advertisement
AndroLite.com - Akhir Tahun 2017, Nokia kembali merilis sebuah smartphone super canggih dan berkualitas serta sudah berjalan pada sistem operasi Android, yakni Nokia 8. Smartphone ini merupakan smartphone kelas menengah yang dinilai akan menjadi salah satu pesaing berat bagi smartphone sekelas lainnya.

Nokia 8 hadir dengan menawarkan berbagai fitur canggih dan sangat tangguh. Fitur tersebut antara lain: Kamera utama beresolusi 13 MP (mendukung perekaman video 4K), RAM sebesar 6 GB (versi 128 GB) 4 GB (versi 64 GB), Layar lebar 5.7 inci dengan resolusi 1440 x 2560, Bodi terbuat dari bahan metal dan dilindungi Corning Gorilla Glass 5 dan beberapa fitur unggulan lainnya.

Review Singkat Spesifikasi Nokia 8


Desain Bodi - Nokia 8 hadir dengan mengusung desain bodi yang terbuat dari aluminium yang terlihat sangat kokoh dan elegan. Sebenarnya ponsel ini tidak semua bodinya terbungkus oleh materail aluminium, tetapi terdapat bahan kaca dibagaian depan dan belakang. Seluruh bodi dan layarnya dilindungi oleh perlindungan Corning Gorilla Glass versi 5 dan mengusung sertifikasi IP54 yang membuatnya tahan terhadap debu dan percikan air. Secara keseluruhan, Nokia 8 memiliki dimensi 151.5 x 73.7 x 7.9 mm dengan bobot 160 gram.

Desain Layar - Desain layar yang digunakan oleh Nokia 8 dibuat dari teknologi layar lengkung 2.5D, sehingga apabila nampak dari depan, maka akan terlihat seperti infinity display. Adapun teknologi layarnya yakni terbuat dari IPS LCD berukuran 5.3 inci dengan resolusi cukup luas 1440 x 2560, serta memiliki kerapatan piksel 554ppi. Lebih rapat dari beberapa smartphone pesaingnya sehingga menampilkan visual yang sangat halus, detail dan jernih.

Platform - Selain sudah berjalan pada sistem operasi Android Nougat 7.1.1 dengan custom UI, juga didukung oleh beberapa platform yang mampu menghasilkan kinerja yang sagat baik. Diantaranya adalah CPU dengan chipset Qualcomm MSM8998 Snapdragon 835 dan memiliki 8 inti atau Octa-Core, dimana setiap intinya tersebut memiliki kecepatan sebesar 4x2.5 GHz Kryo dan 4x1.8 GHz Kryo.

Tidak berhenti sampai disitu, dukungan penuh juga didapatkan dari kapasitas RAM yang lumayan cukup luas yakni 4 GB (versi 64 GB) / 6 GB (versi 128 GB). Lalu untuk pengolah grafisnya atau GPU, diserahkan kepada Adreno 540. Yang mana GPU tersebut mampu menuangkan visual kedalam layar secara maksimal, halus, jernih dan detail.

Kamera - Nokia 8 memiliki daya tarik tersendiri, dimana ia sudah mengusung kamera beresolusi 13 MP dilengkapi dengan fitur Phase Detection, Laser Autotofcus dan Dual LED Flash yang akan mampu menghasilkan gambar dengan sangat berkualitas serta sudut pandang yang sangat luas. Kemampuannya dalam menghasilkan juga tidak kalah mengagumkan, yakni bisa mengambil video 4K dengan resolusi Ultra HD 2160p@30fps, 1080p@30fps.

Sedangkan untuk kamera depan atau selfie, juga tidak kalah mengagumkan. Dimana memiliki resolusi yang sama dengan kamera utama yakni beresolusi 13 MP. Adapun kemampuannya dalam mengambil gambar dan video, tidak perlu diragukan lagi karena ia mampu menghasilkan gambar dengan resolusi terbaik dan video Ultra HD 2160p.

Penyimpanan - Nokia 8 hadir dengan 2 versi penyimpanan internal dan juga RAM. Veri pertama memiliki kapasitas penyimpanan sebesar 64 GB dengna RAM 4 GB. Versi kedua ialah 128 GB dengan RAM 6 GB. Kedua versi ini memiliki harga yang berbeda dan keduanya menyediakan slot kartu memori (SD Card) jenis micro dengan ekspansi maksimal 256 GB.

