advertisement
AndroLite.com - Akhir tahun 2017 lalu, menjadi ajang bagi Xiaomi, Perusahaan asal Tiongkok dengan merilis 3 smartphone sekaligus. Diantaranya Xiaomi Redmi 5, Redmi 5 Plus dan Xiaomi Redmi 5A. Sekilas, ketiganya hampir memiliki desain yang sama, akan tetapi spesifikasi yang diusungnya berbeda-beda, begitupun dengan banderol harganya.

Pada kesempatan kali ini, kita hanya akan fokus untuk megulas tentang Ponsel Cerdas Xiaomi Redmi 5 saja. Jika anda berminat untuk mengetahui spesifikasi dan harga terbaru dan ingin membandingkan antara ketiganya, anda bisa melihatnya di Xiaomi Redmi 5A dan Xiaomi Redmi 5 Plus.

Ponsel Xiaomi Redmi 5 hadir dengan mengusung spesifikasi dan fitur yang mempuni dan berkelas. Smartphone ini merupakan ponsel kelas Mid-End yang diperuntukan untuk kelas menengah kebawah dengan banderol harga yang cukup murah, yakni sekitar Rp 1,6 jutaan hingga Rp 2 juta. Lalu, apa saja spesifikasi dan fitur yang ada pada smartphone Xiaomi Redmi 5 ini? Berikut ulasan singkatnya.

Spesifikasi Xiaomi Redmi 5


UMUM
BrandXiaomi
ModelRedmi
StatusRilis, tersedia di Indonesia
Tahun RilisDesember 2017
JARINGAN
TeknologiGSM / CDMA / HSPA / LTE
SIMHybrid Nano Dual SIM
Koneksi4G / 3G / 2G / GPRS / Edge
KecepatanHSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE
DESAIN
Dimensi151.8 x 72.8 x 7.7 mm
Berat157 gram
BahanDepan Kaca, Bodi Aluminium
WarnaHitam, Gold, Biru, Pink
LAYAR
JenisIPS LCD, layar sentuh kapasitif 16 juta warna
Ukuran5.7 inci
Resolusi720 x 1280 piksel
Rasio18:9 (Fullview)
Densitas282 ppi
PerlindunganCorning Gorilla Glass(Versi tidak spesifik)
PLATFORM
OSAndroid Nougat v7.1.2 (MIUI 9.0)
ChipsetQualcomm Snapdragon 450
CPUOcta-core 1.8 GHz Cortex-A53
GPUAdreno 506
RAM2 GB
PENYIMPANAN
Internal16GB / 32GB
EkspansiYa, microSD hingga 128GB
KAMERA UTAMA
Resolusi12 MP
Lensaf/2.2, 1.25 μm
LED FlashYa
Video1920 x 1080 piksel, 30fps
Auto FokusYa, fase deteksi autofocus
FiturGeo-Tagging, Sentuh Fokus, Deteksi Wajah/senyum, HDR, Panorama
KAMERA DEPAN
Resolusi5 MP
Lensa-
Video1920 x 1080 piksel
LED FlashTidak
KONEKTIVITAS
WLANWi-Fi 802.11, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth4.1
USBMicroUSB 2.0
RadioFM radio
GPSA-GPS, GLONASS, BDS
BATERAI
JenisNon-removable Li-Po
Kapasitas3300 mAh
Pengisian CepatYa, 5V/2A
FITUR
KeamananFingerprint (belakang ponsel)
SensorAccelerometer, Gyroscope, Compass, Proximity
3.5mm jackYa, dengan pembatalan bising aktif dengan mic khusus
LoudspeakerYa
Pemutar MusikMP3/WAV/eAAC+/FLAC player
Pemutar VideoXvid/MP4/H.265 player
LainnyaBrowser HTML5
Photo/video editor
Document viewer
Disclaimer: Kami tidak menjamin bahwa informasi pada halaman ini 100% benar. Selengkapnya.

Review Singkat Spesifikasi Xiaomi Redmi 5

Jaringan - Xiaomi Redmi 5 dilengkapi dengan teknologi yang sudah mendukung koneksi internet berbasis 4G LTE, 3G dan 2G. Ponsel ini juga dilengkapi dengan 2 buah slot kartu SIM jenis nano, dimana keduanya bisa diaktifkan secara bersamaan. Salah satu slot SIMnya ini, menyatu dengan Slot SD Card atau hybrid. Selain mendukung jenis kartu GSM, juga mendukung kartu CDMA dan TD-SCDMA, sehingga anda memiliki lebih banyak pilihan lagi dalam mengatur kartu SIM jenis apa yang akan anda gunakan nantinya.

Desain Bodi - Dengan balutan bahan material aluminium, bodi HP Xiaomi Redmi 5 terlihat sangat kokoh dan tangguh. Bahan aluminium ini hampir menutupi semua bagian bodinya, terkecuali di bagian depan. Karena di bagian depan dilapisi bahan dasar yang terbuat dari kaca. Secara keseluruhan, Redmi 5 memiliki dimensi 151.8 x 72.8 x 7.7 mm dengan bobot 157 gram yang sangat nyaman apabila berada di genggaman.
Desain Layar - Sekarang ini, hampir semua produsen mendesain smartphone mereka dengan tampilan layar Lessbazel, bagitupun yang dilakukan Xiaomi terhadap produk terbaru mereka ini. Jika diperhatikan secara sepintas, Redmi 5 hampir didominasi oleh layar. Adapun layar yang diusungnya adalah dari teknologi layar IPS LCD dengan bentang layar berukuran 5.7 inci dan dilindungi oleh anti gores Corning Gorilla Glass. Salah satu yang menyita perhatian dari ponsel ini, yakni mengusung resolusi HD 720 x 1440 dengan aspek rasio 18:9. Sekali lagi, hal ini dilakukan Xiaomi untuk mengikuti trend masa kini.

