advertisement
AndroLite.com - Kabar mengenai kemunculan Sony Xperia X Ultra semakin gencar beredar dan menjadi salah satu pusat perhatian penggemar gadget di seluruh penjuru dunia, khusunya mereka yang fanatik pada produk-produk Sony. Betapa tidak, pasalnya Xperia X Ultra ini tampil dengan desain yang jauh berbeda dari para pendahulunya. Yang mana desain bodinya sudah tidak kotak lagi (ciri khas smartphone Sony), melainkan memiliki empat sudut sedikit membulat.

Selain itu, pada bagian depannya juga hampir dipenuhi layar dan memiliki bezel yang sangat tipis. Ini merupakan sebuah terobosan terbaru oleh perusahaan asal negara Jepang ini, mengingat hampir semua ponsel cerdas Sony memiliki banyak bezel terutama di bagian depan (atas dan bawah) dan tentunya terlihat sangat membosankan. Sebagai terobosan baru pada tahun 2018 ini, Sony Xperia X Ultra juga dipastikan akan dibekali spesifikasi dan fitur yang mumpuni.

Kemungkinan besar, Sony akan menempatkan seri Xperia X Ultra pada pangsa pasar smartphone kelas premium atau kelas menengah ke atas. Sony Xperia X Ultra akan membawa keunggulan yang mungkin tidak dimiliki oleh produk ponsel pintar lainnya dan kemungkinan besar tidak jauh berbeda dari ponsel cerdas Sony di kelas premium sebelumnya.

Review Singkat Sony Xperia X Ultra


Desain Bodi Elegan, Layar Bezel Tipis - Sony Xperia X Ultra membawa desain tampil beda dari para pendahulunya, bahkan cenderung mengikuti desain smartphone trend terkini. Secara kasat mata, Xperia X Ultra membawa konsep desain yang identik dengan smartphone Samsung Galaxy A8 2018 dengan keempat sudut sedikit membulat dan juga didesain tahan terhadap debu ataupun air hingga kedalaman 1.5 meter selama 30 menit.

Dimensi fisik 164.2 x 79.6 x 8.2 mm dan bobot hanya sekitar 189 gram, membuatnya nampak begitu proporsional dan nyaman saat berada di dalam genggaman tangan. Pada sisi belakang, Sony memilih menempatkan kamera pada ujung kiri atas, dengan tambahan lampu kilatan LED di bawahnya. Desain back-side ini memang terlihat kharismatik dan menimbulkan kesan elegan. Sony Xperia X Ultra hadir dalam dua pilihan warna yaitu abu-abu dan merah.

Lanjut ke bagian depan. Smartphone Sony seri Xperia X Ultra mengusung panel layar jenis IPS LCD capacitive touchscreen berukuran 6.45 inci, resolusi Ultra HD 1440 x 2880 piksel dan memiliki kerapatan 441 piksel per inci (ppi). Terobosan terbaru Sony yang disematkan pada layar Xperia X Ultra berupa tampilan fullview (rasio 18:9), memiliki bezel yang sangat tipis dan tampak terlihat melengkung di sisi kiri kanannya.

Dari spesifikasi layar yang diusungnya, dapat dipastikan akan memberikan tampilan visual yang sangat baik dan nyaman mata meski digunakan berjam-jam. Tak hanya visualisasi yang luar biasa, dibekali pula sistem proteksi anti gores dan tahan benturan yang diadopsi dari teknologi Corning Gorilla Glass.

Sementara penempatan beberapa tombol fisik navigasi berupa tombol home, back dan recent tampak tidak terlihat, karena ditempatkan di dalam layar berbentuk tombol 3D. Sementara tombol volume dan power berada di sisi sebelah kanan. Secara keseluruhan, desain yang dimiliki Xperia X Ultra sudah sangat sempurna dan tampak sangat berkelas.
Kinerja Cepat dengan CPU Snapdragon, RAM Jumbo - Sebagai perangkat kelas premium, tentu Sony tidak main-main dengan produk terbarunya. Kali ini, Sony membekali Xperia X Ultra dengan komponen-komponen terbaik di kelasnya. Pada bagian prosessor, Xperia X Ultra dibekali chipset bertenaga Qualcomm SDM660 Snapdragon 660. CPU besutan Qualcomm tersebut merupakan salah satu generasi chipset kelas atas yang mempunyai performa dan kinerja luar biasa dalam mengolah data dengan responsif dan stabil.

Sementara untuk membantu prosessornya dalam mengolah data, semakin menambah performa smartphone ini karena dibekali RAM berkapasitas jumbo 4 GB. Perangkat ini juga dibekali kartu pengolah grafis Adreno 512. Penyematan GPU Andreno 512 membuat tampilan grafisnya lebih halus, tajam, detail terutama pada saat digunakan untuk memainkan game berkualitas full HD.

Perpaduan ketiga komponen di atas, saling memberikan kontribusi untuk menjalankan sistem Operasi Android Nougat 7.0 untuk menciptakan performa luar bisa. Sony Xperia X Ultra juga dibekali penyimpanan internal berkapasitas 64 GB yang bisa digunakan untuk menyimpan file dalam skala besar. Sementara itu, disediakan pula sebuah slot kartu memori untuk melakukan ekspansi hingga kapasitas 256 GB.
Kamera 19 MP Super Jernih - Sejak dulu hingga sekarang ini, Sony selalu membekali smartphone mereka dengan kamera bersensor jumbo. Hal ini kembali diterapkan kedalam Xperia X Ultra dengan menyematkan sensor 19 MP dilengkapi fitur phase detection autofocus dan juga LED flash. Kekuatan kamera belakang pada Sony Xperia X ultra ini merupakan salah satu yang terbaik di kelasnya.

