advertisement
AndroLite.com - Hadirnya Samsung Galaxy J3 Pro (2017) yang dirilis oleh Samsung pada pertengahan tahun 2017 semakin menambah persaingan smartphone kelas menengah kebawah (entry-level). Pasalnya saat pertama kali diluncurkan, ponsel ini dibandrol dengan harga yang sangat murah.

Disisi lain, inovasi terbaru Samsung Galaxy J3 Pro (2017) selain menyegarkan penampilan juga membawa desain yang cukup elegan dimana pada semua bagian bodinya terbuat dari metal aluminium. Bentuk perubahan tersebut semakin memperindah dan mempercantik daya tarik Galaxy J3 Pro 2017 ini.

Salah satu yang menjadi andalannya adalah ada pada bagian kamera yang berkekutan sebesar 13 megapiksel dan sudah menggunakan Sistem Operasi Android teranyar saat ini yaitu Android Nougat versi 7.0.

Selain itu, ponsel ini juga ditenagai oleh beberapa hardware unggulan seperti RAM berkapasitas 2GB, CPU Cortex-A53 bekecepatan Quad-core 1.4 GHz, sudah mendukung jaringan internet berteknologi 4G kategori 4, memiliki penyimpanan internal berkapasitas 16GB yang masih bisa diekspasi hingga 256GB melalui slot kartu memori yang disediakan dan masih banyak lagi.

Selain J3 Pro, Samsung juga telah merilis varian J Pro Series lainnya, yaitu J5 Pro (2017) dan J7 Pro (2017). Ketiganya secara resmi diluncurkan oleh samsung dengan harapan keluarga seri J Pro ini mampu menjadi yang terdepan untuk menguasai pasar gadget di tahan air ataupun di luar negeri.

Review Singkat Spesifikasi Samsung Galaxy J3 Pro (2017)


Jaringan - Untuk lebih menambah daya tarik masyarakat luas, Samsung Galaxy J3 Pro sudah mendukung jaringan internet berteknologi 4G LTE yang mampu menembus kecepatan download data hingga 150 Mb per detik. Adapun sambungan jaringan lain yang juga ikut ditanamkan didalamnya adalah Koneksi Edge, GPRS, 2G dan 3G. Selain itu, Samsung juga menyiapkan dua buah slot kartu SIM (Dual SIM) berjenis mikro yang bisa diaktifkan keduanya secara bersamaan.

Desain Body - Dengan memperhatikan gambar yang ada di atas, terlihat jelas bahwa samsung galaxy J3 Pro 2017 hadir dengan tampilan yang sangat fresh dan baru. Hal ini terlihat pada bagian secara keseluruhan desain bodinya, diantaranya deretan tombol volume atas dan bawah serta adanya dua buah slot tempat untuk memasukkan kartu memori dan SIM yang berada dibagian sisi kirinya. Lalu dibagian sisi kanan, terdapat sebuah tombol power dan diatasnya ditempatkan sebuah lubang speaker. Pada kedua sisinya, meski tombol volume dan power mirip dengan para pendahulunya, namun dengan adanya slot SIM dan kartu memori serta lubang speaker, tentu ini adalah sebuah terobosan baru untuk smarphone kelas menengah kebawah dan juga mempercantik tampilannya.

Lanjut ke bagian depan, tepatnya di sebelah atas terdapat LED flash, speaker dan sensor. Lalu di bagian depan bawah tidak ada perubahan yang terjadi dan terdapat 3 buah tombol yaitu tombol home, recent dan back. Tetapi sayangnya, ponsel ini masih belum menggunakan fitur pinger print. Lalu di bagian bawahnya lagi terdapat 2 buah lubang yaitu lubang headset tipe jack 3.5mm dan lubang USB multifungsi yang berguna sebagai pengisian daya, konektor Micro USB dan konektor kabel OTG.

Pada bagian belakang, terdapat banyak perubahan yang terjadi diantaranya adalah dengan ditempatkannya sebuah kamera yang posisinya rata dengan bodi (ponsel samsung terdahulu kameranya menonjol) dan tepat dibawahnya terdapat sebuah LED Flash yang berfungsi untuk memberikan penerangan saat kamera akan mengambil gambar dan video di tempat yang gelap. Selain itu, ada juga dua buah tonjolan menyerupai garis melengkung pada bagian atas dan bawah sehingga makin melengkapi keindahan desainnya. Secara keseluruhan ukuran bodi Samsung Galaxy J3 Pro adalah 143.2 x 70.3 x 8.2 mm dengan berat 142 gram atau setara dengan 5.01 ons.

