KONEKTIVITAS
Wi-Fi802.11, dual-band, hotspot
Bluetooth4.2
USBMicroUSB 2.0, USB On-The-Go (OTG)
RadioRadio FM
PenandaGPS, A-GPS, GLONASS, BDS
BATERAI
JenisNon-removable Li-Ion
Kapasitas3000 mAh
Pengisian CepatTidak
FITUR
KeamananFingerprint (belakang ponsel)
SensorAccelerometer, compass, proximity
3.5mm jackYa
LoudspeakerYa
Pemutar MusikMP3/WAV/eAAC+/FLAC
Pemutar VideoMP4/H.264
LainnyaBrowser HTML5
Photo/video editor
Document viewer
Disclaimer: Kami tidak menjamin bahwa informasi pada halaman ini 100% benar. Selengkapnya.

Review Vivo Y69


Desain Bodi Berkelas dan Layar Berukuran 5.5 inci
Vivo Y69 memiliki tampilan metalik yang hampir seluruh bodinya terbuat dari bahan metal aluminium sehingga bodinya tampak terlihat kokoh dan kuat. Nuansa premium juga semakin terasa dengan hadirnya tombol fisik home dengan sensor pindai sidik jari di atasnya. Secara keseluruhan, ukuran bodi Vivo Y69 memiliki panjang 154.6 mm, lebar 75.5 mm, ketebalan 7.7 mm dan bobot 162.8 gram. Desain ponsel ini terasa sangat tipis serta bobotnya yang terasa ringan. Hal ini semakin menambah kesan desain elegan dan berkelas.

Deretan penempatan beberapa hardware luarnya pun tampak sangat tepat, baik dari segi tampilan maupun kemudahan jangkauan penggunaannya. Pada bagian sisi kanan terdapat tombol volume dan power, sementara slot kartu SIM / memori eksternal bisa ditemukan di sisi kiri perangkat. Dibagian atasnya, tampak polos dan dibagian bawah bisa ditemukan lubang mic, loudspeaker, port microUSB 2.0 dan lubang audio jack.

Diatas layar, terdapat sebuah sensor cahaya, speaker dan sebuah kamera beresolusi 16 MP. Namun sayangnya tidak ada lampu LED flash untuk membatu kameranya dalam memberikan penerangan saat pengambilan gambar / video ditempat yang minim cahaya atau di tempat yang gelap. Sementara pada bagian belakang perangkat, hanya terdapat sebuah kamera, lampu kilatan LED, serta logo Vivo sendiri.

Selain itu, perangkat ini juga hadir dengan mengusung layar yang diadopsi dari tenkologi IPS LCD Layar Sentuh Kapasitif berukuran 5.5 inci dengan pengoperasian Multitouch. Resolusi layar Vivo Y69 ini tergolong sangat standar karena hanyar beresolusi HD 720 x 1280 piksel dengan kerapatan 267 ppi saja. Meskipun begitu visual yang ditampilkan melalui layarnya tersebut terlihat jernih dan detail karena dukungan tampilan antarmuka Funtouch OS 3.2. Sayangnya, tidak ada perlindungan anti gores layar, sehingga pengguna perlu hati-hati dalam menggunakannya atau paling tidak harus memberikan sistem proteksi tambahan berupa anti gores eksternal.

Performa Bertenaga Super Cepat
Disektor jeroan Vivo Y69, yakni prosessor mengandalkan chipset Mediatek MT6750 sebagai otak pemrosesannya. Chipset ini mampu memproses data berkecepatan Octa-core dual speed 4x1.5 GHz Cortex-A53 dan 4x1.0 GHz Cortex-A53 untuk menghasilkan kinerja bertenaga pada Vivo Y69 ini. Dukungan penuh dari RAM berkapasitas 3 GB semakin menambah performanya dalam menjalankan sistem operasi Android Nougat versi 7.1.2 dan juga untuk memperlancar jalannya beberapa aplikasi lainnya, baik satu atau bahkan lebih banyak secara bersamaan secara cepat dan responsif.

