advertisement
AndroLite.com - Samsung Galaxy J2 Prime merupakan sebuah smartphone entry-level atau kelas bawah yang diperuntukan untuk menyasar pasar gadget kelas bawah. Ponsel ini memiliki banderol harga perdana yang cukup lumayan murah, yakni sekitar Rp 1,5 jutaan saja. J2 Prime telah mengalami beberapa peningkatan yang cukup lumayan siginfikan jika dibandingkan dengan beberapa pendahulunya, misalnya peningkatan di sektor kamera, layar, sistem operasi dan lainnya.

Sekarang pertanyaannya, apakah harga pada rentan Rp 1,5 jutaan memang layak untuk disematkan pada produk terbaru Samsung ini? Dan apa saja spesifikasi yang diusungnya? Mari kita ulas secara singkat tentang Samsung Galaxy J2 Prime ini.

Review Singkat Spesifikasi Samsung Galaxy J2 Prime


Jaringan - Samsung Galaxy J2 Prime hadir dalam dual SIM, tentu mempermudah Anda dalam pemakaian operator seluler yang berbeda nantinya. Salah satu slot SIM tersebut berbentuk Hybrid. Artinya, jika anda memilih menggunakan dual SIM, maka anda tidak bisa menambahkan kartu SD Card. Dari SIM ini, anda sudah dapat menikmat koneksi seluler tercepat untul saat ini yaitu 4G LTE dengan kecepatan Download hingga 150 Mbps dan Upload 50 Mbps di jaringan 4G LTE kategori 4.

Jenis koneksi 4G LTE ini keberadaanya memang belum merata di semua wilayah di Indonesia. Tapi tidak perlu khawatir karena dalam hal ini Samsung Galaxy J2 Prime sangat lengkap karena telah menghadirkan jaringan 2G ataupun 3G HSDPA dengan kecepatan download 42.2 Mbps / upload 5.76 Mbps koneksi HSPA. Kemudian, dilengkapi pula dengan konektifitas tambahan seperti wifi, bluetooh, dan USB.

Desain Bodi - Desain bodi milik Samsung Galaxy J2 Prime ini memang tidak beda jauh dengan pendahulunya yaitu Samsung Galaxy J2. Bedanya, ukuran layar milik Samsung Galaxy J2 Prime lebih besar dengan mengusung 5.0 inci dengan bahan Capacitive Touchscreen berdimensi 144.8 x 72.1 x 8.9 mm dan berat 160 gram. Smartphone dengan bodi berbahan material plastik ini, tersedia dalam warna hitam, emas, silver dan merah muda.

Layar - Ukuran layar pada Smartphone ini bisa dibilang sangat luas dengan dimensi 5.0 inch dan jenis layarnya PLS TFT. Namun dangat disayangkan, dengan layar yang sangat luas, belum diimbangi dengan layar HD karena hanya mempunyai resolusi 540 x 960 piksel berasio 16:9 dengan kerapatan piksel 220ppi. Namun pada kerapatan layar dan resolusinya, belum terbilang ideal karena hanya beresolusi 540 x 960 pixels dengan 220 ppi. Jadi tentu saja kejernihan layar masih terasa kurang dan terbatas.

Platform - Sistem operasi Android Marshmallow v 6.0 membuat kemampuan pada Smartphone ini sudah lebih baik. Diperkuat dengan adanya prosessor Quad-core (4 inti) dengan kecepatan pengolah data 1.4 GHz Cortex-A53 serta dimotori oleh chipset MediaTek MT6737T yang berbasis komputasi 64 bit. Mempunyai RAM sebesar 1.5 GB dengan dilengkapi pengolahan grafis yaitu GPU Mali-T720MP2. Kemampuan Smartphone ini dalam pengolahan data menjadi lebih cepat dan juga responsif berkat kapasitas RAM dan Prosessornya. Memang kapasitas RAMnya sedikit tanggung, namun hal ini akan tetap berpengaruh terhadap kinerja ponsel ketika menjalankan setiap aplikasi di dalamnya.