Desain Layar - Untuk layarnya, Samsung Galaxy J3 Pro 2017 mengusung layar berjenis PLS LCD dengan bentang ukuran ideal 5.0 inci beresolusi 720 x 1280 piksel sehingga membuatnya nyaman saat dioperasikan karena memiliki kontras warna layar terlihat jernih dan lembut dimata. Adapun kerapatan piksel (densitas) yang disematkan pada layarnya yaitu ~294 ppi serta didukung oleh vasiasi 16 juta warna. Perpaduan ini menghasilkan tampilan yang sangat jernih dan sangat cocok untuk digunakan untuk bermain game ataupun menonton video.

Image source (samsung.com)
Kamera - Salah satu andalan Samsung Galaxy J3 Pro 2017 pada bagian kameranya, dimana pada kamera utama yang letaknya berada di bagian belakang berkekuatan 13 megapiksel berjenis f/1.9 yang dilengkapi oleh beberapa fitur yakni Geo-Tagging, Sentuh Fokus, Deteksi Wajah, HDR, Panorama. Kamera ini mampu menghasilkan foto berkualitas tinggi dan rekaman video resolusi 1080p pada frame rate sebesar 30fps. Agar lebih lengkap lagi, Samsung juga menyematkan LED Flash yang posisinya tepat dibagian bawah kamera utama dimana LED flash tersebut berfungsi untuk memberikan penerangan pada saat pengambilan video atau gambar di tempat yang minim cahaya.

Lalu untuk kamera depannya, meskipun hanya berkekuatan 5 megapiksel saja tetapi kualitas gambar dan video yang dihasilkan sangatlah jernih dan sangat cocok untuk anda gunakan untuk mengambil foto selfie atau mengambil video vlog.

Platform - Agar sistem operasi (OS) Android Nougat versi 7.0 berjalan dengan sangat baik serta menghasilkan performa yang handal, beberapa hardware unggulan dengan teknologi terbaru yang juga sudah digunakan pada berbagai ponsel cerdas yang banyak beredar juga ditanamkan kedalamnya. Untuk CPUnya Samsung Galaxy J3 Pro 2017 memakai Cortex-A53 berkecepatan Quad-core yang masing-masing intinya memiliki kecepatan akses sebesar 1.4 GHz, didukung oleh RAM (Random Access Memory) berkapasitas 2 GB.

Adapun jenis chipset yang digunakan adalah keluaran dari Exynos seri 7570 Quad, lalu untuk pengolah grafisnya Samsung menggunakan GPU Mali-T720 MP2. Salah satu keunggulan dari GPU jenis ini adalah mampu menampilkan kualitas tampilan layar dengan sangat halus, jernih dan memanjakan mata para penggunanya.
Penyimpanan - Tidak sampai disitu, agar lebih memanjakan penggunanya maka disediakan penyimpanan berkapasitas 16 GB. Dengan kapasitas sebesar ini, menyimpan file seperti video, foto, aplikasi, dokumen dan sebagainya dalam skala besar tidak akan menjadi masalah lagi. Tetapi dari kapasitas tersebut terbagi kedalam dua bagian, bagian pertama untuk sistem dan aplikasi dan bagian kedua untuk penyimpanan file. Apabila hal tersebut masih dirasa kurang, maka disiapkan pula sebuah slot MMC (SD Card) berjenis micro yang bisa diekspansi hingga 256 GB.

Baterai - Salah satu yang menjadi bahan pertimbangan seseorang sebelum membeli sebuah smartphone terbaru adalah kapasitas baterainya. Untuk itu Samsung menyematkan baterai berteknologi Li-Ion yang mampu menampung daya sebesar 2400 mAh. Meskipun tidak terlalu besar, namun kemampuannya saat digunakan menelepon mampu bertahan hingga 15 jam non stop pada jaringan 3G dan mampu memutar musik selama 61 jam.

Konektivitas - Untuk urusan konektivitas, perangkat ini dilengkapi berbagai jenis fasilitas seperti Bluetooth, Wi-Fi, port micro USB yang sudah support dengan kabel OTG, Infra Merah, Radio FM NFC dan GPS. Nah dengan adanya beberapa konektivitas ini, pengiriman, akses dan penerimaan data bisa dilakukan dengan memakai salah satunya.

Fitur - Adapun fitur tambahan yang ditambahkan oleh Samsung kedalamnya yang dalam hal ini sebagai pelengkap untuk memanjakan penggunanya adalah dengan disematkannya beberapa aplikasi penting seperti editor foto/video, pembaca dokumen, browser yang sudah mendukung HTML5, ANT+ support, MP4/WMV/H.264 player, MP3/WAV/WMA/eAAC+/FLAC player, sensor Accelerometer, Gyro, Proximity, Compass dan sebagainya.

