Download dan Cara Flash Firmware Samsung A3 Semua Model

Download Gratis Firmware / Stock ROM Samsung Galaxy A3 Android Nougat, Marshmallow dan Lollipop - Bagi kalian pengguna ponsel Samsung Galaxy A3, baik itu A3 2015, A3 2016 dan A3 2017 yang sedang mencari firmware khusus ponsel ini, di bawah ini saya akan menyediakan link downloadnya. Mulai dari link download Android Lollipop (5.0.1), Marshmallow (6.0.1) ataupun Android versi terbaru yakni Nougat 7.0. Selain itu, saya juga akan memberikan tutorial tentang Bagaimana Cara Flashingnya.

Tetapi sebelum itu, saya ingin memberikan beberapa informasi penting yang mungkin belum kalian ketahui dan saya rasa informasi ini mungkin akan menambah wawasan kalian. Baiklah, seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa sebuah Stock ROM atau sistem operasi Android memilik banyak kegunaan yang bisa kita manfaatkan. Beberapa diantaranya adalah untuk Memperbaiki Custom Binary Blocked by FRP Lock Samsung, Mengembalikan pengaturan standar ponsel, melakukan upgrade dan downgrade sistem operasi, Menghapus Root atau Unroot Android, Memperbaiki Sistem Operasi Android yang rusak dan masih banyak lagi.

Dengan beberapa kegunaan yang bisa kita dapatkan, tentu peran sebuah stock ROM sangatlah penting. Mengingat jika ponsel Samsung A3 yang kita miliki mengalami beberapa permasalahan yang sudah disebutkan di atas, maka kita bisa dengan mudah mengatasinya dengan cara flashing atau menginstall ulang. Namun untuk melakukan flash, tentu kita memerlukan sebuah komputer sebagai alat dan odin sebagai aplikasinya.

Download Firmware Samsung Galaxy A3

Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa Samsung Galaxy A3 terdiri dari beberapa jenis dan model, diantaranya A3 2015, A3 2016 dan A3 2017. Dan untuk versi android yang digunakan masing-masing ponsel tersebut berbeda-beda pula. Untuk itu, pada kesempatan kali ini saya akan menyediakan semua link downloadnya kepada kalian.
Peringatan !!!
Menggunakan salah satu Stock ROM yang ada di situs, berarti kalian tau apa yang kalian lakukan. Jika hanya ingin melakukan update ROM, saya sarankan lebih baik melakukannya melalui Samsung Kies atau OTA. Ingat, Androlite tidak bertanggung jawab atas kerusakan / kehilangan data yang disebabkan oleh informasi atau file di yang ada situs ini.

1. Samsung Galaxy A3 SM-A300H

Informasi Firmware
NegaraIndonesia
Kode ProdukXID
CSCA300HOLB1BOJ1
PonselA3 (A300HXXU1BOK3)
ModelSM-A300H
Versi AndroidUkuranUpdateLink
Lollipop 5.0.2830MB26 April 2017Download
Lollipop 5.0.2825MB28 Desember 2016Download

2. Samsung Galaxy A3 SM-A320Y

Informasi Firmware
NegaraIndonesia
Kode ProdukXID
CSCA320YOLE1BQH6
PonselA3 (A320YDXU1BQG6)
ModelSM-A320Y
Versi AndroidUkuranUpdateLink
Nougat 7.02.0GB12 September 2017Download
Nougat 7.01.91GB09 Agustus 2017Download

3. Samsung Galaxy A3 2016 SM-A310F

Informasi Firmware
NegaraIndonesia
Kode ProdukXID
CSCA310FOLE3CQF1
PonselA3 2016 (A310FXXU3CQF7)
ModelSM-A310F
Versi AndroidUkuranUpdateLink
Nougat 7.01.45GB27 Juli 2017Download
Marshmallow 6.0.11.34GB27 Maret 2017Download
Link Bermasalah?
Jika kalian mendapatkan link download yang sudah rusak / tidak berfungsi, mohon untuk meninggalkan komentar atau menghubungi admin melalui Formulir Contact Us yang sudah disediakan.
Dibawah ini ada beberapa firmware Samsung. Jika kalian berminat, silahkan buka linknya.

Cara Flash Firmware Android Samsung Galaxy A3

Sebelum kalian melakukan flashing, sebaiknya lakukan backup Full terhadap semua data atau bahkan sistem operasi. Agar pada saat proses pemasangan berlangsung, dan terjadi kesalahan, maka kalian bisa dengan mudah merestore atau mengembalikan semua data / sistem operasi kekeadaan seperti sebelum melakukan flash firmware.

Adapun mengenai bagaimana cara flash/install firmware samsung kedalam smartphone, berikut langkah-langkahnya.
  1. Siapkan sebuah Komputer baik itu berupa PC ataupun Laptop.
  2. Siapkan sebuah Kabel USB.
  3. Download Samsung USB Driver (setelah diunduh, install kedalam komputer).
  4. Download Aplikasi Odin3 v3.12.3 (ekstrak filenya ke dalam komputer)
  5. Ekstrak apabila firmware Android yang sudah kalian download apabila ekstensinya .zip / .rar. Namun jika ekstensinya sudah HOME.tar.md5, maka skip langkah ini.
  6. Matikan ponsel kalian.
  7. Masuk ke menu Downloading Mode dengan cara menekan Tombol Home + Power + Volume Bawah hingga ponsel bergetar. Lanjutkan menekan Volume Atas untuk melanjutkan.
  8. Sambungkan smartphone ke komputer menggunakan kabel USB.
  9. Jalankan aplikasi ODIN dengan cara klik kanan "Run as administrator".
  10. Pada odin, Klik Tombol AP dan cari firmware Android.
  11. Klik Tombol Start dan tunggu hingga proses pemasangannya selesai.
  12. Setelah selesai, cabut kabel USB yang menghubungkan ponsel dengan komputer.
  13. Secara otomatis, ponsel akan melakukan booting/restart.
  14. Proses Booting mungkin membutuhkan waktu sekitar 3-5 menit. Jadi silahkan tunggu.
  15. Setelah booting selesai, silahkan kalian atur semua yang dibutuhkan hingga masuk ke layar home.
  16. Selesai.
Untuk tutorial lengkap mengenai cara flash atau install firmware samsung, silahkan baca di artikel Cara Install / Flash ROM Android Samsung via ODIN.

Itulah Download dan Cara Flash / Install Firmware / Stock ROM / Sistem Operasi Android Nougat / Marshmallow / Lollipop Samsung Galaxy A3 SM-A300H, SM-A320Y, SM-A310F. Semoga bermanfaat bagi kalian yang membutuhkan! Terima kasih telah berkunjung dan jangan lupa bagikan ke sosial media kalian ya.
Terima kasih kawan sudah berkunjung. Jangan lupa untuk follow Sosial Media Androlite juga yaa!