advertisement
AndroLite.com - Mengawali tahun 2018, HMD Global kembali merilis sebuah smartphone terbaru untuk menyasar pangsa pasar entry level sekaligus ingin kembali bangkit mengejar ketertinggalan dari persaingan ketat penjualan smartphone. Ponsel cerdas tersebut adalah Nokia 1 yang mengandalkan sistem operasi Android Go (Android Oreo Edisi Go) yang merupakan OS terbaru Android untuk ponsel pintar kelas low-end.

Perlu diketahui, bahwa Android Go merupakan salah satu program Google dalam mengembangkan OS Android yang diperuntukan khusus smartphone kelas bawah yang mengusung spesifikasi low-end. Android Go didesain agar mampu berjalan optimal pada perangkat dengan kapasitas RAM rendah antara 512MB hingga 1GB.

Google sebagai developer dari Android Go juga sudah melengkapi dengan aplikasi versi ringan, seperti aplikasi YouTube, Gmail, Google Assistant dan serta Google Maps. Aplikasi yang ada di dalam OS Android Go didesain dengan ukuran lebih kecil dan ringan ketimbang versi biasa, sehingga saat app berjalan tidak akan mengkonsumsi banyak memori perangkat.

Nokia 1 (Android Go) Review Spesifikasi


Desain Bodi Minimalis, Layar 4.5 inci - Nokia 1 didesain ukuran bodi sangat ramping dan sangat nyaman ketika berada di dalam genggaman tangan, karena ukuran bodinya hanya 133 x 68 x 9 mm. Bodinya ini memiliki rangka yang terbuat dari metal aluminium yang sangat kokok dan tangguh. Sementara dibagian penutup belakang perangkat terbuat dari plastik dan bisa dilepas oleh penggunanya dengan sangat mudah.

Penempatan beberapa tombol fisik pun tampak tidak jauh berbeda dengan smartphone lainnya, dimana tombol fisik volume dan power berada di sisi kanan. Sementara tombol navigasi seperti home, recent dan back tampak tidak terlihat. Hal ini disebabkan ketiga tombol navigasi ini berada di dalam layar dan berbentuk navigasi 3D.

Lalu penempatan lubang audio jack 3.5mm diletakkan di bagian atas perangkat dan lubang charger atau port USB berada di bagian bawah. Untuk lubang loudspeaker bisa ditemukan pada bagian belakang ponsel, lalu penempatan kamera utamanya dan lampu LED Flash terletak di bagian tengah atas ponsel, tepat di atas logo Nokia. Dibagian depan, tepatnya diatas layar, terdapat lubang speaker serta sebuah kamera.

Adapun layar yang diusung oleh Nokia 1 ini, diadopsi dari layar IPS LCD capacitive touchscreen dengan kedalaman 16 juta warna berukuran 4.5 inci. Kecerahan layarnya tampak begitu detail dan terang karena mempunyai kepadatan piksel per inci (ppi) mencapai 281 dan didukung oleh rasio 16:9. Perpaduan spek layar yang diusungnya ini akan memberikan kepuasan kepada penggunanya ketika sedang mengoperasikannya dan menyuguhkan konten multimedia dengan tampilan visual yang berkualitas.

Performa Gesit dan Responsive - Seperti yang sudah disebutkan di awal tadi, untuk memaksimalkan kinerja HP Android Nokia 1 ini, Nokia membekalinya dengan sistem operasi Android Oreo 8.0 Edisi Go dengan aplikasi versi ringan. Sementara dukungan penunjang untuk mengoptimalkan performa Nokia 1, dibekali dengan prosessor Quad core dan RAM berkapasitas 1 GB.

Perpaduan antara sofware dan hardware tersebut di atas, menghasilakan kinerja gesit, cepat, responsive dan dapat memberikan kepuasan tersendiri bagi para penggunanya. Di sisi lain, ponsel Nokia 1 juga dibekali dengan penyimpanan internal sebesar 8GB dengan pilihan ekspansi melalui slot SD Card yang menggunakan slot SIM 2 atau hybrid.

Kamera Dengan LED Flash - Berbekal kamera utama 5 MP dan kamera selfie 2 MP, mungkin akan menjadi salah satu kekurangan yang dimiliki oleh Nokia 1 ini, karena pada rentan harga Rp 1,3 jutaan terasa sangat tidak pas. Terlebih lagi jika dibandikang dengan ponsel merk lain, misalnya Samsung Galaxy J2 Pro yang mengusung kamera utama 8MP dan kamera depan 5MP, tentu akan menjadi polemik tersendiri bagi para calon pembelinya. Terlebih lagi Samsung Galaxy J2 Pro hanya dibanderol sedikit lebih murah dibandingkan Nokia 1, yakni sekitar Rp 1,2 jutaan saja.