Penyimpanan - Sayangnya memori internalnya, bisa dibilang terlalu kecil karena hanya berkapasitas 8 GB saja. Tentu ini masih sangat kurang, mengingat OS yang digunakan sudah Android Marshmallow yang mempunyai segudang aplikasi system berkapsitas tinggi.

Tetapi, untuk menampung beberapa file lain, disediakan slot khusus microSD yang bisa diekspansi hingga kapasitas 256 GB. Tapi dengan catatan, slotnya berupa hybrid yang menyatu dengan kartu SIM dan ketika anda menambahkan kartu memori, maka anda tidak bisa mengaktifkan dual SIM.

Kamera Utama - Di bagian bodi belakang, Samsung Galaxy J2 Prime membawa kamera dengan resolusi 8 MP, lensa (aperture) f/2.2 dan lebih komplit dengan adanya LED Flash. Di dalamnya juga masih tersedia fitur tambahan seperti fitur kamera autofokus, geo-tagging, sentuh fokus, deteksi wajah/senyuman. Kemampuan dalam perekaman video HD mencapai 1280 x 720 piksel @30fps.

Kamera Selfie - Sedangkan untuk kamera selfie, Samsung Galaxy J2 Prime dibelaki dengan kamera berukuran sensor 5 MP lensa (aperture) f/2.2. Semakin lengkap dan menambah poin plus pada kamera depannya karena tidak lupa LED Flash juga telah tersemat di sana. Untuk kemampuan perekaman video HD mencapai 1280 x 720 piksel. Masih belum cukup, Samsung juga memberikan fitur autofokus pada Smarphone ini, yang tentunya akan memperindah dan mempertajam objek yang Anda kehendaki.

Daya Baterai - Kapasitas baterai juga bisa dikatakan cukup pas dengan angka 2600 mAh berjenis Li-Ion Removable yang belum mendukung fitur fast charging. Untuk segala aktivitas browsing intetnet, diketahui Smartphone ini mampu bertahan hingga hampir 9 jam dan Waktu bicara 12 jam pada koneksi menggunakan 3G. Dan untuk menemani waktu santai Anda dengan memutar musik, Smartphone ini memberikan waktu bertahan hingga 59 jam.

Konektivitas dan Sensor - Smartphone ini semakin mempermudah keperluan transfer data berupa file dengan adamya Wi-Fi 802.11 b/g/n dan Bluetooth. Dan untuk transfer data berupa koneksi internet, Smartphone ini tentunya sudah dilengkapi hotspot. Masih pula disempurnakan dengan firur Radio FM, microUSB 2.0, dan USB On-The-Go. Selain itu smartphone ini juga sudah dilengkapi sensor lain berupa accelerometer, proximity dan compass.

