advertisement
AndroLite.com - Mengawali kebangkitannya, Nokia semakin gencar meluncurkan smartphone terbaru mereka berbasis Android yang kini sudah beredar di beberapa penjuru dunia. Nokia kembali eksis dalam persaingan merajai pasar gadget setelah HMD Global mengakuisisi Nokia dari Microsoft belum lama ini.

Kebangkitan Nokia tersebut langsung merilis beberapa smartphone dengan spesifikasi berkelas dengan banderol harga yang cukup terjangkau. Salah satunya adalah Nokia 5. Ponsel cerdas ini telah berjalan dengan menggunakan sistem operasi Android, dimana pada beberapa smartphone Nokia lainnya seperti Nokia Lumia masih menggunakan OS windows phone.

Langkah menggunakan OS Android ini diambil oleh pihak Nokia lantaran penggunaan OS Windows phone bisa dikatakan tidak sukses. Dan karena hampir semua kalangan masyarakat lebih menyukai smartphone berbasis Android, maka Nokia pun secara cepat mengambil langkah ini agar mereka bisa melanjutkan persaingan dengan beberapa vendor smartphone yang lebih dulu sudah memakai OS Android.

Review Singkat Spesifikasi HP Android Nokia 5


Desain Bodi - Nokia 5 hadir dengan desain bodi premium menggunakan bahan material aluminum pada bagian belakang dan material kaca di bagian depan. Pada bagian atas layar terdapat sebuah kamera, speaker dan sensor. Lalu di bagian bawah layar terdapat tiga buah tombol yakni recent, back dan home. Nah di atas dari tombol home ini terdapat sensor pindai sidik jari (finger print) yang akan membantu pengguna dalam membuka kunci layar secara cepat.

Di bagian samping kanan, terdapat tombol power dan tombol pengontrol suara atau volume. Kemudian di sisi lainnya (kiri) terdapat sebuah slot untuk memasukkan kartu SIM dan SD Card. Nah slot ini berjenis hybrid dimana slot SIM dan SD Card menyatu. Untuk bagian atasnya, anda bisa menemukan sebuah lubang 3.5mm jack untuk headphone dan di bagian bawah terdapat beberapa lubang, diantaranya lubang usb / charging, mic dan speaker.

Di bagian belakang terlihat lebih elegan, dimana hanya terdapa sebuah logo Nokia yang timbul serta terdapat sebuah kamera beresolusi tinggi. Kamera tersebut berada dalam lapisan kaca, dan di bawahnya terdapat sebuah LED Flash yang memiliki fungsi untuk memberikan penerangan pada saat kamera akan mengambil gambar atau video.
Desain Layar - Nokia 5 mengusung sebuah layar berteknologi IPS LCD dengan bentang atau lebar layar berukuran 5.5 inchi. Namun sayangnya, resolusi layarnya tersebut hanya berukuran 720 x 1280 piksel saja. Sedangkan untuk rasio layarnya, sudah tergolong bagus yakni 16:9 dan didukung kerapatan piksel sebesar 403 ppi, sehingga visual yang dihasilkan sangatlah jernih, detail dan halus.

Jika dilihat sepintas, Nokia 5 menggunakan layar yang dibalut dalam style 2.5D Curved Glass, sehingga terlihat sangat berkelas dan menarik.

Platform - Sekarang ini, masyarakat luas paling banyak meminati smartphone berbasis Android, untuk itu Nokia tidak ingin ketinggalan lagi dari para pesaingnya yakni dengan membekali perangkat mereka dengan sistem operasi Android. Salah satu perangkat tersebut yaitu Nokia 5 ini.

Nokia 5 dijalankan atau dioperasikan oleh OS Android Nougat Android 7.1.1 yang dikabarkan akan di upgrade ke Android 8.0 (Oreo). Sistem yang menjalankannya ditopang penuh oleh RAM 3 GB. Untuk memaksimalkan kinerjanya, yakni dalam hal pengolahan data, sebuah CPU dengan cipset Qualcomm MSM8937 Snapdragon 430 juga disematkan di dalamnya.

CPU tersebut berjenis Cortex-A53 dan memiliki 8 inti atau Octa-core, yang mana kemampuannya dalam mengolah data berkecepatan 1.4 GHz. Untuk pengolah grafisnya sendiri, diserahkan kepada GPU berjenis Adreno 505 yang mempunyai kemampuan menuangkan visual yang berkualitas, jernih dan nyaman di mata meski digunakan lebih lama.

