advertisement
AndroLite.com - Xiaomi Redmi 5+ (Plus) merupakan sebuah smartphone berkategori Mid-End besutan perusahaan asal Tiongkok, yakni Xiaomi yang resmi diluncukran pada akhir Tahun 2017 bersamaan dengan Xiaomi Redmi 5 dan Redmi 5A. Xiaomi Redmi 5 Plus hadir dengan mengusung layar berbingkai tipis "FullView" dengan aspek rasio 18:9.

Selain itu, ponsel ini juga dilengkapi fitur fingerprint (sensor pindai sidik jari), memiliki tombol sentuh kapasitif lessbezel, baterai berkapasitas jumbo yang bisa menopang semua aktivitas pengguna, performa luar biasa karena menggunakan hardware dan software terbaru dan berkualitas, dan spesifikasi unggulan lainnya. Smartphone ini hadir dalam 2 versi, yakni 3GB RAM / 32GB ROM dan 4GB RAM / 64GB ROM.

Spesifikasi Xiaomi Redmi 5 Plus (Redmi 5+)


UMUM
BrandXiaomi
ModelRedmi 5+
StatusRilis, Tersedia di Indonesia
Tahun RilisDesember 2017
JARINGAN
SIMHybrid Nano Dual SIM
TeknologiGSM / CDMA / HSPA / LTE
Koneksi4G / 3G / 2G / GPRS / Edge
KecepatanHSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE
DESAIN
Dimensi158.5 x 75.5 x 8.1 mm
Berat180 gram
BahanDepan Kaca, Bodi Aluminium
WarnaHitam, Gold, Biru, Pink
LAYAR
JenisIPS LCD, layar sentuh kapasitif 16 juta warna
Ukuran5.99 inci
Resolusi1080 x 2160 piksel (Full HD+)
Rasio18:9 (Fullview)
Densitas403 ppi
PerlindunganCorning Gorilla Glass (Versi tidak spesifik)
PLATFORM
OSAndroid Nougat v7.1.2 (MIUI 9.5)
ChipsetQualcomm Snapdragon 625
CPUOcta-core 2.0 GHz Cortex-A53
GPUAdreno 506
RAM3GB / 4GB
PENYIMPANAN
Internal32GB / 64GB
EkspansiYa, microSD hingga 128 GB
KAMERA UTAMA
Resolusi12 MP
Lensaf/2.2, 1.25 μm
LED FlashYa, Dual-LED dual-tone flash
Video1920 x 1080 piksel, 30fps
FiturPhase detection autofocus, Geo-Tagging, Sentuh Fokus, Deteksi Wajah/senyum, HDR, Panorama
KAMERA DEPAN
Resolusi5 MP
Lensa-
LED FlashTidak
VideoHD 1920 x 1080 piksel
KONEKTIVITAS
Wi-Fi802.11, Direct, hotspot
Bluetooth4.2
USBMicroUSB 2.0
RadioFM radio
PenandaGPS, A-GPS, GLONASS, BDS
BATERAI
JenisNon-removable Li-Po
Kapasitas4000 mAh
Pengisian CepatYa, 5V/2A
FITUR
KeamananFingerprint (belakang ponsel)
SensorAccelerometer, Gyroscope, Proximity, Compass
3.5mm jackYa, dengan pembatalan bising aktif dengan mic khusus
LoudspeakerYa
Pemutar MusikMP3/WAV/eAAC+/FLAC player
Pemutar VideoDivX/Xvid/MP4/H.265 player
LainnyaBrowser HTML5
Photo/video editor
Document viewer
Disclaimer: Kami tidak menjamin bahwa informasi pada halaman ini 100% benar. Selengkapnya.

Review Xiaomi Redmi 5+ (Plus)


Desain Bodi - Ponsel cerdas besutan Xiaomi terbaru ini mengusung bodi berbahan full metal dan mempunyai dimensi lebih besar dibandingkan dengan saudaranya Xiaomi Redmi 5, yakni 158.5 x 75.5 x 8.1 mm dengan bobot 180 gram. Meski memiliki ukuran yang cukup besar, akan tetapi bodinya ini terlihat lebih kokoh dan elegan.

Selain itu, deretan penempatan beberapa slot dan tombol fisiknya juga tidak berbeda jauh dengan smartphone lainnya, dengan tujuan memberikan kenyamanan kepada penggunanya. Akan tetapi, satu hal yang disayangkan yakni penempatan sensor fingerprint yang letaknya di bagian belakang, tepat di bawah kamera. Padahal, kebanyakan pengguna lebih nyaman menggunakan sensor tersebut apabila berada di bagian depan.

Desain Layar - Seakan tidak ingin ketingggalan dengan smartphone trend masa kini, Xiaomi Redmi 5 Plus juga sudah mengusung layar lessbezel dan tampilan fullview (rasio 18:9). Layarnya tersebut memiliki luas bentang 5.99 inci yang diadopsi dari teknologi layar jenis IPS LCD. Selain tampilan layar yang luas dan fullview, pengguna juga disuguhkan resolusi layar Full HD 1080 x 2160 piksel dengan kerapatan piksel sebesar 403 ppi.

Xiaomi juga memberikan perlindungan Corning Gorilla Glass untuk layar milik Redmi 5 plus ini. Dengan adanya perlindungan ini, anda tidak perlu khawatir akan adanya goresan yang mungkin terjadi, sekalipun anda menyimpannya di dalam tas bersama dengan benda-benda tajam.

Platform - Meski Redmi 5 Plus hadir dengan OS Android Nougat versi 7.1.2 yang sudah mulai terasa usang, antarmuka atau user interfacenya sudah memakai MIUI 9 terbaru. User interfacenya tersebut dikatakan paling stabil, membawa fitur-fitur apik sperti intelligent assistant serta picture-to-picture mode.