Baterai - Salah satu yang mungkin menjadi kekurangan Nokia 8 adalah pada baterainya. Dimana kapasitas yang bisa ia tampung hanya sebesar 3090 mAh. Untuk kategori smartphone Mid-Range, tentu ini akan terasa masih sangat kurang. Selain itu, jenis baterai yang ia gunakan pun memiliki sifat yang tidak bisa dilepas dari bodi, atau dengan kata lain Non-Removable. Sehingga penggunanya akan mengalami kendala ketika perangkat mengalami hang / tidak ada respon. Terlepas dari itu, baterai Nokia 8 memiliki keunggulan tersendiri yaitu sudah mendukung teknologi pengisian cepat (fast charging).

Sensor - Untuk melindungi keamanan data yang tersimpan di dalam ponsel, Nokia 8 dilengkapi sistem pengamanan pindai sidik jari (fingerprint). Sensor ini terletak di bagian depan, tepatnya di atas tombol home yang tentunya akan sangat membantu penggunanya dalam membuka kunci layar dengan sangat cepat. Selain sensor tersebut, juga terdapat sensor lain seperti accelerometer, gyro, proximity, compass dan barometer.

Konektivitas - Selain yang sudah disebutkan di atas, Nokia 8 juga sudah mendukung jaringan teknologi 4G LTE dengan kecepatan akses data atau download sebesar 450 Mbps dan upload 50 Mbps. Adapun konektivitas lain yang juga ada padanya berupa Wi-Fi, Bluetooh, USB 3.1 Tipe-C 1.0 reversible connector dan NFC.

Harga Terbaru Nokia 8 dan Spesifikasi Full


UMUM
HargaRp 6,5 juta (4GB RAM / 64GB ROM)
Rp 7,8 juta (6GB RAM / 128GB ROM)
StatusRilis, Tersedia di Indonesia
Tahun RilisSeptember 2017
JARINGAN
TeknologiGSM / HSPA / LTE
SIMNano Dual SIM
Koneksi4G / 3G / 2G / GPRS / Edge
KecepatanHSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE 450/50 Mbps
DESAIN
Dimensi151.5 x 73.7 x 7.9 mm
Berat160 gram
BahanDepan kaca, bodi aluminium
SertifikasiTahan debu dan Percikan Air
WarnaTempered Blue, Polished Blue, Steel, Polished Copper
LAYAR
JenisIPS LCD, layar sentuh kapasitif 16 juta warna
Ukuran5.3 inci
Resolusi1440 x 2560 piksel
Kerapatan Piksel554 ppi
Rasio16:9
PerlindunganCorning Gorilla Glass 5
FiturAlways-on display
PLATFORM
OSAndroid Nougat 7.1.1 / Oreo 8.0
ChipsetQualcomm Snapdragon 835 (MSM8998)
CPUOcta-core (4x2.5 GHz Kryo dan 4x1.8 GHz Kryo)
GPUAdreno 540
RAM6 GB / 4 GB
PENYIMPANAN
Internal128 GB / 64 GB
EkspansiYa, microSD hingga 256GB
KAMERA UTAMA
Resolusi13 MP
Lensaf/2.0, 1.12 µm
LED FlashYa, Dual-LED Dual-Tone Flash
Video2160p@30fps, 1080p@30fps
Fiturphase detection autofocus, laser autofocus, Carl Zeiss optics, OIS, Geo-Tagging, Sentuh Fokus, Deteksi Wajah, Panorama, HDR
KAMERA DEPAN
Resolusi13 MP
Lensaf/2.0, 1.12µm
LED FlashTidak
Video2160p
FiturPDAF
KONEKTIVITAS
Wi-Fi802.11, direct, hotspot
Bluetooth5.0
USB3.1, Tipe-C 1.0
RadioTidak
NFCYa
PenandaGPS, A-GPS, GLONASS, BDS
BATERAI
JenisNon-removable Li-Ion
Kapasitas3090 mAh
Pengisian CepatYa, Quick Charge 3.0
Talk TimeHingga 30 jam (3G)
Music PlayerHingga 78 jam
FITUR
KeamananFingerprint (belakang ponsel)
SensorAccelerometer, gyroscope, compass, proximity
Multimedia PlayerAudio: MP3/WAV/eAAC+/FLAC player
Video: MP4/H.264 player
Audio3.5mm jack
Loudspeaker
Nokia OZO audio
24-bit/192kHz audio
Pembatalan bising aktif dengan mikrofon khusus
LainnyaBrowser HTML5
Photo/video editor
Document viewer
Disclaimer: Kami tidak menjamin bahwa informasi pada halaman ini 100% benar. Selengkapnya.

