Cara Menampilkan Perekam Panggilan Samsung Galaxy J7

Hi sobat, tutorial kali ini saya akan membahas tentang "Panduan Tentang Bagaimana Cara Menampilkan Fitur Tombol Perekam Panggilan Samsung Galaxy J7". Pertanyaannya adalah, apakah manfaat dari fitur tombol rekam panggilan? Jawabannya sederhana, fungsi tombol rekam panggilan suara adalah untuk merekam percakapan panggilan suara yang dianggap penting atau hanya untuk sekedar iseng saja.

Fitur perekam panggilan (call recorder) yang ada pada samsung galaxy J7, secara default/standar tidak muncul atau tersembunyi dan untuk memunculkan fitur tersebut, kita perlu melakukan sedikit modifikasi terhadap CSC others.xml yang ada pada sistem android.



Sebelum saya mulai, anda perlu tahu bahwa untuk menampilkan tombol rekaman ini, ponsel anda harus sudah dalam keadaan "Rooted". Jika belum, silahkan baca tutorial Cara Root Samsung Galaxy J7 terlebih dahulu.

Cara Menampilkan Fitur Call Recorder

Seperti yang anda lihat, gambar di atas merupakan tangkapan layar saat melakukan panggilan suara, dimana fitur call recordernya sudah ditampilkan.

Adapun cara dan bahan-bahan yang diperlukan untuk menampilkan fitur rekam panggilan, bisa anda simak pada tutorial berikut ini.
  • Pertama unduh dan pasang aplikasi Root Explorer dari playstore, kemudian lanjutkan dengan membuka aplikasi ini.
  • Di dalam menu root explorer, tap/klik tab Root. Scroll ke bawah dan cari "Sistem"
  • Cari dan buka folder "csc" dan temukan file "others.xml"
  • Tekan "others.xml" selama 1-2 detik kemudian tap tanda titik 3 pada bagian sudut kanan atas layar ponsel.


  • Pilih "Open in Text Editor"
Peringatan !!!
Hati-hati dalam melakukan pengeditan csc others.xml, silahkan backup terlebih dahulu sebelum melakukan pengeditan. Jika terjadi kesalahan akan berakibat fatal dan saya tidak bertanggung jawab apabila terjadi kerusakan pada ponsel anda.
Tambahkan kode berikut tepat di atas kode </FeatureSet>
<CscFeature_VoiceCall_ConfigRecording>RecordingAllowed</CscFeature_VoiceCall_ConfigRecording>
  • Terakhir simpan dan restart ponsel anda.
Demikian tutorial kali ini, semoga bermanfaat dan salam...!!!
Lihat / Tulis Komentar