Harga Samsung Galaxy J3 Pro dan Spesifikasi Lengkap


Image source (samsung.com)
Sejak pertama kali diluncurkan, harga Samsung Galaxy J3 Pro (2017) terus mengalami penurunan hingga saat ini. Adapun harga terbaru HP Samsung J3 Pro (2017) Terbaru 2018, bisa kalian lihat pada daftar spesifikasi di bawah ini.
UMUM
Harga BaruRp 1.999.000,-
Harga BekasRp 1.299.000,-
StatusRilis, Tersedia di Indonesia
Tahun RilisJuli 2017
JARINGAN
SIMNano Dual SIM (dual stand-by)
TeknologiGSM / HSPA / LTE
Koneksi4G / 3G / 2G / GPRS / Edge
KecepatanHSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE 150/50 Mbps
DESAIN
Dimensi143.2 x 70.3 x 8.2 mm
Berat142 gram
BahanFull Metal
Tahan AirTidak
WarnaHitam, Putih, Emas, Biru
LAYAR
JenisPLS LCD, layar sentuh kapasitif 16 juta warna
Ukuran5.0 inci
Resolusi720 x 1280 piksel (HD)
Rasio16:9
Kerapatan Piksel294 ppi
MultitouchYa
PerlindunganCorning Gorilla Glass 4
PLATFORM
OSAndroid Nougat 7.0
ChipsetExynos 7570 Quad
CPUQuad-core 1.4 GHz Cortex-A53
GPUMali-T720 MP2
RAM2 GB
PENYIMPANAN
Internal16 GB
Slot MMCYa
Jenis MMCMicroSD
Kapasitas MMCHingga 256GB
KAMERA UTAMA
Resolusi13 Megapiksel
Lensaf/1.9
LED FlashYa
Video1080p@30fps
FiturAuto Fokus, Geo-Tagging, Sentuh Fokus, Deteksi Wajah, HDR, Panorama
KAMERA DEPAN
Resolusi5 Megapiksel
Jenisf/2.2
LED FlashYa
KONEKTIVITAS
Wi-Fi802.11 b/g/n, Direct, hotspot
Bluetooth4.2, A2DP, LE
USBMicroUSB 2.0, USB On-The-Go
RadioFM radio
PenandaGPS, A-GPS, GLONASS, BDS
Infra MerahYa
NFCYa
BATERAI
JenisNon-removable Li-Ion
Kapasitas2400 mAh
Talk TimeHingga 15 Jam (3G)
Music Player61 Jam
FITUR
Keamanan-
SensorAccelerometer, proximity, compass
3.5mm jackYa
LoudspeakerYa
Pemutar MusikMP3/WAV/eAAC+/Flac
Pemutar VideoMP4/H.264
LainnyaBrowser HTML5
Photo/video editor
Document viewer
Disclaimer: Kami tidak menjamin bahwa informasi pada halaman ini 100% benar. Selengkapnya.

Kelebihan Samsung Galaxy J3 Pro (2017)

  • Sudah menggunakan sistem operasi Android Nougat versi 7.0.
  • Menggunakan bahan dasar material metal dengan desain yang lebih elegan.
  • Kamera utama 13 MP, f/1.9, autofocus, LED flash dan menghasilkan rekaman video 1080p@30fps.
  • Menggunakan Cortex-A53 berkecepatan Quad-core 1.4 GHz.
  • Sudah mendukung koneksi super cepat 4G LTE.
  • Terdapat 4 buah pilihan warna yaitu Hitam, Putih, Emas, Biru.
  • Support MicroUSB 2.0 dan USB On-The-Go.
  • Kapasitas penyimpanan 16 GB yang bisa diekspansi hingga 256 GB.
  • RAM berkapasitas 2 GB.

Kekurangan Samsung Galaxy J3 Pro (2017)

  • Kamera depan yang hanya berkekuatan 5 megapiksel saja.
  • Baterai yang belum support pengisian cepat dan tidak bisa dilepas (Non-Romovable).
  • Kapasitas baterai masih kurang yaitu hanya 2400 mAh.
  • Belum adanya sistem keamanan sensor fingerprint.
  • Hanya memakai layar PLS LCD, bukan Super AMOLED.
Demikianlah Review Singkat, Spesifikasi dan Harga Terbaru Samsung Galaxy J3 Pro (2017) yang bisa kami sampaikan kepada kalian, semoga dengan adanya informasi di atas, bisa memberikan referensi tambahan sebelum memutuskan untuk membeli sebuah smarphone baru. Terima kasih dan salam.
Open Comments