Kelebihan HP Android Nokia 8

  • Menimbulkan kepercayaan diri yang lebih ketika Anda berhasil menggunakan Nokia 8 ini karena kesan desainnya yang begitu mewah dengan bahan metal dengan teknologi layar lengkung 2.5D.
  • Layar lebar 5.7 inci dengan resolusi 1440 x 2560 piksel sangat nyaman digunakan untuk menikmati segala konten multimedia yang Anda simpan di perangkat ini.
  • Jangan takut ketika Nokia 8 ini terjatuh atau tergores, pasalnya sudah dilindungi dengan pelindung layar terbaik Gorilla Glass 5. Bahannya pun tidak murahan apalagi gampang rusak.
  • Browsing internet atau bersosial media terasa lebih nyaman dan menyenangkan hati dengan adanya konektivitas internet super cepat 4G LTE.
  • Sedangkan untuk pengguna yang berada di luar area 4G juga disediakan pula dengan jaringan 3G HSDPA dan 2G GPRS untuk akses internetnya.
  • Sudah dilengkapi pula dengan kemampuan Dual SIM yang dapat diaktifkan secara bersamaan.
  • Menjauhkan data-data privasi Anda dari orang lain dengan adanya fitur Fingerprint sensor hanya dengan sentuhan jari.
  • Juga disuport dengan sensor LED Notifikasi untuk penanda jika ada pesan baru atau panggilan masuk untuk Anda.
  • Menjalankan OS Android 7.1.1 Nougat yang menawarkan lebih banyak fitur menarik dan memiliki tampilan lebih intuitif pastinya.
  • Bakalan mampu menampung game-game berat dengan dukungan prosesor canggih Snapdragon 835, Quad-core yang masing-masing memiliki kecepatan 4x2.5 GHz Kryo dan 4x1.8 GHz Kryo.
  • Dilengkapi fitur Always-On Display, fitur yang menampilkan Jam, Tanggal dan icon notifikasi dari aplikasi meski kondisi layar mati total.
  • Ponsel ini menjadi lebih luar biasa lagunya dengan dukungan RAM yang sangat besar mencapai 6 GB/4GB .
  • Nokia 8 juga siap dengan penyimpanan luas, yakni memori internal 64/128 GB yang masih dapat dimaksimalkan pula dengan adanya Slot MicroSD 256 GB.
  • Tawarkan kualitas fotografi paling oke dengan lensa kamera utama dual kamera 13 MP lengkap dengan fiturnya yaitu OIS, PDAF dan Dual LED Flash
  • Kecanggihan perekaman vidionya dengan resolusi 4K.
  • Selain itu juga sangat mendukung hobi selfie dengan lensa kamera 13 MP.
  • Untuk pengisian baterai, tidak perlu khawatir akan kecepatan pengisiannya, karena sudah memiliki fitur Fast Charging.

Kekurangan HP Android Nokia 8

  • Masih mengusung layar dengan teknologi IPS LCD, padahal sekarang ini teknologi layar smartphone terbaik adalah Super AMOLED. Dan kebanyakan ponsel sekarang sudah menggunakan Super AMOLED, lalu mengapa Nokia 8 belum menggunakan teknlologi ini?
  • Kamera depan belum juga dilengkapi LED Flash, sama seperti merk-merk Nokia sebelumnya, sehingga kegiatan foto selfie atau vidio call di tempat gelap menjadi kurang maksimal.
  • Baterainya bersifat Non-Removable alias tidak bisa dilepas, sehingga akan cukup membingungkan ketika ponsel mengalami hang atau tidak ada respon.
Demikianlah pembahasan tentang Harga, Spesifikasi, Review Singkat, Kelebihan dan Kekurangan Ponsel Android Nokia 8. Semoga bisa memberikan informasi bagi anda yang sedang mencari informasi tentang ponsel ini, atau untuk membandingkannya dengan smartphone lain sebelum memutuskan untuk membeli sebuah perangkat android baru. Terima kasih dan salam.
Open Comments