advertisement
AndroLite.com - Samsung galaxy J7 Prime merupakan ponsel pintar berbasis android dengan versi 6.0.1 (marshmallow) yang masih satu keluarga dengan Samsung Galaxy J Series, hanya saja terdapat tambahan Prime dibelakangnya. Ponsel pintar ini diperkenalkan ke publik pada bulan Agustus dan dilepas ke pasaran pada bulan September 2016. Salah satu keunggulan yang dimilikinya adalah dengan adanya sensor fingerprint dan didesain mewah berbalut logam serta memiliki layar lengkun 2.5D.

Keunggulan lain yang dimiliki oleh Samsung Galaxy J7 Prime adalah dengan disematkannya Kamera Depan berkekuatan 8 megapiksel dan 13 megapiksel untuk kamera utamanya serta dilengkapi LED flash di masing-masing kameranya.

Spesifikasi Samsung Galaxy J7 Prime

UMUM
BrandSamsung
ModelGalaxy J7 Prime
StatusRilis, Tersedia di Indonesia
Tahun RilisAgustus 2016
JARINGAN
SIMNano Dual-SIM
TeknologiGSM / HSPA / HSDPA / LTE
KoneksiGPRS / Edge / 2G / 3G / 4G
KecepatanHSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE 150/50 Mbps
DESAIN
Dimensi151.7 x 75 x 8 mm
Berat167 gram
BahanPlastik + Metal
Tahan AirTidak
WarnaBlack, Gold, Rose Gold
LAYAR
JenisPLS TFT, layar sentuh kapasitif 16 juta warna
Ukuran5.5 Inci
ResolusiFull HD 1920 x 1080 piksel
Kepadatan Piksel401 ppi
PerlindunganCorning Gorilla Glass
PLATFORM
OSAndroid Marshmallow 6.0.1
ChipsetExynos 7870 Octa
CPUOcta Core 1.6 GHz Cortex-A53
GPUMali-T830 MP1
RAM3 GB
PENYIMPANAN
Internal32 GB
EkspansiYa, MicroSD hingga 256GB
KAMERA BELAKANG
Resolusi13 Megapiksel
Jenisf/1.9
LED FlashYa
Video1080p@30fps
Auto FokusYa
FiturGeo-Tagging, Sentuh Fokus, Deteksi Wajah, Panorama, HDR
KAMERA DEPAN
Resolusi8 Megapiksel
Jenisf/1.9
LED FlashYa
SUARA
Jenis AlertVibrasi, MP3, WAV ringtones
3.5mm jackYa
SpeakerYa
KONEKTIVITAS
Wi-Fi802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Direct, hotspot
Bluetooth4.1, A2DP, LE
USBMicroUSB 2.0, USB On-The-Go
Infra MerahYa
RadioFM radio
NFCYa
PenandaGPS, A-GPS, GLONASS, BDS
BATERAI
JenisNon-removable Li-Ion
Kapasitas3300 mAh
Talk TimeHingga 21 jam (3G)
Music PlayerHingga 84 jam
FITUR
KeamananFingerprint (menyatu tombol home)
SensorAccelerometer, proximity
Pemutar MusikMP3/WAV/eAAC+/FLAC player
Pemutar VideoXvid/DivX/MP4/H.265 player
LainnyaBrowser HTML 5
Photo/video editor
Document viewer
ANT+ support
Disclaimer: Kami tidak menjamin bahwa informasi pada halaman ini 100% benar. Selengkapnya.

Review Samsung Galaxy J7 Prime


Desain dan Layar - Ponsel pintar ini memiliki desain bodi terbalut logam dengan ujung membulat di tiap sisinya. Tombol volume berada di sisi kiri dengan tombol up down berada terpisah (tidak seperti pendahulunya yang memiliki tombol volume up down yang bersatu) dan tombol power yang berada di sisi kanan ponsel dengan slot memory card dan sim berada terdapat di bawahnya.

Lanjut dibagian bawah ponsel, deretan tombol recent, home dan back berjajar dengan rapi di bagian bawah. Untuk Fingerprint atau sensor pemindai sidiki jari, terbenam rapi di tombol home yang bisa membantu pengguna untuk membuka kunci layar secara cepat.

Dibagian atas ponsel, terdapat kamera depan, speaker, sensor proximity serta LED Flash. Lalu dibagian belakang ponsel, terdapat kamera belakang berkekuatan 13 megapiksel tepat di samping LED flash. Dari keseluruhan desain bodi Galaxy J7 prime terlihat sangat mewah berdimensi 151.7 x 75 x 8 mm dengan berat 167 gram. Saat ini, ponsel pintar ini hadir hanya dengan 2 varian warna saja yaitu Hitam dan Gold. Namun tidak menutup kemungkinan jika kedepannya nanti akan ada tambahan warna lainnya.