Dengan perpaduan platformnya ini, bukan hanya menghasilkan visual yang sangat bagus, tetapi juga menghasilkan kinerja dengan sangat baik. Sehingga apabila digunakan untuk bermain game atau melakukan kegiatan multitasking, maka akan terasa sangat lancar.
Kamera - Sejak dulu, Nokia selalu ingin memberikan kepuasan kepada para penggunanya, dengan cara memberikan kamera dengan resolusi tinggi. Hal ini kembali lagi dibuktikan dengan menyematkan kamera beresolusi 13 MP dengan lensa jenis f/1.8 di bagian belakang Nokia 5.

Kamera tersebut dapat menangkap gambar dan merekam video beresolusi Full HD 1080 piksel dengan frame rate per detik @30fps. Kamera utama tersebut dibelaki beberapa fitur seperti fitur auto fokus, Geo-Tagging, Sentuh Fokus, Deteksi Wajah, Panorama, HDR dan Dual LED Flash.

Sedangkan untuk kamera depan atau selfie, menggunakan kamera beresolusi 8 MP dengan lensa f/2.0. Kemampuannya sendiri tidak jauh berbeda dengan kamera utama, dimana mampu menghasilakan video resolusi Full HD 1080 piksel serta dilengkapi banyak fitur. Jadi bagi anda yang suka melakukan pengambilan video atau gambar melalui kamera depan, anda tidak perlu khawatir akan hasilnya.
Penyimpanan - Nokia 5 juga menyediakan penyimpanan data yang berkapasitas standar, yaitu sebesar 16 GB. Penyimpanannya ini terbagi kedalam 2 bagian, bagian pertama untuk menyimpan data, baik itu berupa file, aplikasi, gambar, video dan sebagainya. Sedangkan bagian yang kedua sebagai tempat menyimpan file sistem (ROM) dan aplikasi sistem lainnya.

Jika penyimpanan internal tersebut masih dirasa kurang, anda tidak perlu khawatir karena anda masih bisa melakukan ekspansi melalui slot SD Card yang sudah disediakan. Slot tersebut mampu menampung kapasitas kartu memori hingga 256 GB.

Baterai - Selain beberapa fitur lain yang sudah disebutkan di atas, salah satu yang mungkin jadi pertimbangan bagi anda sebelum membeli smartphone Nokia 5 adalah pada bagian baterainya. Nokia 5 mengusung baterai berteknologi Li-Ion yang mampu menampung daya berkapasitas 3000 mAh.

Adapun jenis baterai yang ia gunakan adalah berjenis Non-Removable atau baterai tanam yang tidak bisa dilepas. Tetapi baterai tersebut sudah mendukung teknologi pengisian cepat atau fast charging mode.

Konektivitas - Nokia 5 juga sudah dilengkapi berbagai jenis konektivitas yang siap untuk digunakan. Diantaranya ada fasilitas Wlan (WiFi), tersedianya port USB 2.0 yang sudah support dengan kabel / usb OTG, bluetooth, radio FM, GPS dengan A-GPS, GLONASS dan beberapa konektivitas lainnya.

Selain itu, HP Android Nokia 5 mendukung sambungan internet berteknologi 4G LTE. Dimana teknologi tersebut mampu menghasilkan kecepatan download 42.2 Mbps dan Upload 5.76 Mbps pada sambungan jenis HSPA. Sedangkan jika terhubung dengan jaringan 4G LTE, maka kecepatan untuk mengunduh data hingga 150 Mbps dan upload 50 Mbps untuk jaringan 4G LTE kategori 4.

