Cara Install / Flash ROM Samsung Galaxy J5 Semua Model

Cara Install Stock ROM Android Samsung Galaxy J5 - Menginstall atau memasang atau Flash ROM / Custom ROM untuk Smartphone Samsung Galaxy J5 semua model termasuk Galaxy J5 2015, J5 2016, J5 2017, J5 Pro, J5 Prime sangatlah mudah untuk dilakukan. Mengapa saya mengatakan demikian, karena proses pemasangannya tidak terlalu lama.

Hanya saja kita memerlukan sebuah stock ROM khusus sesuai dengan Jenis dan model perangkat yang digunakan. Alasannya karena setiap model perangkat arsitektur ARM CPU dan beberapa hardware lain yang berbeda-beda. Untuk itu diperlukan stock rom yang benar-benar sesuai dengan perangkat yang digunakan.

Lalu untuk peralatan yang diperlukan hanyalah sebuah komputer dibantu dengan sebuah aplikasi bernama ODIN sebagai media untuk mentransfer file ROM ke dalam smartphone. Namun sebelum melakukannya, diperlukan beberapa tindakan yang harus dilakukan terlebih dahulu, baik pada aplikasi ODIN maupun pada smartphonenya sendiri.

Nah bagi kalian yang memiliki keinginan untuk mamasang atau menginstall ulang ataupun melakukan upgrade / downgrade terhadap ROM, misalnya dari Android Lollipop ke Marshmallow atau dari Marshmallow ke android Nougat ataupun sebaliknya, berikut ini akan saya jelaskan sedetail mungkin sehingga kalian bisa memahaminya dengan mudah.

A. Panduan Install ROM Samsung Galaxy J5

Sebelum melakukan pemasangan, terlebih dahulu persiapkan beberapa peralatan serta aplikasi yang dibutuhkan. Berikut daftarnya.

1. Persiapan

  1. Sebuah Smartphone yang akan diinsall ROM.
  2. Sebuah Komputer baik itu berupa PC maupun Laptop.
  3. Kabel USB yang asli atau original.
  4. Download Aplikasi Samsung USB Driver kemudian install kedalam komputer. Lakukan restart jika diperlukan.
  5. Download ODIN3_v3.10.7.zip kemudian ekstrak filenya kedalam komputer.
  6. Download Stock Rom Samsung Galaxy J5. Ingat pilih sesuai model yang kalian punya dan jangan sampai salah dalam memilih.
Sebagai referensi sebelum mendownload Stock ROM yang sesuai dengan model perangkat, uraian di bawah ini mungkin bisa membantu dalam menentukan model yang kalian miliki.
  • SG J5 2015 : SM-J500G
  • SG J5 2016 : SM-J510FN
  • SG J5 2017 : -
  • SG J5 Pro : SM-J530Y
  • SG J5 Prime : SM-G570Y
Uraian di atas adalah jenis model Samsung Galaxy J5 yang beredar di Indonesia. Silahkan kalian sesuaikan.

2. Proses Instalasi ROM.

Langkah #1. Hal pertama yang perlu kalian lakukan adalah mencharge smartphone, usahakan daya baterainya di atas 50%. Mengapa hal ini diperlukan, karena pada saat pemasangan kadang memerlukan daya yang besar hingga menguras daya baterai.

Langkah #2. Matikan smarphone kalian hingga off total. Selanjutnya masuk ke menu Downloading Menu dengan cara menekan tiga tombol bersamaan yaitu Power + Home + Volume Bawah. Lanjutkan menekan Tombol Volume Atas untuk melanjutkan.

Langkah #3. Sambungkan smartphone ke komputer melalui kabel USB. Lalu buka aplikasi ODIN yang sudah kalian ekstrak kedalam komputer sebelumnya.

Langkah #4. Disudut kanan atas ODIN perhatikan tepat di bawah tulisan ID:COM. Jika terdapat sebuah notifikasi biasanya tertulis seperti ini "0:[COM4]" atau jika terdapat tulisan <ID:0/004> Added!! pada bagian Log, berarti perangkat sudah dideteksi oleh ODIN. Tetapi jika belum ada, maka saya sarankan agar mencabut dan memasang ulang kabel usb yang menghubungkan perangkat dengan komputer. (Gambar lengkap ada di tahap kelima).

Langkah #5. Selanjutnya klik pada tombol AP dan cari file ROM yang sudah kalian download. Ingat filenya harus berekstensi MD5, biasanya tertulis seperti ini HOME.tar.md5. Jika ekstensinya .rar atau .zip, silahkan kalian ekstrak terlebih dahulu. Setelah filenya dipilih, tunggu beberapa saat hingga proses pengecekan file MD5nya selesai. Setelah itu barulah klik tombol START. Lihat gambar lengkapnya berikut ini.


Proses penginstallan ROM biasanya memakan waktu 3-5 menit dan selama pemasangan, kabel atau perangkat kalian jangan sampai goyang. Karena kalau hal itu terjadi, biasanya pemasangan akan gagal dan kalian harus memulainya dari awal lagi.

Jika prosesnya berhasil, maka akan ada sebuah pemberitahuan "PASS" di sudut kiri ODIN dan secara otomatis smartphone akan booting/restart dengan sendirinya. Saat itu, cabutlah kabel usb.

Langkah #6. Saat booting berlangsung, kadang membutuhkan waktu selama 3-10 menit. Apabila prosesnya selesai, maka kalian akan diarahkan untuk melakukan beberapa pengaturan. Silahkan diatur sesuai keinginan. Selesai.
[Video] Contoh Cara Install Rom Android Samsung Galaxy via Odin

B. Solusi Jika Pemasangan Gagal

Kegagalan dalam pemasangan ROM dipengaruhi beberapa faktor, diantaranya adalah salah dalam memilih ROM, file ROM Corrupt/rusak, adanya virus didalam komputer yang ikut masuk kedalam perangkat smarthphone, kabel usb yang sudah tidak layak pakai dan beberapa hal lainnya. Solusi untuk mengatasi masalah ini, adalah:
  1. Download ulang stock ROM.
  2. Ganti Kabel USB.
  3. Bersihkan Komputer dari Virus menggunakan Antivirus terupdate.
  4. Periksa daya baterai HP.
Apabila empat hal di atas sudah dilakukan tetapi masih juga belum berhasil, maka saya sarankan agar membawa smartphone ke Service Center yang ada di daerah kalian.

C. Bantuan dan Saran

Jika mengalami kendala dalam menerapkan proses tersebut di atas atau kalian kurang mengerti, silahkan meninggalkan komentar di bawah postingan ini. Atau bisa juga menghubungi penulis melalui Formulir Kontak yang sudah disediakan.

Tambahan : Bagi kalian yang juga memiliki Samsung Galaxy Seri lainnya, diluar daripada Seri J5, seperti seri A, E, Tab, Note, atau seri S, silahkan lihat tutorialnya di Cara Install / Flash ROM Android Samsung via ODIN.

Itulah tutorial mengenai Bagaimana Cara Flash/Install Ulang Stock ROM Samsung Galaxy J5 untuk Semua Model. Semoga tutorial ini bisa membantu kalian yang membutuhkannya. Terima kasi dan salam.