Walaupun sudah menggunakan antarmuka MIU9, yang dinilai banyak orang paling stabil, akan tetapi apabila tidak ditopang dengan hardware yang mempuni, maka akan terasa sia-sia juga. Untuk itu Xiaomi Redmi 5+ dibekali dengan CPU Octa-Core yang di dalamnya terdapat chipset dari Qualcomm Snapdragon 625 Cortex-A53 dan memiliki kecepatan sebesar 2.0 GHz.

Selain itu, ponsel ini juga memiliki RAM berkapasitas luas 3GB atau 4GB, yang akan sangat membantu prosessor untuk mengolah data. Kecepatan sebuah smartphone juga ditentukan oleh besar kecilnya kapasitas sebuah RAM. Semakin besar RAM, maka performa sebuah smartphone juga akan meningkat, begitupun sebaliknya. Untuk itu, sebelum membeli sebuah perangkat android baru, anda harus memperhatikan kapasitas RAM yang ia gunakan.

Untuk pengolah grafisnya, Xiaomi menamamkan GPU Adreno 506, yang dinilai mampu memberikan tampilan visual dengan sangat baik, jernih dan detail. Perpaduan antara sistem operasi dan hardware yang ia gunakan ini, menghasilkan kinerja yang luar biasa. Pengoperasiannya terasa sangat smooth, memiliki respon cepat dan mampu melakukan multitasking dengan sangat baik.
Penyimpanan - Ponsel ini hadir dengan 2 varian. Pertama memiliki kapasitas penyimpanan internal sebesar 32 GB dan kedua 64 GB. Keduanya dilengkapi slot yang bisa digunakan untuk melakukan ekspansi hingga 128 GB melali kartu memori eksternal berjenis Micro (Micro SD Card). Jadi anda tidak perlu khawatir apabila merasa bahwa penyimpanan internalnya tersebut masih kurang.

Sekedar informasi, penyimpanan internal sebuah smartphone tidak semuanya bisa pengguna gunakan untuk menyimpan data. Karena penyimpanan tersebut terbagi kedalam 2 bagian, yakni sebagian untuk sistem dan sisanya untuk menyimpan file. Selain itu, penyimpanan internal juga memiliki pengaruh terhadap kinerja perangkat. Jika memori internal penuh, maka kecepatan ponsel akan menurun, untuk itu carilah ponsel yang memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup lumayan besar.

Kamera - Untuk urusan fotografi, Xiaomi Redmi 5+ dibekali kamera yang bisa dikatakan standar. Dimana kamera utamanya hanya beresolusi 12 MP dengan lensa f/2.2 dan 5 MP untuk kamera selfienya. Walau demikian, kemampuan kamera utamanya ini mampu menghasilkan foto resolusi tinggi dan jerih, serta dapat merekam video Full HD 1920 x 1080 pada kecepatan 30@fps.

Untuk membantu kamera tersebut saat proses pengambilan gambar atau video, dilengkapi pula fitur lainnya seperti Lampu kilat (LED Flash), PDAF Auto-fokus, Geo-Tagging, Sentuh Fokus, Deteksi Wajah/senyum, HDR, Panorama.
Baterai - Selain CPU, chipset, RAM dan kamera, anda juga harus mempertimbangkan hal ini sebelum membeli sebuah ponsel baru. Apakah itu? Yaitu baterai. Iya, baterai adalah suatu hal yang harus anda perhitungkan, karena semakin besar daya tampung baterai, maka penggunaannya pun juga akan tahan lama. Akan tetapi, didalam bodi Xiaomi Redmi 5 Plus tertanam sebuah baterai berteknologi Li-Po yang mampu menampung daya sebesar 4000 mAh.

Tidak hanya berkapasitas jumbo, Baterai Redmi 5 Plus juga sudah mendukung fitur pengisian super cepat (fastchrging) 5 Volt / 2A. Namun sayangnya, baterai ini tidak bisa dilepas oleh penggunanya atau dengan kata lain Non-Removable.

Konektivitas - Xiaomi Redmi 5+ (Plus) dilengkapi beberapa konektivitas seperti Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot, bluetooth, radio fm, GPS, slot Micro USB 2.0 dan memiliki dua buah slot untuk kartu SIM berjenis Nano, serta memiliki slot penyimpanan ekternal dengan slot khusus.

Sensor dan Fitur - Beberapa sensor lain disematkan kedalam ponsel ini seperti sensor pindai sidik jari yang letaknya di bagian belakang ponsel (di bawah kamera), sensor Accelerometer, gyroscope, proximity dan kompas. Adapun Fitur-fitur unggulan lainnya smart assistant, system optimizations, smart app launcher, lock screen shortcut, split-screen mulitasking serta beragam fitur lainnya.

Harga Terbaru Xiaomi Redmi 5+ (Redmi 5 Plus)


Foto: mi.com
Di Indonesia, Xiaomi Redmi 5 Plus hadir dalam 2 varian, yakni RAM 4GB dipadukan internal storage 64GB dan RAM 3GB dipadukan penyimpanan internal 32GB. Untuk harga terbaru, khususnya periode bulan ini bisa kalian lihat pada daftar berikut.
BulanHargaRAM + Storage
Oktober 2018Rp 2 juta3GB + 32GB
Rp 2,5 juta4GB + 64GB
September 2018Rp 2,1 juta3GB + 32GB
Rp 2,6 juta4GB + 64GB
Disclaimer : Harga Xiaomi Redmi Note 5 tersebut di atas, kemungkinan besar berbeda dari harga yang ada di tempat kalian, tetapi tidak akan jauh beda dan harga tersebut kami rangkum dari berbagai situs jual beli online ternama yang ada di Indonesia.
Open Comments