Meski demikian, kualitas sebuah kamera tidak selamanya ditentukan dari besar kecilnya sensor yang dimiliki. Semuanya perlu pembuktian atas kualitas gambar dan video yang dihasilkan. Meskipun memiliki kamera resolusi standar bahkan tegolong rendah, kamera utama Nokia 1 dibekali fitur LED flash. Fitur yang akan sangat membantu penggunanya dalam hal fotografi di tempat yang minim cahaya.

Baterai Tahan Hingga Puluhan Jam - Nokia 1 kabarnya akan dibekali sebuah baterai yang berkapasitas jumbo 3000 mAh, yang dinilai mampu bertahan hingga puluhan jam dalam penggunaannya. Kapasitas penampung daya besar inilah yang akan menopang segala aktivitas yang berjalan pada smartphone Nokia ini, baik untuk berselancar di dunia maya, bermain game, nonton video, memutar musik, menelepon, merekam video dan lain sebagainya.

Baterainya ini terbuat dari teknologi Li-Ion dan bersifat removable atau bisa dilepas oleh penggunanya dengan sangat mudah. Cukup buka penutup belakang perangkat kemudian baterainya bisa langsung dilepas. Jadi, apabila terjadi masalah atau baterai mengalami keruasakan, penggunanya bisa langsung membuka dan menggantinya dengan yang baru.

Konektivitas dan Fitur Lainnya - Dukungan slot dual kartu SIM jenis Nano yang terdapat di dalam HP Nokia 1 semakin memberikan banyak pilihan untuk penggunaan dua kartu sekaligus. Terlebih lagi sudah mendukung jaringan internet berbasis 4G LTE dengan kecepatan download hingga 150 Mbps dan Upload 50 Mbps. Kedua kartu SIM tersebut bisa diaktifkan secara bersamaan, akan tetapi ketika anda sebagai pengguna memilih menambah kartu memori eksternal, maka anda hanya bisa mengaktifkan 1 sim saja. Karena slot kedua dari kartu SIM ini bersifat hybrid atau menyatu dengan slot SD Card.

Selain itu, terdapat pula konektivitas dan fitur lainnya yang juga disematkan didalamnya, seperti Wi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot, bluetooth, GPS, FM Radio, sensor accelerometer, pemutar MP3, pemutar video MP4/H.264 player, browser HTML 5, Photo/video editor, Document viewer dan lain sebagainya.

Harga Terbaru Nokia 1 Android Go dan Spesifikasi Lengkap


Smartphone Android Nokia 1 telah menjadi salah satu bagian dari Program OS terbaru google ini dan telah diluncurkan pada bulan Maret 2018 lalu. Nokia 1 Android memliki banderol harga yang cukup murah, yaitu berada pada kisaran harga 80 Euro atau setara dengan Rp 1,3 jutaan. Lalu, spesifikasi dan fitur apa saja yang dibawah oleh pendatang baru Nokia ini? Berikut ulasan singkatnya.
UMUM
HargaRp 1,3 juta
StatusRilis
Tahun RilisFebruari 2018
JARINGAN
TeknologiGSM / HSPA / LTE
SIMMicro / Nano Dual SIM
Koneksi4G / 3G / 2G / GPRS / Edge
KecepatanHSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE 150/50 Mbps
DESAIN
Dimensi133 x 68 x 9 mm
Berat-
BuildRangka aluminium, belakang plastik
WarnaHitam
LAYAR
JenisIPS LCD, layar sentuh kapasitif 16 juta warna
Ukuran4.5 inci
Resolusi480 x 854 piksel
Rasio16:9
Densitas281 ppi
PLATFORM
OSAndroid 8.1 Oreo (Edisi Go)
ChipsetMediatek MT6737M
CPUQuad-core 1.1 GHz Cortex-A53
GPUMali-T720
RAM1 GB
PENYIMPANAN
Internal8 GB
EkspansiYa, MicroSD hingga 128GB (Hybrid slot SIM 2)
KAMERA UTAMA
Sensor5 MP
LED FlashYa
FiturGeo-tagging
Video480p
KAMERA DEPAN
Depan2 MP
LED FlashTidak
KONEKTIVITAS
Wi-Fi802.11 b/g/n, hotspot
Bluetooth4.0
USBMicroUSB 2.0
RadioFM radio
PenandaGPS, A-GPS
BATERAI
JenisRemovable Li-Ion
Kapasitas3000 mAh
Pengisian CepatTidak
Stand-byHingga 360 jam (3G)
Talk TimeHingga 9 jam (3G)
Music PlayerHingga 53 jam
FITUR
KeamananPola, PIN, Password
SensorAccelerometer, proximity
Multimedia PlayerAudio: MP3 player
Video: H.264 player
Audio3.5mm jack
Loudspeaker
LainnyaBrowser HTML5
Photo/video editor
Document viewer
Xpress-on back covers
Disclaimer: Kami tidak menjamin bahwa informasi pada halaman ini 100% benar. Selengkapnya.
Open Comments