Harga Terbaru Nokia 5 dan Spesifikasi Lengkap


Nokia 5 selain hadir dengan menjalankan sistem operasi android, juga sudah dilengkapi berbagai fitur unggulan serta mengusung desain yang sangat elegan. Apa saja spesifikiasi yang dibawa oleh Ponsel Android Nokia 5 ini dan berapa harganya? Silahkan anda lihat pada tabel spesifikasi berikut ini.
UMUM
HargaRp 2,5 juta (3GB RAM / 16GB ROM)
Rp 2,9 juta (3GB RAM / 32GB ROM)
StatusRilis, Tersedia di Indonesia
Tahun RilisFebruari 2017
JARINGAN
TeknologiGSM / HSPA / LTE
SIMNano Dual SIM
Koneksi4G / 3G / 2G / GPRS / Edge
KecepatanHSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE 150/50 Mbps
DESAIN
Dimensi149.7 x 72.5 x 8 mm
Berat160 gram
BahanDepan kaca, bodi aluminium
WarnaBiru, Silver, Hitam, Copper
LAYAR
JenisIPS LCD, layar sentuh kapasitif 16 juta warna
Ukuran5.2 inci
ResolusiHD 720 x 1280 piksel
Densitas403 ppi
Rasio16:9
PerlindunganCorning Gorilla Glass (versi tidak spesifik)
PLATFORM
OSAndroid Nougat 7.1.1
ChipsetQualcomm Snapdragon 430 (MSM8937)
CPUOcta-core 1.4 GHz Cortex-A53
GPUAdreno 505
RAM3 GB
PENYIMPANAN
Internal32GB / 16GB
EkspansiYa, microSD hingga 256GB
KAMERA BELAKANG
Resolusi13 MP
Lensaf/2.0, 1/3", 1.12 µm
LED FlashYa, Dual-LED Dual-Tone Flash
Video1080p@30fps
FiturPhase detection autofocus, Geo-Tagging, Sentuh Fokus, Deteksi Wajah, Panorama, HDR
KAMERA DEPAN
Sensor8 MP
Lensaf/2.0, 1.12 µm
LED FlashTidak
Video1080p@30fps
FiturAuto fokus
KONEKTIVITAS
Wi-Fi802.11 b/g/n, hotspot, direct
Bluetooth4.1
USBMicroUSB 2.0, USB On-The-Go
RadioFM radio
NFCYa
PenandaGPS, A-GPS, GLONASS
BATERAI
JenisNon-removable Li-Ion
Kapasitas3000 mAh
FITUR
KeamananFingerprint (bagian depan ponsel)
SensorAccelerometer, Gyroscope, Compass, Proximity
3.5mm jackYa, dengan pembatalan bising aktif dengan mic khusus
LoudspeakerYa
Pemutar MusikMP3/WAV/eAAC+/FLAC player
Pemutar VideoMP4/H.264 player
LainnyaBrowser HTML5
Photo/video editor
Document viewer
Disclaimer: Kami tidak menjamin bahwa informasi pada halaman ini 100% benar. Selengkapnya.

Kelebihan HP Android Nokia 5

  • Konektivitas sudah mendukung 4G LTE yang dapat mendukung dalam kegiatan video ataupun live streaming, browsing maupun bersosial media tanpa lelet apalagi macet, pasti selalu lancar.
  • Support Dual SIM standby yang bisa diaktifkan secara berbarengan, yang membuat komunikasi antar keluarga dan sahabat menjadi lancar, tanpa terputus dengan dua SIMcrad yang telah dimiliki.
  • Desain begitu mewah dan stylish berkat bodi metal serta dipadukan dengan sisi lengkung 2.5D screen. So, Anda jadi lebih tampil percaya diri saat membawa ponsel mewah ini.
  • Bentang layar 5.2 inchi IPS LCD beresolusi HD 720 x 1280 pixels, sehingga sangat mendukung dalam memberikan kualitas gambar terbaik, jernih, dan alami saat maen game dan nonton video.
  • Sistem operasi yang dijalankan di Nokia 5 ini sudah v7.01.1 Nougat yang akan memberikan beberapa aplikasi serta fitur lainnya yang lebih menarik. Jadi user akan nyaman saat mengotak-atik menu setiap saat.
  • Sudah dibekali pelindung layar Corning Gorilla Glass yang membuat layar tidak mudah tergores apabila terkena benda tajam dan benturan maupun saat terjatuh.
  • Kamera selfie mendukung sekali karena resolusi kameranya. Yaitu depan 8 MP, Jadi akan mendukung dalam mengabadikan momen-momen penting pengguna bersama orang terdekatnya.
  • Sedangkan untuk kamera belakang juga tak kalah tangguhnya. Dibekali dengan resolusi kamera 13 MP disertai Phase Detection Autofocus dan Dual-LED Flash untuk hasil jepretan yang bagus dan indah.
  • Performa tangguh dengan chipset Snapdragon 430 octa-core dan GPU Adreno 505 sebagai perangkat pengolah gambar. Ini adalah salah satu hardware terpenting dari smartphone ini.
  • Multitasking pun juga semakin lancar dengan ditanamkannya RAM sebesar 2GB, membuat perpindahan aplikasi satu ke aplikasi lebih responsibel lagi.
  • Memiliki memori internal luas 16GB dan sudah dukungan slot MicrOSD hingga 256GB, sehingga penyimpanan aplikasi maupun file akan lebih banyak dan lebih leluasa.
  • Dalam pilihan keamanan, Nokia 5 dibekali Fingerprint scanner yang mempermudah membuka kunci smartphone hanya dengan sekali sentuhan.
  • Daya baterai besar 3000 mAh yang sangat mendukung penggunaan smartphone ini sehari-harinya tanpa perlu kepikiran cepat habis ataupun menipis.

Kekurangan HP Android Nokia 5

  • Dengan kapasitas baterai yang cukup besar 3000 mAh dan harga cukup mahal, Nokia 5 masih belum didukung fitur fast charging yang sebenarnya bisa menghemat waktu.
  • Baterai tidak dapat dicopot maupun dilepas (Non-removeable), benda selalu menempel dengan bodi. Dan untuk mengganti, Anda tidak bisa melakukannya sendiri tanpa keahlian.
Open Comments