Harga Sony Xperia XA2 Juli 2018 dan Spesifikasi Detail

advertisement
AndroLite.com - Di ajang CES 2018 Las Vegas, Amerika Serikat, Sony kembali memperkenalkan smartphone teranyar mereka untuk menyasar pasar kelas menengah yakni Sony Xperia XA2. Selain seri XA2, Sony juga memperkenalkan dua smartphone lainnya, diantaranya Xperia XA2 Ultra dan Xperia L2.

Sony Xperia XA2 hadir dengan dibekali berbagai jenis fitur dan spesifikasi unggulan, dan melakukan beberapa upgrade salah satu diantaranya dari segi prosessor. Jika dulu, beberapa seri Sony masih menggunakan prosessor Mediatek, kini Xperia XA2 ditenagai oleh prosessor Qualcomm Snapdragon 630 berkecepatan 2.2 Ghz dengan teknologi 14 nm yang memungkinkan pengolahan data lebih cepat.
Selain itu, ada beberapa spesifikasi lagi yang mengalami pembaruan, baik dari segi hardware, fitur atau bahkan softwarenya. Berikut ini ulasan singkat, harga terbaru dan spesifikasi lengkap ponsel cerdas Sony Xperia XA2.

Review Singkat Spesifikasi Sony Xperia XA2


Desain Bodi Metal dan Layar 5.2 Inci - Hadir dengan dibalut bahan aluminium, Sony tetap mempertahankan ciri khas model desain kepada hampir semua smartphone terbaru mereka, salah satunya Xperia XA2, yakni dengan tampilan bodi segi empat dan hanya terdapat sedikit lengkungan di setiap sisinya. Di bagian sisi kanan, terdapat tombol volume, power dan tombol kamera. Lalu di sisi bagian kiri terdapat slot untuk memasukkan kartu SIM dan memori eksternal.

Dibagian belakang, tampak sebuah kamera berkekuatan 23 MP dan LED Flash. Tepat di bawah kamera, yang jaraknya kira-kira sekitar 2cm, terdapat sensor pindai sidik jari (fingerprint). Penempatan sensor ini dinilai terasa sangat tepat, karena jaraknya cukup jauh dari lensa kamera, sehingga penggunanya tidak salah menyentuh antara sensor fingerprint dan kamera. Selain itu, juga nampak sebuah logo Xperia yang sedikit timbul dan akan terasa apabila diraba.

Lanjut ke bagian depan, terdapat layar yang memiliki bentang luas 5.2 inci yang diadopsi dari layar berteknologi IPS LCD, beresolusi 1080 x 1920, rasio 16:9 dan mempunyai kerapatan piksel 424 ppi. Layarnya ini tampak terlihat sangat elegan karena di sisi kiri dan kanan tampak terlihat melengkung dan hanya terdapat sedikit bezel. Agar tahan dari goresan atau benturan, layarnya juga dilengkapi dengan perlindungan Corning Gorilla Glass.

Di bagian atas layar Xperia XA2 hanya terlihat logo Sony, lubang speaker, sensor proximity dan kamera. Tidak nampak adanya LED flash. Ini menandakan bahwa kamera selfienya tidak akan mendapatkan bantuan penerenganan ketika penggunanya hendak melakukan pemotretan atau perekaman video. Dibagian bawah layarnya ini, anda tidak akan menemukan tombol apapun, semuanya tampak polos. Untuk lubang chargernya, berada di bagian bawah dan lubang audio jack terdapat di bagian atas ponsel.

Android Oreo 8.0 dan Prosessor Snapdragon - Sony melengkapi Xperia XA2 dengan prosessor Qualcomm Snapdragon 630. Pada seri XA1, jenis CPU yang digunakan masih dari Mediatek MT6757 Helio P20. Adapun kecepatan dalam melakukan transmisi data, CPU Qualcomm Snapdragon 630 mampu menghasilkan clock sebesar 2.2 GHz dan mendapatkan dukungan penuh dari RAM berkapasitas 3GB. Perpaduan antara keduanya, tentu saja akan memanjakan penggunanaya dalam melakukan berbagai kegitan, baik bermain game, streaming video, video calling atau bahkan melakukan kegiatan multitasking.

Selain itu, Xperia XA2 juga diberikan kapasitas penyimpanan internal yang lumayan besar yakni sebesar 32 GB. Kapasitas tersebut terbagi kedalam dua bagian, sebagian untuk sistem dan sisanya untuk menyimpan berbagai file seperti dokumen, foto, video, aplikasi dan lain sebagainya. Sementara itu, juga disediakan slot kartu memori apabila penggunanya ingin melakukan ekspansi dengan SD Card jenis micro, hingga kapasitas 256 GB. Sayangnya, slot tersebut menyatu dengan slot kartu SIM (hybrid). Artinya, jika memilih menambah SD Card, maka tidak bisa lagi menggunakan dual-SIM.