Adapun layar yang digunakannya adalah berjenis PLS TFT full HD 1080 x 1920 pixels (~401 ppi pixel density) berukuran 5.5 inci dilapisi oleh pelindung Corning Gorilla Glass. Dengan layar yang digunakannya ini, pengguna akan lebih menikmati suguhan layar yang reflektif untuk penggunaan sehari-hari.

Hardware J7 Prime - Samsung Galaxy J7 Prime menggunakan Chipset Exynos 7870 dipadukan dengan CPU Octa-core Cortex-A53 berkecepatan hingga 1.6 GHz di tiap core (inti)nya. Untuk tipe GPU yang digunakan ialah Mali-T830MP2, mampu memberikan tampilan grafis yang sangat jernih dan sangat cocok untuk digunakan ketika menonton video atau bermain game.

Untuk memori internalnya sendiri berkapasitas 16GB dimana kapasitas tersebut terbagi dua, yakni 8GB digunakan untuk ROM dan sistem serta 8GB untuk penyimpanan file-file lain seperti video, foto, aplikasi dan sebagainya. Selain itu, ponsel ini dilengkapi oleh RAM berkapasitas 3GB yang bisa di ekspansi hingga 256GB melalui kartu memori eksternal.

Bagi pecinta foto selfie, samsung galaxy j7 prime mungkin sangat cocok digunakan karena dibekali kamera depan berkekuatan 8 megapiksel, dilengkapi dengan LED Flash sehingga bisa digunakan saat malam hari atau saat kapasitas cahaya sudah berkurang. Selain itu, kamera utama yang terdapat di bagian belakang ponsel berkekuatan 13 megapiksel yang juga dilengkapi LED Flash dengan kemampuan auto fokus, deteksi wajah serta mampu merekam video full hd 1080p@30fps.

Adapun jenis baterai yang digunakan adalah Non Removable Li-Ion yang bisa tidak bisa dilepas atau dengan kata lain baterai tanam dan tidak didukung oleh mode pengisian daya cepat. Namun untuk kapasitasnya sendiri adalah sebesar 3300 mAh yang mampu bertahan hingga 21 jam apabila terhubung dengan jaringan internet 3G dan mampu bertahan selama 84 jam untuk memutar musik saja.

Konektivitas - Teknologi untuk mendukung jaringan 4G LTE sudah ditanamkan di dalam samsung galaxy J7 prime dengan kecepatan hingga 150 Mega Byte per detik. Untuk sambungan lain seperti wifi, hotspot, bluetooth, OTG (on-the-go), microUSB v2.0, FMradio dan GPS juga sudah disematkan di dalamnya serta siap digunakan kapan dan dimana saja.

Kelebihan Samsung Galaxy J7 Prime

  1. Sudah dilengkapi fitur penangkap jaringan 4G LTE.
  2. Mengusung panel layar beresolusi 1080 x 1920 piksel dengan kerapatan piksel 400 ppi serta dilindungi oleh Corning Gorilla Glass.
  3. CPU Exynos 7870 Octa Core Cortex-A53 dengan kecepatan akses data hingga 1.6 GHz.
  4. Kapasitas RAM yang cukup lumayan besar, yakni 3 GB dan didukung oleh penyimpanan internal berkapasitas 32 GB.
  5. Kamera belakang beresolusi 13 MP dan kamera selfie 5 MP.
  6. Baterainya mampu menampung daya hingga 3300 mAh.
  7. Sudah dilengkapi sistem keamanan sensor sidik jari untuk buka kunci layar secara cepat.

Kekurangan Samsung Galaxy J7 Prime

  1. Masih mengusung layar PLS TFT dan bukan Super AMOLED.
  2. Belum mendukung pengisian baterai super cepat (fast charging)
  3. Menggunakan baterai tanam yang tidak bisa dilepas (non removable).

Harga Terbaru Samsung Galaxy J7 Prime


Untuk harga J7 Prime, apabila dibandingkan dengan desain serta hardware yang terdapat didalamnya, terasa tidak masuk akal karena hanya dibandrol dengan harga perdana sekitar Rp 3,5 juta saja. Harga ini sedikit lebih murah jika dibandingkan dengan Samsung Galaxy J7 2016 (6). Adapun harga terbarunya, khususnya untuk periode bulan ini, bisa kalian lihat pada daftar berikut.
BulanHargaRAM + Storage
Oktober 2018Rp 2,9 juta3GB + 32GB
September 2018Rp 2,9 juta3GB + 32GB
Agustus 2018Rp 3,1 juta3GB + 32GB
Demikianlah Referensi Harga Samsung Galaxy J7 Prime yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat bagi kalian yang mencari referensi sebelum membeli smartphone terbaru. Dan saya mohon maaf apabila ada sedikit perbedaan spesifikasinya dengan situs lainnya. Terima kasih sudah berkunjung, salam dan sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya.
Open Comments