Platform - Untuk mewujudkan sebuah smartphone dengan performa / kinerja yang gahar, Xiaomi Redmi 5 mengusung spesifikasi hardware dan software yang mempuni. Ponsel ini berjalan pada sistem operasi Android Nougat versi 7.1.2 dengan tampilan custom user interface (UI) MIUI 9.0. Sistem opeasinya ini didukung secara penuh oleh CPU Cortex-A53 8 inti (Octa-core) yang didalamnya terdapat chipset dari Qualcomm Snapdragon 450 yang mampu mengolah data berkecepatan 1.8 GHz.

Dukungan penuh juga diberikan oleh RAM berkapasitas 2GB / 3GB, sehingga semakin meningkatkan kinerja dari smartphone ini. Di sisi lain, agar menghasilkan visual yang jernih dan nyaman di mata, Redmi 5 menggunakan pengolah grafis (GPU) dari Adreno 506. Dengan perpaduan ini, anda akan dimanjakan dengan kualitas visual dan kinerja yang handal, tanpa adanya lag yang berarti. Anda bisa melakukan apa saja melalui ponsel ini, mulai dari melakukan kegiatan multitasking, bermain game, menonton video, berselancar di dunia maya dan lain sebagainya.
Penyimpanan - Salah satu yang juga menjadi pendukung agar kinerja, adalah pada bagian penyimpanan, baik itu penyimpanan internal maupun eksternal. Nah, Xiaomi Redmi 5 ini mempunyai kapasitas penyimpanan yang cukup lumayan besar, yakni 16 GB / 32 GB serta masih bisa diekspansi hingga 128 GB melalui slot kartu memori (Micro SD Card). Jadi anda tidak perlu khawatir lagi apabila ingin menyimpan banyak file di dalam smartphone ini.

Kamera - Xiaomi Redmi 5 mengusung kamera utama beresolusi 12 Megapiksel dengan lensa f/2.2, dilengkapi dengan fitur autofokus dan LED flash yang akan sangat membantu anda dalam pengambilan video atau gambar di tempat yang minim cahaya. Kamera utama ini mampu mengambil gambar dengan resolusi tinggi dan video resoulusi Full HD 1920 x 1080 pada 30 frame rate per second. Disisi lain, beberapa fitur sofware juga di ditambahkan untuk membantu anda dalam memaksimalkan penggunaan kamera utama ini, diantaranya terdapat fitur Geo-Tagging, Sentuh Fokus, Deteksi Wajah/senyum, HDR, Panorama.

Lanjut ke kamera selfienya. Salah satu yang mungkin menjadi kekurangan Xiaomi Redmi 5 adalah pada bagian kamera selfienya, dimana ia hanya mengusung resolusi standar, yaitu 5 Megapiksel saja. Padahal sekarang ini, masyarakat lebih banyak menggunakan kamera depan ketimbang kamera belakang. Akan tetapi, meski memiliki resolusi kamera standar, kemampuannya dalam merekam video mencapai resolusi Full HD 1920 x 1080 piksel.
Sensor - Seperti smartphone lainnya yang sudah banyak menggunakan teknologi pengamanan sensor pindai sidik jari (fingerprint), Redmi 5 juga menggunakan teknologi tersebut. Hanya saja, letak dari sensor ini mungkin tidak terlalu nyaman untuk digunakan dan harus merubah posisi jari ketika akan membuka kunci layar smartphone, karena berada di bagian belakang, tepatnya di bawah kamera utama. Adapun sensor lain yang juga ikut ditanamkan adalah accelerometer, gyro, proximity dan compass.

Baterai - Xiaomi Redmi 5 menggunakan jenis baterai Li-Po yang memiliki kapasitas penyimpanan daya sebesar 3300 mAh. Baterai tersebut tertanam dalam bodi (non-removable by user) dan sudah mendukung teknologi pengisian super cepat (fast charging) dengan sumber daya 5V/2A.

Konektivitas - Untuk urusan konektivitas, Xiaomi Redmi 5 dilengkapi dengan WLAN seperti Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot, bluetooth, GPS, Radio FM, infra merah dan port microUSB 2.0. Adapun spesifikasi lengkap beserta harga terbaru HP Xiaomi Redmi 5, bisa anda lihat pada tabel spesifikasi berikut ini.

Harga Terbaru Xiaomi Redmi 5

Jika dibandingkan harga perdana saat pertama kali Xiaomi Redmi 5 dengan harga sekarang, ponsel ini telah banyak mengalami penurunan, meskipun tidak terlalu jauh berbeda. Dan mengenai harga terbaru Redmi 5, bisa kalian lihat pada daftar di bawa ini.
BulanHargaRAM + Storage
Oktober 2018Rp 1,6 juta2GB + 16GB
Rp 1,8 juta3GB + 32GB
September 2018Rp 1,7 juta2GB + 16GB
Rp 1,9 juta3GB + 32GB
Disclaimer : Harga Xiaomi Redmi 5 tersebut di atas, kemungkinan besar berbeda dari harga yang ada di tempat kalian, tetapi tidak akan jauh beda dan harga tersebut kami rangkum dari berbagai situs jual beli online ternama yang ada di Indonesia.
Open Comments