advertisement
AndroLite.com - Pada penghujung tahun 2017 lalu, Xiaomi kembali meluncurkan sebuah smartphone entry-level ke pasar gadget di Indonesia dengan harga yang sangat murah, yakni kurang dari Rp. 1 Juta, atau lebih tepatnya Rp. 999.000,- saja. Xiaomi Redmi 5A hadir dengan RAM 2GB dan penyimpanan internal berkapasitas 16GB.

Xiaomi berani mengklaim bahwa, Smartphone Xiaomi Redmi 5A adalah "Raja Smartphone Entry-Level". Bukan tanpa alasan Xiaomi berani mengeluarkan pernyataan seperti itu. Karena selain dibanderol harga yang sangat murah, juga mengusung spesifikasi dan fitur yang hampir setara dengan smartphone kategori Mid-End.

Misalnya saja spesifikas unggulan yang tertanam di dalam ponsel Xiaomi Redmi 5A seperti RAM seluas 2 GB, penyimpanan internal (ROM) 16 GB, CPU Cortex-A53 yang didalamnya terdapat Chipset Snapdragon 425 dengan Quad-Core (empat inti) berkecepatan 1.4 Ghz, pengolah desain grafis (GPU) Adreno 308, baterai 3000 mAh, kamera utama 13 MP dan kemera depan 5 MP.

Review Singkat Spesifikasi Xiaomi Redmi 5A


Desain Bodi - Fitur lembaran grafit pirolitik ganda di bagian belakangnya, yang telah diklaim oleh perusahaannya membuat smartphone ini menjadi lebih dingin jika dibandingkan dengan beberapa ponsel cerdas lainnya. Pada umumnya smartphone segmen bawah memang tidak memiliki desain bodi yang yang unggul, hal ini pun berlaku di Redmi 5A. Smartphone ini masih memiliki desain yang tidak berbeda dengan seri Redmi sebelumnya, hanya saja sedikit lebih ringan. Ukurannya dimensinya 140.4 x 70.1 x 8.4 mm (tinggi x lebar x ketebalan) serta beratnya berkisar 131 gram. Untuk pilihan warna ada 3, yaitu gold, rose gold, dan dark grey.

Desain layar - Layar menjadi poin penting dalam memilih smartphone, Redmi 5A mengusung layar tipe IPS LCD berukuran 5.0 inci. Meskipun memiliki ukuran layar yang agak sedikit kecil, akan tetapi tampilan layar pas untuk menikmati segala konten hiburan di smartphone. Adapun resolusi dari layar yang ia usung, beresolusi 720 x 1280 piksel, rasio 16:9 dengan kerapatan piksel sebesar 296 ppi.
Platform - Xiaomi Redmi 5A berjalan dengan basis Android 7.1.2 Nougat dengan MIUI 9. Namun untuk saat ini, belum ada kepastian resmi apakah versi ini akan diperbaharui ke dalam Android Oreo di masa yang akan datang. Untuk mendukung sistem operasi android yang ia gunakan, Xiaomi menyematkan CPU dengan chipset Qualcomm MSM8917 Snapdragon 425 yang memiliki inti Quad-core Cortex-A53 atau memiliki 4 inti dengan kecepatan 1.4 GHz.

Selain itu, untuk memaksimalkan kinerjanya, RAM berkapasitas 2 GB disematkan di dalamnya. Lalu untuk pengolah grafisnya, diserahkan sepenuhnya kepada GPU Adreno 308. GPU ini diklaim mampu menampilkan visual yang dituangkan kedalam layarnya dengan sangat baik.

Kamera - Untuk fitur kameranya, Redmi 5A dibekali kamera utama 13 megapiksel dan kamera depan (selfie) 5 megapiksel. Disertai pula oleh LED Flash, dukungan PDAF dan lensa aparatur f/2.2. Dan untuk kamera depannya yang sebesar 5MP dengan aparatur f/2.0. Kamera belakangnya juga mampu merekam video 1080p pada video 30fps dan 720p pada 30fps.

Penyimpanan - Xiaomi Redmi 5A juga merupakan perangkat dengan dual-SIM dengan slot ketiga terpisah untuk tempat kartu microSD. Ponsel ini juga ditunjang dengan penyimpanan memori internal sebesar 16 GB. Selain itu, kapasitas ini masih bisa diekspansi jika dirasa masih kurang hingga sampai 128GB melalui kartu microSD.
Baterai - Smartphone ini didukung oleh baterai berkapasitas 3000 mAh dan Xiaomi telah mengklaim dapat bertahan hingga sampai 8 hari pada waktu siaga dan pemutaran video hingga 7 jam. Adapun jenis baterai tersebut adalah Li-Ion yang tertanam rapat di dalam bodinya dan tidak bisa dilepas (Non-Removable).

Walau mungkin kapasitas baterainya tidak selama dan setangguh pendahulunya yang memiliki kapasitas lebih besar dan manajemen baterai yang juga lebih baik dari ponsel ini. Dan sangat-sangat disayangkan, untuk seri ini tidak terdapat fitur Quick Charge yang bisa membantu pengisian baterai bisa berlangsung lebih cepat dan menghemat waktu.

Konektivitas - Redmi 5A merupakan ponsel tipe dengan dual SIM dengan jenis Nano-SIM. Selain itu dilengkapi pula dengan pilihan konektivitas di antaranya termasuk WiFi, GPS, Bluetooth, Infrared, USB OTG, FM, 3G dan 4G. Sensor yang ada pada ponsel ini meliputi sensor jarak, Accelerometer dan Ambient light sensor.

