Cara Install / Flash ROM Samsung Galaxy J7 Semua Model

Panduan Cara Install / Flashing ROM (Sistem Operasi) Android Samsung Galaxy J7 Semua Model - Apa itu ROM? ROM merupakan singkatan dari Read Only Memory sebagai media penyimpanan file sistem dimana jenis data yang terkandung di dalamnya tidak dapat diisi, diedit atau dibuat melainkan hanya dapat dibaca yang sifatnya tidak permanen. Istilah ROM dalam Android biasa juga disebut sebagai Firmware Sistem Operasi berbasis Android.

Walaupun sifatnya permanen dan tidak bisa diedit, bukan berarti kita tidak bisa mengganti / upgrade / downgarade OS Android ini. Dan untuk melakukannya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Diantaranya adalah menginstall / flashing melalui ODIN, TWRP, Kies Samsung atau pembaruan manual melalui ponsel.

Tetapi tutorial kali ini, saya hanya akan membahas tentang Bagaimana Cara Memasang atau Flashing ROM / Firmware Android Samsung Galaxy J7 Semua Model via ODIN. Dan bagi kalian memiliki kemauan untuk melakukan pemasangan ulang / upgrade / downgrade terhadap sistem operasi android ponsel Samsung Galaxy J7 (J7 2015, J7 2016, J7 2017, J7 Prime, J7 Pro, J7 Core dan J7 Max) yang kalian miliki, berikut ini akan saya sajikan prosesnya sedetail mungkin.

Cara Install Rom Android Samsung Galaxy J7 via Odin

Flashing Firmaware OS Samsung Galaxy J7 sebenarnya caranya sama saja dengan Flash Semua Jenis dan Model Ponsel Samsung, baik itu Galaxy J Series, A Series, S Series, Note, Tab dan semua tipe dan jenis samsung. Hanya saja yang membedakan ada pada bagian firmware yang akan digunakan.
Penting !!!
Melakukan flash mungkin akan menyebabkan kehilangan data penting dan bahkan kerusakan terhadap perangkat kalian. Jadi Admin Androlite tidak bertanggung jawab apabila terjadi hal tersebut yang diakibatkan oleh informasi yang ada di situs ini.

1. Persipan Sebelum Flashing ROM.

Sebelum memulainya, terlebih dahulu siapkan bahan-bahan yang diperlukan. Berikut bahan-bahannya :
  1. Sebuah Komputer, baik itu berupa Laptop ataupun PC.
  2. Samsung USB Driver (Download)
  3. Aplikasi Odin3 (Download)
  4. Download Stock ROM Android Samsung J7
Saat kalian memilih Stock ROM, perhatikan baik-baik modelnya dan jangan sampai salah dalam memilih.

2. Proses Flashing ROM.

Setelah semuanya sudah siap, selanjutnya perhatikan langkah-langkanya berikut ini:
Peringatan!
Sebelum melakukan flashing, sebaiknya Backup data / ROM yang ada di ponsel terlebih dahulu agar pada saat terjadi kesalahan, maka kalian bisa merestore / mengembalikan data ke keadaan seperti semula.
  • Install Samsung USB Driver ke dalam komputer (restart kompter setelah penginstallan sudah selesai).
  • Ekstrak aplikasi Odin 3 kedalam komputer kemudian jalankan dengan cara "Run as administrator".
  • Matikan (Turn Off) ponsel Samsung J7 kalian.
  • Masuk ke "Downloading Mode" dengan cara menekan tombol "Home + Power + Volume Bawah" Secara bersamaan selama kurang lebih 5 detik dan tekan tombol volume atas untuk melanjutkan.
  • Sambungkan ponsel ke komputer PC/Laptop melalui kabel USB.
  • Kembali ke aplikasi Odin. Jika di bawah pesan ID:Com terdapat tulisan "0:[COM:2] atau 0:[COM:3]" dan seterusnya, itu menandakan bahwa odin sudah membaca ponsel.
  • Selanjutnya klik "AP" dan cari ROM Android yang telah kalian download sebelumnya.

  • Klik "Start" dan tunggu hingga ada pesan "Pass!" yang menandakan bahwa penginstallan ROM telah berhasil.

  • Lepas kabel USB dari ponsel. Secara otomatis ponsel akan merestart secara otomatis. Proses ini akan memakan waktu agak lama (kurang lebih 2 menit atau lebih).
  • Selesai.
[Video] Cara Install Rom Android Samsung Galaxy J7 via Odin

Bantuan dan Saran

Pada saat melakukan flash firmware, tidak selamanya selalu berhasil. Ada kalanya kita mengalami kegagalan. Nah jika kalian mengalami hal tersebut, berikut ini solusi yang mungkin bisa membantu agar proses flash berhasil.
  1. Download ulang stock ROM.
  2. Ganti Kabel USB.
  3. Periksa komputer, jangan sampai ada virusnya.
  4. Saat proses flasing, usahakan ponsel atau kabel jangan goyang.
  5. Periksa daya baterai dan usahakan memiliki daya diatas 50%.
Jika solusi diatas sudah kalian lakukan tetapi masih gagal juga, saya sarankan agar kalian bertanya kepada orang yang sudah paham atau bisa juga kalian membawa ponsel ke tukang servis yang ada di daerah kalian.

Demikian tutorial tentang Bagaimana Cara Memasang atau Flashing ROM / Firmware Android Samsung Galaxy J7 Semua Model via ODIN, semoga bermanfaat. Terima kasih dan salam.