Sementara pada pengolah grafis dipercayakan kepada GPU Mali-T860MP2 untuk memberikan dukungan pada konten visual yang berkualitas, jernih, halus dan detail ketika digunakan, baik untuk bermain game, menonton video ataupun menjalankan berbagai jenis aplikasi multimedia lainnya. Selain itu, Vivo Y69 juga dibekali penyimpanan internal berkapasitas 32 GB yang bisa digunakan untuk menyimpan file dalam skala besar. Jika terasa kurang, pengguna dapat melakukan ekspansi kapasitas penyimpanan via slot khusus kartu memori eksternal hingga kapasitas 256 GB.

Kamera Tajam Resolusi Tinggi
Vivo Y69 dibekali kamera belakang beresolusi 13 MP dilengkapi fitur autofokus dan LED flash untuk memberikan dukungan fotografi yang lebih mantap dan memberikan pencahayaan yang maksimal meski digunakan untuk mengabadikan momen di tempat minim cahaya. Kamera utamanya ini mampu menghasilkan rekaman video resolusi Full HD 1920 x 1080p@30fps. Vivo juga memberikan tambahan fitur pendukung fotografi lainnya seperti geo-tagging, sentuh fokus, deteksi wajah, HDR dan panorama.

Semantara untuk kamera selfie, memiliki resolusi sedikit lebih tinggi dibanding kamera utamanya. Dimana dibekali kamera 16 MP apreture f/2.0 dan memiliki pilihan fotgrafi mode Bokeh untuk hasil yang lebih menakjubkan. Vivo melengkapi kamera depan ini dengan teknologi DSLR yang bisa digunakan untuk menghasilkan gambar efek fokus crystal-clear dan latar belakang blur artistik, serta mampu mengambil foto Group Selfie dengan efek panning landscape panorama dari jarak dekat.

Baterai Jumbo Tahan Hingga Puluhan Jam
Ditinjau dari berbagai macam fitur dan spesifikasi unggulan yang ada di dalam Vivo Y69, tentu perangkat ini membutuhkan pasokan daya listrik besar. Untuk itu, Vivo membekali Y69 dengan baterai Lithium Ion (Li-Ion) yang mampu menampung daya hingga kapasitas 3000 mAh. Kapasitasnya dinilai akan mampu memasok kebutuhan daya untuk setiap komponen yang membutuhkan daya. Sayangnya, baterai Vivo Y69 belum mendukung teknologi pengisian super cepat (fastcharging) sehingga akan memerlukan waktu lama untuk mengisi ulang.

Meski demikian, kemampuan baterai yang tertanam di dalam bodi Vivo Y69 mampu bertahan selama 260 jam dalam mode stand-by, memutar musik hingga 20 jam non stop, serta mampu bertahan hingga puluhan jam saat digunakan untuk bermain game dan berselancar di dunia internet tanpa henti.

Sensor dan Konektivitas
Vivo melengkapi smartphone Vivo Y69 dengan beberapa sensor yang akan sangat membantu penggunanya. Diantaranya sensor pindai sidik jari yang berfungsi untuk membuka kunci layar berkemampuan super cepat, sensor accelerometer, proximity dan compass. Lalu untuk urusan konektivitas, disediakan Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, dual-band, hotspot, bluetooth, GPS, FM radio, microUSB 2.0 dan USB On-The-Go.

Harga Vivo Y69

Vivo Y69 hadir hanya dalam dua pilihan warna saja, yaitu hitam dan emas. Adapun informasi tentang harga terbaru HP ini, bisa kalian simak pada daftar berikut.
BulanHarga BaruHarga Bekas
Oktober 2018Rp 2.599.000-
September 2018Rp 2.599.000-
Agustus 2018Rp 2.599.000-
Disclaimer : Harga Vivo Y69 tersebut di atas kami rangkum dari berbagai situs jual beli online ternama yang ada di Indonesia dan kemungkinan besar akan sedikit berbeda dengan harga yang ada di tempat kalian, tetapi tidak akan jauh beda.
Open Comments