Hasil jepretannya tentu tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Apalagi, kamera perangkat ini juga dibekali teknologi fotografi modern lainnya, seperti geo-tagging, sentuh fokus, deteksi wajah, HDR dan panorama. Sementara untuk perekaman video, Xperia X Ultra mampu menghasilkan video resolusi Ultra HD 1440 x 2880 piksel dengan frame rate 30fps.

Sedangkan, untuk penunjang kebutuhan selfie atau video call, kehadiran kamera depan 13 MP juga akan sangat membantu. Sayangnya, kamera selfie pada Sony Xperia X Ultra tersebut tidak didukung oleh lampu kilat LED, sehingga pada saat proses pengambilan gambar atau video di tempat minim cahaya tidak akan menghasilkan kualitas gambar / video yang bagus. Akan tetapi fitur lain yang masih bisa dinikmati berupa HDR, efek bokeh, menu beauty dan lain sebagainya.
Baterai Support Pengisian Cepat - Disektor penopang segala aktivitas yang terjadi pada smartphone agar bisa digunakan selama mungkin, Sony membenamkan sebuah baterai Li-Ion berkapasitas 3050 mAh. Sangat disayangkan memang, mengingat Xperia X Ultra merupakan ponsel pintar kelas premium hanya dibekali kapasitas penyimpanan daya hanya sebesar itu.

Meski demikian, kemampuannya dalam bertahan ketika smartphone melakukan aktifitas, baik menjalankan aplikasi ataupun pengguna merekam video, masih mampu bertahan hingga berjam-jam. Selain itu, baterai tersebut juga sudah mendukung teknologi pengisian super cepat (fast charging) yang diadopsi dari teknologi Quick Charge 3.0.

Sensor dan Fitur Lainnya - Sony Xperia X Ultra dibekali beberapa sensor utama yang tentu saja akan sangat bermanfaat bagi para penggunanya, diantaranya sensor accelerometer, gyroscope, proximity dan compass. Namun, hingga artikel ini dimuat, belum diketahui secara pasti apakah perangkat terbaru Sony ini akan dibekali sistem keamanan fingerprint / Face ID Unlock atau tidak.

Untuk sektor konektivitas, Xperia X Ultra dibekali teknologi jaringan internet berbasis 4G LTE dan jaringan internet WLAN berupa Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, Wi-Fi Direct, DLNA dan hotspot. Sedangkan untuk konektivitas lainnya juga disiapkan, seperti Bluetooth, GPS dengan A-GPS dan GLONASS, NFC serta port USB.

Harga Sony Xperia X Ultra dan Spesifikasi Detail

UMUM
HargaRp. 5,5 juta (Perkiraan)
DiperkenalkanSegera hadir
StatusRumor
JARINGAN
TeknologiGSM / HSPA / LTE
SIMNano Dual SIM (Dual standby)
Koneksi4G / 3G / 2G / GPRS / Edge
KecepatanHSPA, LTE
DESAIN
Dimensi-
Berat-
Build- Metal
- Sertifikasi IP68, Tahan debu/Air kedalaman 1.5 meter hingga 30 menit
WarnaAbu-abu, merah
LAYAR
JenisIPS LCD capacitive touchscreen, 16 Juta Warna
Ukuran6.45 Inci
Resolusi1440 x 2880 piksel
Rasio18:9
Densitas499 ppi
MultitouchYa
PerlindunganCorning Gorilla Glass (Versi belum diketahui)
PLATFORM
OSAndroid Nougat 7.0
ChipsetQualcomm SDM660 Snapdragon 660
CPUOcta-core (4x2.2 GHz Kryo 260 & 4x1.8 GHz Kryo 260)
GPUAdreno 512
RAM4 GB
PENYIMPANAN
Internal64 GB
EkspansiYa, MicroSD hingga 256 GB
KAMERA
Utama19 MP, autofocus, LED flash
FiturGeo-tagging, sentuh fokus, deteksi wajah/senyum, panorama, HDR
VideoYa
Depan13 MP
SUARA
Jenis AlertVibrasi, MP3, WAV ringtones
3.5mm jackYa, Pembatalan bising aktif dengan mic khusus
LoudspeakerYa
KONEKTIVITAS
WLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n, Wi-Fi Direct, DLNA, hotspot
Bluetooth4.2, A2DP, LE
USBYa
Radio-
GPSYa, dengan A-GPS, GLONASS
Infra Merah-
NFC-
SENSOR
Fingerprint-
AccelerometerYa
GyroscopeYa
ProximityYa
BarometerTidak
CompassYa
BATERAI
JenisLi-Ion
Kapasitas3050 mAh
RemovableTidak
Pengisian CepatYa (Quick Charge 3.0)
Stand-by-
Talk Time-
Video playback-
FITUR
BrowserHTML5
Photo/Video EditorYa
Pemutar MP3MP3/eAAC+/WAV/Flac player
Pemutar MP4DivX/MP4/H.265 player
Document viewerYa
Disclaimer: Kami tidak menjamin bahwa informasi spesifikasi pada halaman ini adalah 100% benar. Sumber spesifikasi: Gsmarena.
Open Comments