Harga Terbaru Samsung Galaxy J2 Prime dan Spesifikasi Lengkap

Sejak pertama kali diluncurkan hingga saat ini, harga Samsung J2 Prime terus mengalami penurunan. Adapun harga terbaru HP J2 Prime untuk periode Bulan Agustus 2018, bisa kalian lihat pada daftar spesifikasi di bawah ini.
UMUM
HargaRp 1.390.000,- (1.5GB RAM / 8GB ROM)
StatusRilis, Tersedia di Indonesia
Tahun RilisNovember 2016
JARINGAN
SIMHybrid Nano Dual SIM (dual stand-by)
TeknologiGSM / HSPA / LTE
Koneksi4G / 3G / 2G / GPRS / Edge
KecepatanHSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE 150/50 Mbps
DESAIN
Dimensi144.8 x 72.1 x 8.9 mm
Berat160 gram
BahanBodi plastik
WarnaHitam, Emas, Silver, Pink
LAYAR
JenisPLS TFT, layar sentuh kapasitif 16 juta warna
Ukuran5.0 inci
Resolusi540 x 960 piksel
Rasio16:9
Densitas220 ppi
MultitouchYa
PLATFORM
OSAndroid Marshmallow 6.0.1
ChipsetMediatek MT6737T
CPUQuad-core 1.4 GHz Cortex-A53
GPUMali-T720MP2
RAM1.5 GB
PENYIMPANAN
Internal8 GB
EkspansiYa, MicroSD hingga 256 GB (Hybrid slot)
KAMERA UTAMA
Resolusi8 Megapiksel
Lensaf/2.2
LED FlashYa
Video720p@30fps
FiturAutofokus, Geo-tagging, sentuh fokus, deteksi wajah/senyuman
KAMERA DEPAN
Resolusi5 Megapiksel
Lensaf/2.2
LED FlashTidak
Video1280 x 720 piksel
KONEKTIVITAS
Wi-Fi802.11 b/g/n, Direct, hotspot
Bluetooth4.2, A2DP, LE
USBMicroUSB 2.0, USB On-The-Go
RadioFM radio, RDS, recording
PositioningGPS, A-GPS, GLONASS
BATERAI
JenisLi-Ion
Kapasitas2600 mAh
RemovableYa
Pengisian CepatTidak
Talk TimeHingga 12 jam (3G)
Video PlayerHingga 59 Jam
FITUR
KeamananPola, Pin, Password
SensorAccelerometer, proximity
3.5mm jackYa
LoudspeakerYa
Pemutar MusikMP3/WAV/eAAC+/FLAC
Pemutar VideoMP4/H.264
LainnyaBrowser HTML5
Photo/video editor
Document viewer
Disclaimer: Kami tidak menjamin bahwa informasi pada halaman ini 100% benar. Selengkapnya.

Kelebihan Samsung Galaxy J2 Prime

  • Harga yang terjangkau, memberikan keuntungan berupa desain yang menarik.
  • Untuk kebutuhan internetnya, 4G LTE telah siap digunakan dalam memberikan pelayanan browsing cepat kepada Pemakai Smartphone ini.
  • Sedangkan untuk daerah yang belum ternangkau 4G, masih disediakan jaringan 3G HSDPA dan 2G GPRS untuk mengakses internet.
  • Dilengkapi dengan adanya Dual slot SIM Card Stanby, yang memungkinkan untuk menggunakan SIM Card berbeda operator.
  • Mengusung layar dengan ukuran 5,0 inci sehingga cukup nyaman dioperasikan dengan satu tangan.
  • Teknologi panel layar PLS LCD yang akan menyuguhkan pemandangan luas di segala sisi.
  • Sudah menjalankan OS Android terbaru Marsmallow dan dengan balutan antarmuka Grace UX yang tentunya banyak sekali menawarkan aplikasi dan fitur-fitur menarik.
  • Keunggulan hadwarenya adalah sudah ditenagai dengan chipset MediaTek MT6737T, Quad Core 1.4 Ghz Cortex-A53 untuk kinerja lebih bagus.
  • Didukung dengan RAM 1,5GB untuk kinerja multitaksing lebih responsif.
  • Hadir dengan ruang yang cukup luas, yakni memori internal 8 GB dan masih dapat diperluas dengan adanya Slot MicroSD 256 GB.
  • Untuk resolusi kamera utama sebesar 8 MP lengkap dengan fitur autofocus dan LED flash untuk kualitas foto lebih baik.
  • Resolusi kamera depannya sebesar 5 MP, lengkap dengan LED Flash untuk selfie sempurna di tempat gelap.
  • Baterai berkapasitas cukup besar 2600 mAh dan bisa dilepas.

Kekurangan Samsung Galaxy J2 Prime

  • Belum dilengkapi pelindung layar seperti Gorilla Glass.
  • Resolusi layar terbilang terlalu kecil.
  • Belum didukung adanya fitur keamanan pemindai sidik jari.
Open Comments