Untuk pengolah grafisnya sendiri, Xperia XA2 menggunakan GPU dari Adreno 510. Sony melakukan upgrade dari seri terdahulunya Xperia XA1, dimana GPU yang digunakan adalah Mali-T880MP2. Sementara untuk sistem operasinya, Xperia XA2 kini sudah berjalan pada OS seri terbaru untuk saat ini yaitu Android Oreo versi 8.0.

Kamera 23 MP dan Baterai 3300 mAh - Mungkin inilah salah satu yang paling diunggulkan dari Sony Xperia XA2, apakah itu? Jawabannya adalah kamera. Iya, kenapa dengan kameranya? Kameranya tidak ada. Maaf, maaf bercanda :D. Keunggulan dari ponsel ini adalah kamera utamanya yang beresolusi 23 Megapiksel aperture f/2.0, 24mm. Kemampuannya dalam merekam video, hingga resolusi ultra HD 2160p@30fps dan dilengkapi fitur stereo sound recorder dan HDR.

Sementara untuk membantu kamera utama saat proses pengambilan gambar dan video, dilengkapi pula fitur LED flash yang berfungsi untuk memberikan pencahayahan sehingga objek tampak lebih jelas, terlebih lagi saat penjepretan di tempat minim cahaya. Tentu akan sangat membantu. Sementara untuk kamera depan atau selfie berukuran 8 Megapiksel. Namun sayangnya, tidak ada fitur LED flash untuk membantu kamera selfie tersebut.

Selanjutnya, untuk menopang semua aktifitas yang dilakukan oleh penggunanya, Sony Xperia XA2 dibekali baterai berkapasitas 3300 mAh yang diadopsi dari teknologi Li-Ion. Baterainya ini sudah didukung pengisian super cepat teknologi Quick Charge 3.0.

Harga Sony Xperia XA2 dan Spesifikasi Lengkap

Bagi anda yang sedang mencari informasi tentang spesifikasi lengkap dan harga terbaru dari Xperia XA2, berikut ini kami sajikan untuk anda. Semoga bisa memberikan informasi tambahan sebagai bahan pertimbangan sebelum memutuskan untuk membeli sebuah smartphone baru.
UMUM
HargaRp 4.380.000,- (3GB RAM / 32GB Storage)
StatusRilis, tersedia di Indonesia
Tahun RilisJanuari 2018
JARINGAN
TeknologiGSM / HSPA / LTE
SIMNano Dual SIM (Dual standby)
Koneksi4G / 3G / 2G / GPRS / Edge
KecepatanHSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE 600/150 Mbps
DESAIN
Dimensi142 x 70 x 9.7 mm
Berat171 gram
MaterialMetal
WarnaHitam, Silver, Biru, Pink
LAYAR
JenisIPS LCD, layar sentuh kapasitif 16 juta warna
Ukuran5.2 inci
ResolusiFHD 1080 x 1920 piksel
Rasio16:9
Kerapatan Piksel424 ppi
PerlindunganCorning Gorilla Glass
PLATFORM
OSAndroid Oreo v8.0
ChipsetQualcomm Snapdragon 630
CPUOcta-core 2.2 GHz
GPUAdreno 510
RAM3 GB
PENYIMPANAN
Internal32 GB
EkspansiYa, MicroSD hingga 256 GB
KAMERA UTAMA
Resolusi23 MP
Lensaf/2.0, 24mm
LED FlashYa
Video2160p@30fps, 1080p@30fps, stereo sound recorder, HDR
FiturAutofokus, Geo-tagging, sentuh fokus, deteksi wajah/senyum, HDR, panorama
KAMERA DEPAN
Resolusi8 MP
Lensaf/2.4
LED FlashYa
Video1080p@30fps
KONEKTIVITAS
Wi-Fi802.11, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth5.0
USBUSB 2.0, Type-C 1.0 konektor reversibel, USB Host
RadioFM radio
GPSA-GPS, GLONASS
NFCYa
BATERAI
JenisNon-removable Li-Ion
Kapasitas3300 mAh
Pengisian CepatYa, Quick Charge 3.0
FITUR
KeamananFingerprint (belakang ponsel)
SensorAccelerometer, compass, proximity
3.5mm jackYa, dengan pembatalan bising aktif dengan mikrofon khusus
LoudspeakerYa
Pemutar MusikMP3/eAAC+/WAV/Flac
Pemutar VideoXvid/MP4/H.265
LainnyaBrowser HTML5
Photo/video editor
Document viewer
Disclaimer: Kami tidak menjamin bahwa informasi pada halaman ini 100% benar. Selengkapnya.
Open Comments