Xiaomi Redmi 5A Harga dan Spesifikasi Lengkap


Saat pertama kali diluncurkan ke pasaran, Harga Xiaomi Redmi 5A sangatlah murah, yakni hanya Rp 999.000,- saja. Namun sekarang harganya mengalami peningkatan yang lumayan tinggi. Untuk mengetahui harga terbaru dan spesifikasi detail Xiaomi Redmi 5A, bisa kalian lihat pada tabel berkikut ini.
UMUM
Harga BaruRp 1,05 juta
Harga BekasRp 500 ribu
StatusRilis, Tersedia Di Indonesia
Tahun RilisDesember 2017
JARINGAN
TeknologiGSM / CDMA / HSPA / LTE
SIMNano Dual SIM
Koneksi4G / 3G / 2G / GPRS / Edge
KecepatanHSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE
DESAIN
Dimensi140.4 x 70.1 x 8.4 mm
Berat131 gram
BahanDepan kaca, rangka aluminium
WarnaEmas, Abu-Abu, Merah Emas, Biru
LAYAR
JenisIPS LCD, layar sentuh kapasitif 16 juta warna
Ukuran5.0 inci
ResolusiHD 720 x 1280 piksel
Rasio16:9
Densitas296 ppi
PLATFORM
OSAndroid Nougat v7.1.2 (MIUI 9.0)
ChipsetQualcomm Snapdragon 425 (MSM8917)
CPUQuad-core 1.4 GHz Cortex-A53
GPUAdreno 308
RAM2 GB
PENYIMPANAN
Internal16 GB
EkspansiYa, microSD hingga 128GB
KAMERA UTAMA
Resolusi13 MP
Lensaf/2.2
LED Flash-
Video1080p@30fps
FiturFase deteksi autofocus, Geo-Tagging, Sentuh Fokus, Deteksi Wajah/senyum, HDR, Panorama
KAMERA DEPAN
Resolusi5 MP
Lensaf/2.0
LED FlashTidak
Video-
KONEKTIVITAS
Wi-Fi802.11, Direct, hotspot
Bluetooth4.1
USBMicroUSB 2.0
RadioFM radio
PenandaGPS, A-GPS, GLONASS, BDS
BATERAI
JenisNon-removable Li-Ion
Kapasitas3000 mAh
Pengisian CepatTidak
FITUR
KeamananPola, PIN
SensorAccelerometer, Proximity
3.5mm jackYa, dengan pembatalan bising aktif dengan mic khusus
LoudspeakerYa
Pemutar MusikMP3/WAV/eAAC+/FLAC
Pemutar VideoXvid/MP4/H.265
LainnyaBrowser HTML5
Photo/video editor
Document viewer
Disclaimer: Kami tidak menjamin bahwa informasi pada halaman ini 100% benar. Selengkapnya.

Kelebihan Xiaomi Redmi 5A

  • Penampilan luarnya begitu mewah dan stylish, berkat penggunaan bahan material metal pada permukaan casingnya.
  • Layar seluas 5.0 inchi, yang tentunya nyaman dioprasikan dengan satu tangan, dengan tampilan jernih pula, berkat resolusi 720 x 1280 piksel.
  • Mendukung kemampuan Dual-SIM stanby, dan disuport koneksivitas jaringan tercepat untuk saat ini 4G LTE, yang melancarkan akses ke internet.
  • Sudah berjalan memakai OS Android v 7.1.2 Nougat, yang pasti menwarkan banyak aplikasi dan fitur – fitur terbaru.
  • Didukung tenaga Snapdragon 425 Quad Core berkecepatan 1.4 GHz, yang dioptimalkan dengan RAM 2 GB.
  • Memory Internalnya 16 GB, didukung slot microSD 256 GB, dan dapat menyimpan banyak data, seperti gamabar, video maupun aplikasi
  • Kamera utama 13 MP, Autofocus, plus LED flash, didukung kemampuan perekam video Full HD, yang siap mengabadikan setiap momen Anda dan keluarga.
  • Diimbangi dengan kamera depan 5 MP, untuk menunjang selfie, groofie maupun chat video.
  • Baterai berkapasitas 3000 mAh yang mampu memenuhi kebutuhan energi dayanya yang mampu bertahan lama.

Kekurangan Xiaomi Redmi 5A

  • Tidak dilengkapi dengan pelindung layar Gorilla Glass yang membuat layarnya rawan tergores.
  • Belum dibekali dengan fitur keamanan fingerprint sensor.
  • Kamera depan belum disertai LED flash / Screen flash, jadi kurang mendukung penggunaan kamera ditempat gelap atau malam hari.
  • Baterai berjenis Non-Removable / Tidak dapat dilepas, dan ini membuat sedikit repot bila HP ngeblank / eror.
  • Belum disupport dengan fitur pengisian daya cepat atau biasa dikenal dengan fast charging.
Itulah Harga Terbaru, Spesifikasi, Review Singkat, Keunggulan dan Kekurangan Xiaomi Redmi 5A. Semoga dengan adanya artikel ini, bisa memberikan informasi bagi anda sebgai bahan referensi atau sedang mencari perbandingan dengan smartphone lainnya. Terima kasih telah berkunjung, jangan lupa share artikel ini. Salam!
Open Comments